Taman Kaulinan, Tempat Bermain dan Belajar yang Mengasyikkan di Bogor

Selasa, Februari 07, 2017 2 Comments A+ a-

Bogor

Sabtu dan Minggu kemarin, saya main nginep di Depok. Rasanya kangen banget sama Dio dan Dea. Karena suami ada kerjaan, makanya saat izin buat main ke Depok langsung di acc. Malam Minggunya, tiba-tiba saya pengeeeeen banget senam atau jogging, karena memang rasanya 2 minggu terakhir ini belum olahraga. huhu

Kebetulan Asinan Blogger mau ngumpul di Lapangan Sempur, Bogor untuk menghadiri peresmian Taman Kaulinan. Aaaah, hidup seperti kebetulan yang menyenangkan. Bisa ketemu Asinan Blogger, olahraga sekalian ikut peresmian Taman Kaulinan. 

Minggu pagi habis shubuh, saya udah rapi. Mamanya Dio sempat kaget karena pagi-pagi saya udah manasin motor. Awalnya pengen ngajak Deandra sih, tapi melihat wajahnya yang pulas, saya gak tega membangunkannya.

Naik KRL, Sambung Gojek

Depok-Bogor itu didekatkan dengan KRL 👯. Jadi, 5 tahun saya tingga di Depok, kalau ada acara di Jabodetabek tidak merasa was-was karena ada KRL. Dulu sebelum ada ojek online, saya menghafal rute busway. KRL sambung busway, aman sampai tujuan. Sekarang mau kemana-mana lebih enak lagi sejak ada ojek online. Mau buta arah peta, asal bisa tahu stasiun mana paling dekat dengan tempat tujuan, tinggal nyambung dengan gojek. Udah deh sampai. 

Meskipun masih pagi, Stasiun Pondok Cina sudah banyak penumpang yang antri untuk membeli tiket. Saya ikut kereta yang jam 5.45 ke arah Bogor.

Sesampainya di Stasiun Bogor, saya langsung memesan Gojek biar lebih cepat sampainya. Dan ternyata, untuk keluar dari Stasiun Bogor menuju si abang Gojek, saya harus muter agak jauh. Niatnya kan emang jogging, ya? 😆. 

Beruntung saya dapet driver Gojek yang baik. Di luar ekspektasi saya, jalan menuju lapangan Sempur ramai sekali. Di jalan raya penuh dengan mobil, motor dan angkot, sedangkan di sayap kanan dan kiri jalan dipenuhi warga Bogor yang jalan sehat menuju Sempur.

Teman-teman sudah menunggu di area taman Kaulinan dekat sungai, tetapi pas saya mau turun lewat tangga, pak polisinya gak ngebolehin, huhu. Si abang gojeknya nawarin ngedrop di pintu masuk taman ekspresi. 
Suasana di Lapangan Sempur
Banyak banget warga Bogor yang antusias datang ke lapangan Sempur. Sepanjang jalan saya masuk dari taman Ekspresi hingga taman Kaulinan, saya mengamati banyak muda mudi bahkan keluarga yang jogging.

Taman Kaulinan, Tempat Bermain dan Belajar

Bertemu dengan Teman Blogger
Akhirnya setelah mencari-cari, saya menemukan taman Kaulinan. Ada adik-adik yang menari dengan alunan lagu tradisional. Mereka sedang berlatih untuk penyambutan Bapak walikota Bogor, Bima Arya, yang nanti akan meresmikan taman Kaulinan. Saya juga cipika-cipiki dengan Asinan teman-teman Blogger. Yes, finally we met.


Taman Kaulinan berasal dari bahasa Sunda yang berarti permainan. Bukan tanpa alasan, pemilihan nama ini dikarenakan kota Bogor memiliki latar belakang sejarah Sunda yang sangat kental. Taman ini dirancang secara modern, namun tetap memegang konsep kebudayaan daerah setempat. Dengan adanya taman Kaulinan, diharapkan anak-anak di sekitar Bogor dapat aktif di alam terbuka sehingga dapat melatih kemampuan motorik mereka. Di saat peresmiaannya, dibuka dengan tarian dengan alunan nyanyian tradisional yang apik.
Dibuka dengan tarian tradisional

