Tes Masuk Pascasarjana UI

Selasa, Juni 16, 2015 1 Comments A+ a-


Hai #NulisRandom2015, aku megap-megap belum istoqomah nulisnya. Banyak waktu tetapi belum bisa maksimal nulis dan posting.

 

Minggu lalu, aku persiapan ikut tes ujian masuk pasca UI, Hukum HKI, semoga diterima (dapet beasiswa), AMIN. Sebelumnya nervous kayak  de javu ikut tes SNMPT tahun 2007. It’s too loooong to repeat that moment. Sempat mau daftar di beberapa perguruan tinggi sebelumnya, tetapi baru kali ini benar-benar melalui sampai akhir. Tahun 2011 sempat daftar S2 UNS, pas mau ujian Bapak bilang “Please kerja dulu aja”, dulu belum punya keberanian untuk bilang “Oh Dad, it’s my passion. Please understand my choice”. Udah bener-bener bayar dan tinggal ujian, memang restu orang tua itu ajaib banget, karena sesuatu hal, aku gak bisa dateng ujian. 6 bulan kemudian, daftar masuk UGM, tetep sama, gak bisa ikut ujian juga. Finally, i choose to move Jakarta.

 

Spoiler-nya udah ya. Alhamdulillah bisa ikut ujian saringan masuk UI. Keluarga belum ada yang tahu. Pengen ngasih tahu komplitnya aja. Insya Allah Bapak ridho kali ini.  Menuliskan pengalaman ini supaya bisa jadi referensi yang mau masuk S2 ke UI, karena jujur, sebelum ujian-pun, aku browsing tentang persiapan ujiannya dan sangat membantu.

 

Untuk tes masuk S2 UI, ada 2 item yang diujikan, Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

 

  1. Tes Potensi Akademik
    Tes ini pun dibagi lagi menjadi 3 bagian. Dan pengerjaannya diberikan plot waktu. Saat bagian pertama sudah selesai dan masih ada waktu, peserta tidak diijinkan untuk mengerjakan soal di tahap selanjutnya. Alokasi waktu untuk tes ini adalah 120 menit.
    1. Tes Verbal
      Menurutku tes ini yang lumayan mudah dari tes yang setelahnya. Tes terdiri dari pengayaan kata, sinonim, antonim. Biasanya kata-kata yang agak asing digunakan sehari-hari. Jadi ya wajib banyak baca, ehehe.
      Tua – Muda = Tinggi – Pendek
      Maya – Abstrak = Nomaden – Berpindah pindah
      Itu contoh gampangnya, lengkapnya bisa dibuktikan sendiri :D
      Alokasi waktu untuk tes verbal adalah 20 menit.
    2. Tes Angka
      Aku lupa tes ini namanya apaan, yang jelas banyak itungan angka, rumus dan yang berbau matematika. Ya Allah, dari 25 soal, cuma dapat 3 nomor doang (hiks). Makanya salut banget kalau lihat anak eksak bisa ngerjain Matematika dengan waktu singkat.
      Tidak melulu angka sih, ada soal cerita yang menjurus ujung-ujungnya ke angka. Pangkat, rumus peluang, trus volume, wajib paham gak sekedar hafal :D
      Untuk soal Matematika bisa googling ya, sumpah depresi kalau ingat hitungan, hihihi.

             Alokasi waktu untuk tes ini adalah 50 menit.

    1. Tes Logika
      Yay, menebus tes angka, di tes kali ini kebanyakan bahasa Indonesia yang menuntut logika  para peserta.
      Semua warga Depok berprofesi tentara
      Ali berprofesi sebagai tentara
       
      Lalu ada soal wacana panjaaaang banget, kita disuruh menentukan topiknya. Selain itu, ada soal yang benar-benar membutuhkan logika berpikir kita.
       
      Ada 5 warga dari daerah yang berbeda-beda menempati rumah dengan cat yang berbeda.
       
      Solo menyukai soto
      Medan memiliki rumah bercat putih di blok pertama
      Gorontalo suka memelihara kucing
      Yang suka makan rendang biasanya suka coklat
      Jakarta suka minum susu
      .............................................
       
      Pokoknya pertanyaannya puanjang juga, untuk 7 soal yang diajukan. Jadi kita harus benar-benar jeli menganalisis tanpa harus membuang waktu.

 

Untuk tes TPA ada rule-nya, jawaban benar +4, salah -1, gak dijawab 0. Jadi,  be careful andgood luck. Jadi untuk test ini tidak semuanya aku jawab. Hanya yang benar-benar yakin dan benar saja.

 

-----------------------------------------------------istirahat 45 menit----------------------------------------------

 

  1. Bahasa Inggris
    Aku membaca rule nya, there is no penalty for the wrong answer. Pokoknya intinya gitu deh, gak ada penalty seperti pas soal di TPA yang terjadi pengurangan saat kita slah menjawab. Jadi aku menjawab semuanya meskipun gambling. Tetapi, setelah tes ujian, kata temanku, rule di TPA tetap diberlakukan di tes Bahasa Inggris. Mungkin dari kalian ada yang tahu tentang ini?
     
    Tes kali ini terdiri dari 90 soal dengan alokasi waktu 90menit. Waaarbiasyaaa, 1 menit – 1 soal. Terdiri dari structure dan reading tanpa listening.
     
    Kayak biasa sih, 40 structure dan 50 reading.

 

Nah, printilan-printilan yang kadang kita sepelein nih, jangan sampe.

  • Cari tau ruangan tes sebelum hari H, ini penting sekali. Karena pas on the spot, kampus UI udah kayak lautan mobil-motor, jadi kalau kita belum  tau lokasinya dimana, akan memakan waktu dan berpengaruh sama psikis, ahaha
  • Wajib sarapan meskipun sedikit, jadi kalau gaksarapan haram gitu? Haha. Karena, mengerjakan soal-soal tes di atas menguras tenaga, jadi kita butuh asupan gizi yang cukup. Setidaknya bawa roti.
  • Bawa minum, biar gak dehidrasi. Habis ngerjain soal-soal di atas, akan didera haus yang masya Allah :D
  • Alat tulis, sepele kan? Tapi ada yang lupa bawa alat tulis dan akhirnya bingung pinjam sana-sini. Lha, bawa alat tulis aja udah gak niat, gimana mau sekolah? Analoginya gitu :D
  • Berangkat On time. Seperti yang aku bilang tadi ya, pagi menjelang test, stasiun UI kayak lautan manusia, jalanan dipenuhi mobil-motor dengan suara berisik petugas yang mengarahkan jalur lalu lintas agar tertib. Jadi jangan sampai terlambat datang pas tes. Spare waktu 1 jam. Masuk ke kelas jam 07.00, jadi untuk peserta bisa memperkirakan datang di UI jam berapa.
  • Berdoa, yakin Allah memberikan yang terbaik. Dan gagal pun juga salah satu cara terbaik. Yaaa, kalau bisa lolos. Amin
     
    Any question? Feel free for comments :D
     
    Good luck for us!
     

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

1 komentar:

Write komentar
Arie
AUTHOR
4 April 2016 09.43 delete

ada contoh soalnya ga mba? hehe

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)