Kencur Andalan Pengusir Batuk dan Kunyit Pengusir Nyeri Haid

Selasa, Maret 29, 2016 4 Comments A+ a-

sumber
"Ngombe iki, wuk", Ibu membawakan setengah gelas air nyong-nyong yang saktinya minuman tersebut bisa melegakan flu yang melanda. Eits, tapi minumnya 2-3 x lho, gak sekali doang. 

Hal itu sudah dilakukan Ibu sejak kecil. Saat ada tanda-tanda saya batuk, pilek atau demam, Ibu mengambil tanaman kencur untuk diparut dan diperas di dalam gelas. Awalnya, saya tidak suka, karena rasa kencur itu pengar dan tidak enak di lidah. Tetapi karena Ibu sedikit memaksa, saya selalu patuh, buahahaha. Lama-lama jadi terbiasa dan ketagihan kalau flu. 

Terus terang saya hampir tidak pernah minum obat warung. Mungkin bisa dihitung dengan jari kanan. Karena Ibu juga jarang mengajarkan anak-anaknya untuk membelinya. Yang batuk-pilek, mungkin bisa juga membuat perasan kencur sendiri lho, praktis dan ekonomis. 
  • Ambil 3-4 siung kencur. Bisa beli di pasar atau mamang sayur yang lewat. Kalau di rumah, ibu punya lahan untuk menanami beberapa apotik hidup ; kunyit, sereh, jahe, kencur. Jadi, kalau butuh tinggal mengambil di pekarangan.
  • Air hangat setengah gelas. Ini optional ya. 
Parut kencur dan peras airnya. Kalau yang tahan, tidak perlu dicampur dengan air hangat. Karena menurut pengalaman saya, itu efektif sekali daripada perasan kencurnya dicampur dengan air hangat. Tetapi yang gak kuat pengarnya, bisa dicampur dengan air hangat setengah gelas. 

Untuk penawar rasa pengarnya, biasanya saya menguyah sedikit gula jawa yang kata (Ibu) juga bisa sebagai penambah stamina. hihihi.

Nah, jika agak parah, lagi-lagi Ibu membuatkan perasan jeruk nipis dicampur sedikit kecap. Biasanya dengan kencur saja sudah cukup untuk menghalau rasa gatal yang di tenggorokan karena batuk. 

Mengatasi Nyeri Haid

Siapa yang sering mengalami PMS disertai nyeri-nyeri yang Masya Allah sakitnya. Bahkan teman saya pernah dirawat karena nyeri tersebut. Ada juga yang langganan minum obat saking gak tahan dengan rasa nyeri itu. Alhamdulillah, saya belum pernah minum yang aneh-aneh. Pernah mengalami nyeri begitu sih, cuma dikasih perasan kunyit sama asem bumbu dapurnya Ibu, nyeri tersebut sudah berangsur sembuh. 

Saat kuliah, saya juga pernah mengalami nyeri di bagian bawah pusar saat haid pertama. Saya disuruh Ibu untuk membeli jamu gendong saja yang kebetulan di depan kost ada yang lewat jualan. Jadi, kalau gak bikin sendiri, saya lebih memilih untuk beli jamu gendongan. 

Ternyata kunyit meningkatkan antioksidan lho! Kandungan zatnya yang bernama curcumin merupaka salah satu anti oksidan untuk melawan radikal bebas. Untuk menanam kunyit pun juga terbilang mudah seperti menanam kencur. Yah, mereka berdua seprti kakak-adik di pekarangan apotik hidup belakang rumah. Mudah untuk ditanam asal rajin disiram air setiap sore.

Nah, yang memiliki sisa pekarangan di halaman rumahnya (meskipun seuprit) bisa lho ditanami beberapa tanaman apotik hidup. Sehingga sewaktu-waktu bisa dikonsumsi tanpa harus membeli. Tidak hanya digunakan sebagai obat alami, tetapi juga dapat digunakan sebagai bumbu dapur.

Yay, ini dua obat alami andalan saya, kalau andalan kalian apa?

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

4 komentar

Write komentar
Ade anita
AUTHOR
30 Maret 2016 07.08 delete

Aku sukaa..kunir asem campur sirih

Reply
avatar
Astin Astanti
AUTHOR
30 Maret 2016 19.30 delete

kalau mbak jamu datang ke rumah, aku pesennya kunyit campur kencur, seger dan hangat di badan, lho.

Reply
avatar
evrinasp
AUTHOR
25 April 2016 16.58 delete

ternyata oh ternyata, kencur juga bisa mengobati batuk, ini yang saya cari-cari

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)