Oh iya, taman ini dibuat khusus dan telah memenuhi standar keselamatan serta keamanan anak-anak untuk bermain. Sehingga para orang tua tidak perlu was was jika putra putrinya bermain di taman Kaulinan. Di taman Kaulinan juga dibangun gazebo dimana anak dan orang tua dapat bersosialisasi dan bercerita setelah bermain. Gak salah dong ya kalau Taman Kaulinan menjadi tempat bermainan dan belajar yang mengasyikkan?
Anak-anak asyik bermain



Berdasarkan informasi yang disampaikan Bapak Solihin selaku Corporate Affairs SAT, waktu pengerjaan taman Kaulinan ini bersamaan dengan revitalisasi lapangan Sempur per 25 Juli 2016. Taman seluas 600 meter persegi selesai dan dioperasikan lengkap dengan beragam permainan tradisionalnya per Januari 2017. Asyik banget kan? Permainan yang dapat dinikmati anak-anak sangat edukatif: engklek, enggrang, rumah pohon dan permainan ular tangga. Disana juga ada spot selfie juga lho, lengkap banget kan?



Dalam sambutannya, Bapak Bima Arya selaku walikota Bogor menyampaikan apresiasinya. Beliau mengatakan bahwa pembangunan taman-taman kota tidak hanya dipandang sebagai penambahan ruang terbuka hijau. Namun, hal tersebut juga bertujuan untuk membangun karakter warga. Taman adalah oksigen jiwa Jadi, dengan adanya taman-taman tersebut membuat kota Bogor sebagai kota untuk keluarga dimana saat Sabtu dan Minggu, warga berbondong-bondong ke taman karena ingin berinteraksi, bercengkrama dan menghabiskan waktu dengan keluarga.
Pak Bima Arya meresmikan Taman Kaulinan

Berdonasi dan Berbagi

Taman Kaulinan adalah bentuk nyata kepedulian bersama antara pemerintah, perusahaan, lembaga sosial dan masyarakat luas terhadap perkembangan kreatifitas anak. Pasalnya, taman ini dibangun dar hasil penggalangan dana masyarakat yang dikenal dengan program DonasiKu. DonasiKu dihimpun melalui kasir Alfamart Alfamidi bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa.

Uang kembalian teman-teman yang mungkin hanya 100 atau 200 rupiah dikumpulkan di seluruh toko Alfamart Alfamidi dan jadilah taman publik yang dapat dinikmati semua orang, Taman Kaulinan. Semoga tidak ada pertanyaan lagi saat kasir Alfamart Alfamidi menawarkan "uang kembaliannya mau disumbangkan  untuk donasi pak/buk?". 

Selain melalui uang kembalian, kita bisa juga lho berdonasi dengan nominal tertentu di kasir-kasir alfamart alfamidi terdekat. Jangan khawatir, pelaksanaan program sosial DonasiKu dilakukan yayasan mitra PT. SAT, Yayasan Berani Bhakti. Pelaksanaan DonasiKu juga dinaungi oleh Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Banuan Sosial Kementrian Sosial. Penyebaran donasinya juga bersifat transparan. Masyarakat atau donatur dapat mengakses di web www.alfamartku.com

Tuh kan, selain berdonasi, kita bisa berbagi kebahagiaan dengan cara yang sederhana. Sesederhana mengikhlaskan uang kembalian saat berbelanja di alfamart alfamidi. Kembalian yang sering kita anggap "receh" namun sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Untuk info lebih lanjut, cek di website Yayasan Berani Bhakti
Page FB :Yayasan Berani Bhakti Bangsa
Twitter : @YayasanBerani
IG : @Yayasan Berani

***

Yuk, warga Bogor dan sekitarnya, kita main ke Taman Kaulinan. Saya aja pengen kesana lagi ngajak Dio Dea. Pengen nyobain rumah pohonnya ❤.

Fyi, saya joggingnya gak setengah-setengah lho. Pulang dari Kaulinan, saya, Mbak Nunu, Mbak Teti, Mbak Leyla jalan sehat ke stasiun 😁. Anak-anak mereka juga gak protes diajak jalan kaki yang lumayan bikin capek. Ah yang penting bahagia kan ya 💖💖. Semangat sehat semuanya!


Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

2 komentar

Write komentar
Rina Susanti
AUTHOR
10 Februari 2017 23.13 delete

duh saya ga sempat foto-foto sama blogger lain , rempong bawa 2 anak . btw, asik ya tamannya anak-anak saya betah terutama main ular tangga

Reply
avatar
16 Februari 2017 21.23 delete

Asik ya main di Taman Kaulinan, seger, nyaman n aman buat anak-anak n ortunya.

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)