Tips Beli eMas Putih

Minggu, April 12, 2015 0 Comments A+ a-

Aku merasa dibodohin. Sejak di Jakarta, aku belum pernah beli mas putih. Selain gak ada yang 24 karat, kalo dijual dipotong 10% dari harga beli. Oke fine, kali ini lain. Aku beli untuk sesuatu yang lebih penting. Di tempat langganan, konon emas di situ bagus banget, kalo dijual harganya gak jatuh.

Setelah sampai di rumah, aku iseng melihat kuitansi. Isengnya ketagihan usil menghitung detail. Harga per gram ditambah % biaya bikin. Di kuitansi tertulis 10%. Aku hitung-hitung selisih banyak banget dengan yang kubayar. How stupid i am! Tadi pas beli gak nanya detail seperti biasanya.

Semalaman gak bisa tidur, browsing harga emas, cara penghitungannya. Dan harusnya ini kulakukan sebelum membeli.

Paginya memutuskan kembali ke toko mas untuk klarifikasi kuitansi untuk meminta penghitungan harga tersebut. Dari malem bawaannya udah gak tenang aja, suudzon melulu. Berkali-kali menepis tetapi kepo itu gak bisa ditahan. Pengen dapet jawaban biar lega.

Beruntung ada yang menenangkan. Semakin aku merasa bersalah karenanya.

To the point, akhirnya didapet penjelasan demikian :
“Bahwa penghitungan pembelian mas putih adalah (harga beli per gram dikali gramnya)  + 19% pembuatan ditambah. Jadi yang dikuitansi itu adalah 10% potongan saat dijual”
Untung Mbaknya gak pelit njelasin. Aku nanya-nanya banyak. Pesan ring dan biayanya. Pesan ring biaya pembuatannya 300rb dengan penyelesaian selama 1 minggu.

Berdasarkan hal tersebut di atas, please kamu harus melakukan ini sebelum membeli perhiasan, apalagi mas putih (gak berlaku di semua toko sih)

1.    Cek harga emas terbaru di setiap karatnya
2.    Pilih toko mas yang kredibel, bukan abal-abal. Jadi saat kamu pindah daerah, perhiasan kamu bisa dijual dimana saja dengan harga yang tidak anjlok.
3.   Memilih karatnya. Ada macam-macam karat sih. Kalau karat 24 hanya dapat digunakan untuk mas kuning aja. Mas putih paling pol Cuma 18 karat (75%). Bisa pesen sebenarnya yang 24 karat untuk mas putih, tapi hasilnya tidak sebagus mas kuning. Dan menurut penjaga toko, model perhiasan mas 24 karat itu jadul, dan pilihannya tidak banyak.
4.   Mahir menawar. Nah ini, aku sebelumnya tidak mengerti hal ini. Gara-gara tragedi semalam, aku jadi banyak pengetahuan. Biaya pembuatan sangat bervariasi. Rentang 10% - 25% tergantung keunikan perhiasan. Dan kalian bia menawar untuk ini. Bisa paling bawah 10%. Aku sempat salah tafsir, karena menganggap semua biaya pembuatan sama rata yaitu 10%, makanya aku dibuat bingung saat hasil hitunganku tidak sama dengan kuitansi. Karena penjualnya mematok biaya pembuatan 19% yang harusnya bisa kutawar.
5.   Please bawa kalkulator buat ikut menghitung.ahaha. Gak seekstrim itu sih, Cuma jangan males nanya yang detail terkait penghitungannya kepada penjual. Syukur-syukur bisa nawar.
6.    Oh iya, inget ya, mas putih kalo dijual, ada potongannya 10% dari pembelian. Kalo diitung-itung, investasi yang menarik adalah mas kuning.
7.    Baiklah, menuliskan hal ini membuatku lebih sedikit lega.
8.    Finally,thank you untuk seseorang yang 2 hari ini udah bilang “Sabar, ikhlas Dik”


Adios.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)