Charger Semangat Lewat Workshop dan Event

Minggu, April 03, 2016 2 Comments A+ a-


Saya aktif ngeblog sejak akhir tahun 2015. Tepatnya setelah ikut Fun Blogging 8 yang diadakan oleh Mbak Shinta Ries, Mbak Haya Aliya Zaki dan Teh Ani Berta. Sebelumnyapun saya juga hanya ikut-ikutan workshop menulis untuk menjaga semangat saya biar tetap on fire. Sebelumnya, menulis hanya sebatas suka-suka, tetapi setelah ikut workshop FB 8, banyak sekali hal yang saya dapatkan termasuk menjadikan blog ini sebagai rumah yang nyaman untuk menuliskan hal-hal yang dianggap bermanfaat dan mengubah blog menjadi domain pribadi juga salah duanya hasil saran dari Mbak Shinta.


Mulai saat itu, saya juga semangat menulis lagi baik fiksi maupun non fiksi. Giat ikut lomba yang temanya saya suka. Hingga saya juara 1 lomba menulis lanjutan cerita yang diadakan oleh Mbak Maya Siswadi. Hadiahnya parfum seharga 900 ribu yang sampai saat ini Ibu dan Bapak saya eman-eman buat make, hehe. Setelah itu saya juga makin semangat mengikuti beberapa giveaway dan event Blogger.

Mengikuti workshop tidak selalu gratis lho. Tetapi menurut saya, hal tersebut seperti investasi karena mengikuti workshop tersebut sarat akan ilmu yang diserap. Jadi, dalam menggali dan memupuk passion seringkali juga butuh modal untuk itu. Kalau event bagaimana? Jujur, saya malah baru tahu kalau datang ke event dapat goodybag dan printilan lainnya. Karena memang niat awal saya karena suka sama nulis dan tema yang diangkat.

Saya pernah ditawarkan undangan untuk menghadiri event kecantikan yang sebetulnya saya tidak terlalu concern tentang hal-hal yang berbau dengan tema tersebut. Tetapi karena saya ingin tahu banget untuk pengetahuan, maka saya menerima. Lagi-lagi alasannya simple, pengen tahu cara membuat alis yang sering saya lihat di kereta. Di gerbong perempuan ada beberapa wanita yang pandai bersolek. Kadang saya iseng memerhatikan mereka, dari alis, bibir atau pemakaian eye shadow, ahaha. Meskipun setelah mengikuti event tersebut saya tidak mempraktekkannya karena memang alasannya hanya sekadar ingin tahu "Oh caranya begitu". Lalu, jika ada beberapa undangan untuk event Blogger, bagaimana cara menyiasati keuangan agar dompet aman dan nyari ilmu serta sosialisasi juga tetap nyaman. Mungkin hal-hal berikut yang dapat diperhatikan oleh Blogger saat akan hadir dalam event :
  • Tema. Biasanya kalau temanya tentang parenting, menulis atau kesehatan, saya semangat buat ikutan. Apakah tema yang diadakan oleh penyelenggara sesuai dengan selera kita? Jadi kalaupun harus mengeluarkan ongkos untuk hadir, hal tersebut worth it.
  • Tempat dan transportasi. Kita juga harus mempertimbangkan tentang tempat dan transportasi yang dapat menjangkau lokasi event lho agar dapat disesuaikan dengan budget. Kalau jalan berliku-liku dan butuh biaya banyak untuk kesana, mungkin bisa nyari barengan atau alternatif kendaraan lain untuk menekan biaya.
  • Tujuan. Tanyakan tujuan mengikuti workshop atau event untuk ngapain. Tidak melulu tentang hal yang disukai lho, kadang saya iseng ikut workshop yang di luar jalur yang ditekuni karena hanya pengen tahu. just it.
  • Tidak melulu tentang gudibeg. Alhamdulillah, saya gak terlalu memusingkan tentang gudibeg, dapet syukur, enggak juga gak apa-apa (tapi biasanya dapet,ahaha). 
  • Landasi dengan suka. Mau tema apapun, kalau dasarnya sudah suka, maka ngejalanin dan nyeritain hasil workshop dan event juga bakalan enak. Nulis reportasenya pun juga bisa mengalir tanpa paksaan.
  • Tebar networking. Gara-gara event dan workshop lho, pertemanan saya makin meluas, friend di FB dan twitter juga meningkat. Jadi dalam acara tersebut dapat kita manfaatkan untuk menebar dan menjalin networking.
Jadi, kata orang Jawa ono rego ono rupo, untuk naik level pengetahuan kadang kita harus merogoh kocek, kalau ini yang berkaitan dengan workshop.  Tetapi jika ada event tentang Blogger, 6 poin di atas bisa jadi pertimbangan agar saat kita mendatangi event tersebut jelas output yang kita dapatkan. Di samping itu juga bisa menghemat biaya untuk datang ke suatu eventYes, seringkali workshop dan event untuk blogger adalah untuk charger semangat biar gencar menulis. Tetapi bukan berarti kalau gak ada itu langsung melempem yaaaa.

Kalian punya cerita menarik menghadiri event Blogger juga? Sharing yuk!

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

2 komentar

Write komentar
Irawati Hamid
AUTHOR
4 April 2016 14.42 delete

saya belum pernah menghadiri event blogger apapun Mbak Aya :(
mungkin karena saya tinggalnya di daerah, jadi belum pernah ada event blogger yang diadakan disini :(

Reply
avatar
Lidya Fitrian
AUTHOR
13 April 2016 15.28 delete

semangat terus ngeblognya yaaa

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)