Prosedur Pembuatan SKCK dan Kartu Kuning

Rabu, Juli 18, 2012 0 Comments A+ a-


Cap cip cup, akhirnya pemerintah tobat juga mengakhiri moratoriumnya. Imbasnya, setiap kementrian membuka lowongan CPNS, Masya Allah kompaknya ; Kemenkeu, BKPM, Kemendagri, LPPP, Kemenlu, ah sampai-sampai jariku gak muat buat menghitung kementrian mana saja yg sudah mengakhiri masa moratoriumnya.
Nah, setiap Kementrian menerapkan syarat2 yang lumayan ketat untuk bisa apply sesuai jurusan pelamar. Kemarin setelah mbaca2 ternyata ada “SKCK+Kartu Kuning” yg wajib dilampirkan sebagai salah satu syarat melamar. Padahal keduanya harus didapetin sesuai domisili KTP L.. Bisa mbayangin gak, pelamar yg berada di daerah nun jauh disana..heuheu
Berbagi tips mencari keduanya yang harus sy bela-belain pulang, dalam 5jam sy kesana-kemari dibuatnya :D.. ternyata banyak juga yang mencari si kembar (SKCK+Kartu Kuning-Red), yaiyalah kan Moratoriumnya udah macet..haha
A.    Prosedur Membuat SKCK
1.     Foto Copy KTP
2.  Foto 4x6 (3lbr), 3x4 (2lbr), 2x3 (2lbr), udah mirip mau foto ijasah ajaa :D..Foto ini ditempel pada formulir yg kita isi di Polres, ditempel buat arsip sama ditempel di SKCK yang sudah jadi.
3.     Ngisi formulir berlembar-lembar yang diberikan petugas, yg isinya ttg bentuk kuping, rambut, hidung dll. Selain itu catetan ttg kejahatan yg pernah kita buat sebelumnya (kalo punyaaaa), hehe.
4.     Dan siapkan uang sawerannya. Kemarin aku dimintain uang saweran buat biaya administrasi. Bawa aja 25 rb, dikasih pas cap jari 10rb, setelah itu SKCK udah jadi dimintain 15 rb lagi.
5.     Penting juga diinget, kalo mau nglamar selain CPNS ternyata bisa bikin SKCK di Polsek (Kepolisian Sektor), dulu aku udah pernah buat, sawerannya 15rb. Tapi kalo buat nglamar CPNS, yah silakan berantri ria di Polres (Kepolisian Resort).
6.     Kalo kita udah cap 10jari, petugas akan ngasih kartu kuning, ukurannya mirip KTP. Kartu itu berisi nama dan rumus sidik jari kita. Kelak, kartu ini dapat langsung dipake untuk mencari SKCK tanpa mengisi formulir2 petugas yg isinya bejibun tadi (hidung,muka,telinga dll).
7.     Jangan lupa difoto copy trus dilegalisir yg banyaaak sekalian.
8.     Selamat mencari dan mengantri yaa :D

B.     Prosedur Membuat Kartu Kuning (AK 1)
Mencari Kartu kuning AK 1 ternyata lebih simpeeel, padahal sebelumnya, sy berasumsi bahwa mencari si AK 1 lebih rumit dari SKCK, tapi tidaaaaaak nyata :D
1.  WAJIB datang sendiri, gak boleh diwakilkan Bapak-ibuk apalagi Mbahnya yg sudah sepuh :D
2.     Membawa ijasah yg dimiliki, dari SD-terakhir
3.     KTP
4.   Pas Photo 3x4 (1lbr), iya kan simple, fotonya aja ngirit gak kayak bikin SKCK
5.     Stopmap bebas
6.     Jangan lupa dicopy trus dilegalisir yang banyak ya teman2

Kemarin sy mencari keduanya dalam waktu 5jam.. semoga bermanfaat
:

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)