Naik kereta api, tut tut tut

Rabu, Juni 05, 2013 0 Comments A+ a-


Sejak membaca headline media tentang pembukaan tambahan kereta api lebaran, setiap pagi saya selalu update berita. Nah, pas wacana tersebut sudah fix tanggalnya, 1 Juni akan dibuka tambahan KA, 31 Mei malam saya stand by di depan laptop mantengin website nya KAI.

Pukul 00.00 masih seperti status kemair web portalnya, menunjukkan tiket dari segala kelas ke Jawa ( :p ) ludes terjual. Setelah lebih 15-20 menit baru muncul tuh, kereta tambahan yang seat-seatnya lumayan. Mencari tiket untuk tgl 03 Agustus, 2 dewasa, 1 infant.

Pertama, kita harus mengisi rute berangkat-tiba, setelah itu memesan untuk berapa orang, baru akan tampil kereta-kereta tambahan yang di sebelah kanannya ada menu “booking”. Setelah itu akan muncul pengisian identitas pemesan, seperti nama pemesan, no. ktp, email dsb.

Setelah itu akan ada option cara pembayarannya, via ATM, atau gerai-gerai lain yang bekerja sama dengan KAI, seperti Alfamart, Indomaret dll. Data dan rincian pembayaran serta kode booking akan dikirim lewat email. Daluarsa issued-nya adalah 3 jam, setelah 3 jam dan belum dibayarkan, maka kode booking akan hangus dan seat akan dijual bebas lagi. Malam-malam harus ke indomaret? Atau transfer ke ATM? Saya tidak memilih keduanya :D
Jadi saya memilih setiap 3 jam bangun untuk cepat-cepat membooking lagi seat yang sudah saya issued, tetapi di sisi lain, saya membooking sebanyak 3x, 2 dewasa-1 infant sebanyak 3x, sehingga saya memiliki 3 kode booking berbeda yang dikirim ke email saya. Hal tersebut mengantisipasi saat saya bangun nanti, saya masih kebagian seat. Di samping itu, saya juga tidak berani keluar malam, ke ATM (pula). Hehe

Finally, pukul 09.00 saya ke Indomaret untuk melakukan transaksi pembayaran. Itu berarti per 3 jam, dari jam 00.00 saya melakukan booking tiket. Karena memang, pada pukul 02.00 sudah banyak kereta tambahan yang seatnya sudah sold out.

Rasanya lega sudah menggenggam tiket pulang lebaran. Btw, saya adalah pemuja kereta api, jadi pergi kemanapun asal naik kereta api, meskipun jauh, saya akan menikmatinya. Sebelumnya, saya ditawari tiket pesawat pulang, tetapi saya mencoba-coba memesan tiket kereta, and I got it :)

Jaman canggih, katanya. Memang, saya akui, sangat amat canggih sekali bahasa lebay Sampai-samapai untuk memesan apapun, tiket pesawat, kereta api, bayar tagihan listrik sekalipun sudah bisa dilakukan lewat mana saja.

Dan sekarang saya tau trik mendapatkan kereta api dengan simple tanpa beribet :p

Anyway, selamat menyambut Ramadhan :)

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)