Mut’ah, kupon masuk Indonesia Lawyer’s Club

Selasa, Desember 03, 2013 0 Comments A+ a-


Beberapa waktu yang lalu aku mendapatkan kupon untuk mengikuti debat di Indonesia Lawyer’s Club. Pertanyaan pertama dari moderator, “Apa yang dimaksud dengan Mut’ah?”. Ada beberapa teman yang mengangkat tangannya tanda ingin menjawab. Ada yang berasumsi bahwa nikah mut’ah adalah bla bla bla. Mungkin ada banyak yang mencoba menjawab entah karena mereka ingin kupon itu atau karena benar-benar ingin menjawab.

In the end, tanganku terangkat ke atas tanda ikut berpartisipasi dalam menjawab. Seperti biasanya, tanganku dingin, jantungku berdegup lebih cepat dari biasanya, dan lebih cepat lagi saat petugas memberikan microphone ke arahku. 100 orang lebih mengarah padaku, mungkin sebagian tidak memedulikan. Memang selalu begitu, 10 detik pertama aku tidak percaya diri apabila berbicara atau mengemukakan pendapat di depan orang banyak, tapi setelah itu degup jantung mulai berangsur normal.

“Mut’ah adalah Nafkah yang diberikan oleh suami kepada mantan istrinya berupa uang atau benda”, jawabku.

Moderator menoleh kearah narasumber dan menanyakan kebenaran jawabanku. Beliau mengangguk, tersenyum dan berjalan ke arahku, menyuruhku mengulang sekali lagi konten jawabanku. Aku mengulang sekali lagi. Di menjentikkan jarinya, “Benar”.

“Selamat mendapatkan tiket masuk ke Indonesia Lawyer’s Club”,  kata moderator dan dia melanjutkan pertanyaan selanjutnya.

“Apa yang dimaksud sumpah li’an”, pertanyaan kedua.

“Sumpah li’an adalah sumpah yang diucapkan suami bahwa isterinya telah berzina atau ia menolak bayi yang lahir dari isterinya sebagai anak kandungnya”.

“Oke, yang dapet tiket masuk ke Indonesia Lawyer’s Club bisa menghubungi panitia setelah acara”, kata moderatornya.

Sebenarnya aku tidak menyukai acara debat atau ikut dalam perdebatan, entah mengapa, aku tidak tau alasannya.

Btw, tema dalam ILC Minggu depan adalah tentang kasus Dokter Ayu yang diduga melakukan malpraktik kepada pasiennya.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)