Macam-Macam Ajang Bersilaturahmi

Rabu, Maret 30, 2016 2 Comments A+ a-

Source
Kalau ada yang bilang silaturahmi memperlancar rejeki, saya setuju. Kalau ada yang bilang silaturahmi bikin happy, saya juga setuju. Daaaan, kalau ada yang bilang, silaturahmi membuat peluang jodoh datang, ummmmmm mungkin juga iya, ehehehe.

Menurut pengalaman saya, silaturahmi lebih banyak manfaat daripada mudharatnya. Kalau yang banyak mudharatnya itu mungkin silaturahmi ke tempat mantan yang udah mantenan, ahaha. Karena akan menimbulkan baper yang berkepajangan dan bad mood seharian. Melihat dia sedih, rasanya kok kasihan, tapi kalau bahagia kok ya rasanya seperti nggrantes gitu lho, istilah kasarnya pacaran prihatin sama aku lama, tapi nikah enaknya sama cewek lain *mulai  fiksi nih*. Artinya kode keras gausah pacaran, langsung ke pelaminan aja *wiiiing.

Ada beberapa ajang silaturahmi yang membuat suasana hati sumringah sehingga hal tersebut menjadi indah dan nikmat saat bertegur sapa, cipika-cipiki dengan rekan sejawat atau kerabat. Yuk simak apa saja silaturahmi yang indah dan nikmat menurut saya :

  • Arisan. Kalau ini sudah tidak asing lagi. Keturunan Mbak Lanjar mengadakan arisan setiap 3 bulan sekali di tempat yang telah disepakati (biasanya digilir). Kadang yang paling kecil sering roaming karena mereka harus mendengarkan sejarah keluarga dari Mbah mereka. Oh ini Nur, sini wuk salaman dulu. Setelah salaman tidak jarang dibilang "Ini Nur yang dulu rambutnya keriting, item kan?" Mulai keluar ras, tapi seisi ruangan jadi pecah tertawa. Bahkan momen seperti itu diulang-ulang lho, tapi tetap saja terasa lucu.Saya tersenyum klecam-klecem.
  • Halal bi Halal. Momen saling maaf memaafkan ini tidak hanya terjadi di keluarga, teman bahkan masyarakat. Mereka saling bersilaturahmi untuk memohon maaf agar kembali ke fitri. Kata-kata yang sering diucapkan adalah "Minal aidin wal faidzin ya Mas-Mbak". Wajahnya cerah-cerah. Nah, di kampung saya, setelah sholat idul fitri, biasanya masyarakat keliling rumah ke rumah untuk salam-salaman, meskipun di masjid sudah bersalaman juga. Tetapi karena lagi-lagi indah dan nikmatnya silaturahmi yang saya sebutkan tadi, halal bi halal saat lebaran menjadi sangat semarak. Ssssst, sudah 3 halal bi halal ini pertanyaan "Kapan nikah?" santer ditanyakan. Jawaban saya cuma senyum sambil ngusel ibu saya.
  • Buka Bersama. Momen ini juga tak kalah meriah digunakan oleh para perantau untuk saling bertemu saat pulang kampung. 10 hari terakhir ramadhan, kedai-kedai mulai ramai dengan bookingan buka bersama. Hari pertama dengan teman SD, hari kedua teman SMP, hari ketiga teman SMA atau kuliah, dan hari selanjutnya buka bersama dengan mantan yang diharamkan.
  • Reuni. Saya juga pernah ikut reuni-reuni macam begini. Dari SD, SMP hingga SMA. Kalau kuliah paling reuni kecil saja dengan teman akrab. Reuni juga menjadi salah satu ajang favorit untuk memperluas networking. Reuni akbar alumni FH UNS Surakarta. Waaah, dari mulai akademisi dan praktisi pastinya tumpah ruah di acara tersebut. Sehingga tidak jarang kalau reuni sebagai wadah silaturahmi yang membukakan rejeki. Asal jangan reuni sama mantan aja siiiiih *kabur*
  • Gathering. Saya juga pernah mengicipi gathering kantor, dimana karyawan membawa serta anak istrinya. Bagi yang single wajib jadi panitia, ahaha. Gathering juga bisa diadakan oleh promotor untuk launching produk. Intinya, gathering memudahkan kita untuk bersilaturahmi secara langsung dengan orang, sahabat dan seajwat yang sudah lama gak ketemu.
  • Nikahan. Biasanya setelah kuliah kan pada mencar tuh. Ajang yang paling favorit untuk bersilaturahmi adalah saat salah satu teman akrab menikah. Pasti deh reuni yang direncanakan di acara nikahan tak terelakkan.
Itu tadi ajang event yang seringkali dijadikan untuk bersilaturahmi. Kalian juga pernah mengicipi keempat ajang tersebut kan Bloggiest? Menurut kalian nikmat silaturahmi mana yang kalian dustakan? :)

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

2 komentar

Write komentar
30 Maret 2016 21.22 delete

Jadi jadi jadi, mantannya Aya udah mantenan ? Ahahhaa salah fokus.

Btw iya deh gak akan mendustakan nikmat silaturahmi hehehe

Reply
avatar
15 April 2016 04.25 delete

hhhm, aku sih gathering ayo, arisan ayo, reuni ayo, apa aja ayo mba. jadi kapan kita gathering mba :)

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)