Khasiat Jeruk Nipis

Jumat, Juli 01, 2016 10 Comments A+ a-


Ada yang ikut Food Combining secara kaffah guys? Aku masih abal-abal banget ngikutin juklaknya. Meskipun begitu, kalau seminggu menerapkan dengan benar sarapan  buah, jeniper hangat setiap pagi dan mengkombinasikan makanan, rasanya badan enak banget. Yang masih rutin berjalan adalah minum jeruk nipis hangat setiap bangun tidur. Bapak, Ibu dan beberapa anggota keluarga yang lain juga ikut-ikutan, padahal semula takut ada gangguan di perutnya.

Untuk mendapatkannya, aku biasanya beli ke Pasar Wedi yang harganya lebih bersahabat. Soalnya kalau di Pasar Gempol (setengah kilo dari rumah), jeruk dijual satu biji seribu. Mahalnyaaaa. Meskipun agak jauh, tapi worth it lah kalau ke Pasar Wedi. Selain itu, aku juga bisa memilih lemon yang harganya bikin hati gak kuat pengen borong. Bayangkan 1 kilo hanya 10ribu. Awalnya pengen nawar, tapi gak jadi karena  harga segitu bener-bener murah.

Dulu, saat pertama kali Bapak mengkonsumsi obat TBC, beliau mengeluhkan perutnya mual dan pengen muntah. Nafsu makan menurun drastis. Aku berinisiatif untuk membuatkannya jeruk nipis hangat setiap pagi. Jadi, sebelum Bapak bangun tidur, biasanya Ibu sudah meletakkan secangkir jeruk nipis hangat atau lemon di mejanya. Bapak sempat menolak karena beliau punya penyakit lambung dan berpikiran kalau mengkonsumsi jeruk yang rasanya kecut di pagi hari sebelum sarapan, nanti akan berakibat fatal. Gak maksa sih, tetapi melihatku setiap hari minum jeniper hangat dan merasa lebih enak, Bapak mulai mencobanya.

Kyaaa, jadi pengen nulis tentang khasiat jeruk nipis untuk keluargaku. Ini juga mengencangkan tekad biar bisa jeniper-an setiap pagi :D

1/. Mengatasi mual pada penderita TBC. Bapak sudah mengkonsumsi jeniper selama 1,5 bulan ini dan merasakan badannya lebih enak. Yang semula mual dan pengen muntah, Bapak tidak merasakan lagi. Oh iya, jeruk nipis juga bisa diganti lemon ya. Menurut referensi yang kubaca, kandungan jeruk nipis dan lemon sama. Entah ini pengaruh jeruk nipis atau bukan, tetapi setelah mengkonsumsi jeniper tiap pagi, perut Bapak lebih nyaman dibanding sebelumnya.

2/. Penghilang komedo. Setelah mengiris dan memeras jeruk nipisnya, aku tidak langsung membuang kulitnya. Biasanya aku mengoleskannya ke wajah. Memang agak perih sih, cuma saat membasuh muka, aku merasakan segar. Eh iya, yang biasanya aku merasa terganggu dengan hidung badak alias komedo. Daaan, sejak mengoles-oleskan kulit jeruk di wajah, entah bagaimana komedo jarang muncul. Pertama agak perih sih, cuma lama-kelamaan terbiasa. Ngolesinnya jangan kasar-kasar biar nyaman di wajah :p

3/. Meredakan batuk. Nah, kalau yang ini memang manjur sekali. Selain mengkonsumsi kencur, aku minum sesendok makan perasan air jeruk nipis dicampur sedikit kecap. Gak cukup sekali minum sih, dan it works! Tenggorokan yang semula gatal dan panas gara-gara batuk kering, cukup terbantu dengan meminum perasan tersebut.

4/. Memutihkan beras. Aku beberapa kali heran saat Mbak Endang (ipar keduaku) memasak beras dengan magic com. Sebelum mengklik tombol cook, dia mengiris jeruk nipis dan perasannya dimasukkan ke dalam magic com. Katanya sih biar berasnya tambah putih dan enak :D. Etapi, aku gak bisa bedain nasi mana yang pakai perasan jeruk, mana yang tidak. Jadi untuk poin yang keempat ini, hanya Mbak Endang yang bisa merasakan faedah dari jeruk nipisnya.

5/. Penyegar rasa soto. Duh, kalau ini asli dari pengalamanku :D. Soto tanpa perasan jeruk nipis kayak ada yang kurang. Jadi, jeruk nipis menjadi penyegar kuah soto yang udah dicampur sama kecap plus cocolan mendoan. Kalian juga suka nambahin jeruk nipis gak sih kalo lagi makan soto?

Sebenarnya masih buanyak lagi khasiat jeruk nipis dari level berat sampai level rendah. Dari segi kesehatan sampai urusan dapur, jeniper bisa diandalkan manfaatnya. Ah iya, hampir lupa, cara mengiris jeruk nipis biar perasannya buanyak udah ada yang tahu tipsnya? Jadi dulu aku membelah tengah jeruknya jadi dua baru diperas, padahal ada cara lain biar perasannya lebih banyak. Belah samping-samping jeruk (bukan tengah ya), baru diperas. Dan hasilnya memang lebih banyak :D.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

10 komentar

Write komentar
Irawati Hamid
AUTHOR
22 Juli 2016 14.55 delete

mau coba ngilangin komedo pakai jeruk nipis ah :)
makasih infonya Mba Aya :)

Reply
avatar
8 Agustus 2016 08.42 delete

Katanyaa jeruk nipis juga bisa menghilangkan lemak di badan, mbaa

Reply
avatar
8 Agustus 2016 09.32 delete

Peminum jeniper hangat ngacung. Pertama kecut. Selanjutnya nikmat. Hehe. Murah dan banyak manfaat, ya, Mbak?

Reply
avatar
PIPIT
AUTHOR
8 Agustus 2016 14.00 delete

aku sudah mengkonsumsi air jeruk nipis hangat sekitar 8 bulan ini. aku minum rutin setiap pagi sebelum sarapan dan memasukkan apapun ke dalam lambung. yang dirasakan sekarang, maagh g kumat lagi, daya tahan tubuh lebih terjaga jadinya fit dan gampang kena flu atau batuk, kalau berat badan aku g tau pasti, tapi berat badanku stabil sekarang, padahal aku tipe orang yg kalau g olahraga dan jaga makan, dalam seminggu bisa naik 1-2 kg

Reply
avatar
8 Agustus 2016 21.50 delete

hihi, selamat mencuba Mbak Ir

Reply
avatar
8 Agustus 2016 21.53 delete

Mungkin Mbak. Tapi saya konsumsi jeniperan setiap pagi, di badan enak

Reply
avatar
8 Agustus 2016 21.56 delete

Di Klaten murah bingit Mbak, sekilo 10rb :D

Reply
avatar
8 Agustus 2016 22.37 delete

Tosss Mbak Piiiit! semangat sehat

Reply
avatar
Aireni L.B.
AUTHOR
20 Agustus 2016 02.32 delete

Dulu aku pernah, Mbak, nemuin penjual soto yang juga jual rawon. Nah, berhubung aku lebih suka rawon, jadilah membeli rawon plus ditambah jeruk nipis yang seharusnya buat soto. Asliii, suka banget. :)

Btw, poin yang ke-4, gak merubah rasa nasinya ya, Mbak?

Reply
avatar
intanrawit
AUTHOR
9 September 2016 17.31 delete

salam kenal mba, q jg lg nyoba2 ber efceh ria...semoga bs konsisten..aamiin semangat sehat!

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)