Inovasi Baru iCarAsia: Launching Fitur Chat di Asia Tenggara yang Memudahkan Pengguna

Kamis, Desember 08, 2016 6 Comments A+ a-


Dewasa ini, perkembangan teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal-hal yang dulunya dilakukan serba konvensional, saat ini telah dimudahkan dengan layanan online. Hal tersebut merangsang ide-ide kreatif bermunculan dari para pengusaha agar bisnisnya dapat berkompetisi secara berkesinambungan. Inovasi dibutuhkan agar produk-produk yang dihasilkan tidak ketinggalan zaman.

Baru-baru ini, iCar Asia Limited (ASX:ICQ), yang pemilik jaringan portal otomotif nomor 1 di ASEAN, merayakan keberhasilan platform komunikasi baru di Indonesia untuk bisnis Mobil123.Com. Inovasi terbarunya adalah peluncuran fitur chat yang memudahkan transaksi jual beli mobil. Jadi, yang dulu masih bingung mau beli mobil atau capek keliling ke dealer-dealer hanya untuk mencari mobil yang sesuai budget dan selera, saat ini bisa tinggal chit chat saja dengan fasilitas chat tersebut.

Di minggu pertama peluncuran fitur chat, platform itu mendapatkan tanggapan positif dari penggunanya, baik dari penjual maupun pembeli. Para pengguna dapat berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan teknologi chat. Tidak berhenti pada inovasi fitur chat, iCar Asia juga meluncurkan Dealer App baru, sebuah aplikasi yang khusus dibuat untuk dealer mobil. Hal itu semakin memudahkan para dealer untuk mengelola bisnis jual-beli dari perangkat mobile mereka. Ah, seperti dunia dalam genggaman ya teman-teman?
Aplikasi fitur chat

Dengan launching tersebut, maka saluran desktop, mobile serta dealer dan consumer apps telah memiliki layanan chatting yang terintegrasi di semua platform. Hal ini memberikan angina segar bagi para pengguna, dimana saat ini chat merupakan saluran komunikasi paling dominan di Asia Tenggara. Adanya komunikasi yang efektif dari pihak dan pembeli akan memudahkan mereka terhubung satu sama lain dan memperlancar proses jual beli mobil.

iCar Asia mengembangkan Dealer App khusus untuk memenuhi kebutuhan dealer mobil dan memisahkannya dari aplikasi untuk konsumen. Chat adalah fitur kunci App tersebut, di mana fitur ini akan membantu dealer mobil untuk secara efektif mengelola lead, menyimpan informasi dan pertanyaan dari pelanggan serta semua percakapan terjadi di satu tempat. Desain aplikasi ini juga membantu dealer untuk berbagi foto dan lokasi. Selain kemampuan chatting, beberapa feature juga telah diintegrasikan ke dalam App sehingga memudahkan Dealer untuk mengelola account, membuat iklan dan mengelola iklan-iklan mereka.

Menurut penuturan Hamish Stone, iCar Asia CEO, lebih dari 135 juta orang telah terhubung antara satu dengan yang lain menggunakan aplikasi chatting di Thailand, Malaysia, dan Indonesia, dengan 79 juta sendiri ada di Indonesia. Dengan mengintegrasikan kemampuan chatting ke dalam interaksi antara penjual dan pembeli, hal ini akan membuka potensi platform digital miliknya. Menjadi digital otomotif marketplace pertama yang memberikan inovasi tersebut di kawasan ASEAN akan lebih memperkuat posisi kepemimpinan pasar  dalam bisnis yang dikelolanya dan menambah nilai yang diberikan kepada penjual dan pembeli.
Hamish Stone, CEO iCarAsia

Ia menambahkan, dalam minggu pertama peluncurannya, platform telah berhasil menghubungkan ribuan calon pembeli dan dealer melalui chat. Dengan lebih dari 2,1 juta pengguna aktif per bulan di Mobil123.com. Harapannya yang disampaikan saat peluncuran agar pengguna chat ini akan tumbuh secara eksponensial dalam beberapa minggu mendatang. CEO iCar Asia ini berencana untuk meluncurkan fungsi chat dan Dealer Apps di Malaysia dan Thailand 2 bulan mendatang.

Sebagai bentuk dari pengembangan app, Stone mengatakan bahwa perusahaanya telah meningkatkan proses pemasangan iklan dengan memudahkan dealer untuk membuat iklan hanya dalam beberapa menit - dengan atau tanpa koneksi internet. Dengan peningkatan ini, diharapkan akan lebih memperkuat kemitraan bisnis Mobil123 dengan dealer, di mana platform Mobil123 bisa memberikan nilai lebih kepada mereka. 
Nah, dari launching tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa inovasi yang dilakukan iCar Asia ini memiliki beberapa keuntungan:
  1. Mudah, karena  bisa mengunduh aplikasinya dengan mudah di playstore.
  2. Informatif, aplikasinya sangat informative baik untuk penjual dan pembeli.
  3. Memasang Iklan dengan Praktis, dealer dapat mengelola iklan yang ada pada akunnya dengan praktis.
  4. Desain yang aplikatif, karena dealer dapat membagi foto dan lokasinya
  5. Komunikatif, adanya aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dealer dimana saja dan kapan saja.

Teman sudah tahu benefit yang ditawarkan aplikasi itu kan? Yuk coba download aplikasinya untuk memudahkan kita mencari mobil sesuai budget dan selera kita 💕.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

6 komentar

Write komentar
Ani Berta
AUTHOR
8 Desember 2016 08.15 delete

Download ah aplikasinya, penting nih buat dapat info mobil berkualitas :D

Reply
avatar
Keluarga Biru
AUTHOR
8 Desember 2016 08.24 delete

Keren. Mau coba download aplikasinya

Reply
avatar
Prima Hapsari
AUTHOR
8 Desember 2016 08.25 delete

Fitur yang keren. ya? Jadi makin mudah dan cepat. ^_^

Reply
avatar
Ajar Masak
AUTHOR
8 Desember 2016 08.27 delete

Keren banget. Mau coba download ah. Mulai naksir sama aplikasi ini.

Reply
avatar
Mel Allira
AUTHOR
8 Desember 2016 08.38 delete

Bisa memasang iklan dengan praktis? Wah, ini baru namanya kebutuhan. :D

Reply
avatar
Liza Fathia
AUTHOR
8 Desember 2016 08.38 delete

Aplikasinya berbayar nggak?

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)