Featured Slider

Khatam Alquran Saat Ramadan

Tadarus Alquran
Kegiatan Tadarus Alquran di Masjid setelah Tarawih
Momentum ramadan sering dipakai oleh kaum muslim untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas imannya dengan berbagai amalan yang telah disiapkan sebelumnya. Memasuki 10 hari terakhir membuat saya menggelitik dengan pertanyaan "Apakah amalan terbaik yang mengisi ramadan tahun ini?". Kalau boleh jujur, kita bisa menilai sendiri kualitas ramadan kita, apakah lebih baik dengan tahun lalu, atau justru sebaliknya.

Khatam alquran menjadi salah satu amalan yang paling hits dilakukan saat ramadan. Bahkan ada beberapa teman saya yang menargetkan khataman 2 hingga 3 kali selama ramadan. Sehingga ada beberapa masjid yang melakukan khataman dengan agenda doa bersama.
"..... dan amalan yang disukai Allah adalah amalan yang berkesinambungan walaupun sedikit (HR. Bukhari)".
Amazing rasanya saat merasakan ramadan dapat memacu kita untuk meningkatkan amalan kita. Menjadi PR bagi kita juga untuk mempertahankannya saat ramadan telah purna nanti. Saat ramadan amalan begitu menggebu, semoga di bulan Syawal semakin syahdu. Khatam alquran dapat dijadikan amalan bulanan meski tidak ramadan. Pun untuk menghadiri majlis taklim dan menyemarakkan masjid. Banyak masjid yang megah tetapi jamaahnya sepi. Awal-awal ramadan, saf tarawih dan subuh selalu penuh, tetapi menjelang akhir ramadan justru mengalami "kemajuan". Semoga syawal tidak menjadi antiklimaks amalan kita. Dan semoga Allah memberikan nikmat ibadah untuk menyelesaikan ramadan dengan baik serta mengisi bulan-bulan setelahnya dengan amalan kebaikan layaknya ramadan.

word count : 208 kata

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis : 1001 kisah masjid




4 komentar

  1. Iya ya, mbak. Sayang banget masjid-masjid megah justru malah semakin sepi jama'ah. Di kampung saya, alhamdulillah masih sampai halaman mbak. Memang masjid ini selalu ramai. :)

    BalasHapus
  2. Aku udah lama banget nggak khatam Al Quran apalagi di bulan ramadhan :(
    Jadi reminding untuk lebih meningkatkan amalan.
    Nice sharing :)

    BalasHapus
  3. semoga kita termasuk umat yang selalu melakukan kebaikan berkesinambungan yah Mba Aya, amin..

    BalasHapus
  4. Saya sudah datang ke sini dan membaca tulisan ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut meramaikan Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid di blog saya
    Semoga sukses.

    Salam saya

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)