#MemesonaItu: Mampu Mengatasi Moody dan Nervous dengan Elegan

Minggu, Mei 21, 2017 29 Comments A+ a-


Moody dan nervous merupakan suatu hal yang berbeda. Kesamaan dari keduanya adalah sama-sama tidak mengenakkan apalagi jika tidak dikelola dengan baik. Teman-teman pernah merasakan salah satu perasaan itu? Kalau saya pernah mengalami keduanya bahkan untuk “moody” intensitasnya lebih sering dari nervous.

Jadi, moody adalah perasaan yang gampang sekali berubah. Detik ini bisa saja cerah ceria, tetapi beberapa detik kemudian bisa sebal bahkan ingin marah tanpa sebab. Istilah lainnya mood-nya naik turun. Sebagai perempuan yang setiap bulannya mengalami siklus haid, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Premenstrual syndrome (PMS). Nah, sering banget kalau PMS, mood saya bisa berubah-ubah, heuheu. Rasanya ingin marah, mudah capek dan yang paling fatal kalau saya tidak dapat mengendalikannya, saya bisa menangis sendiri. Karena memang benar, saat PMS suasana hati lebih sensitive. Makanya tidak jarang kalau pas PMS, saya cenderung tertutup.

Karena itu, jika sudah mulai dekat dengan siklus haid, saya mencoba se-rileks mungkin agar bisa mengatasi PMS dengan elegan sehingga saya juga nggak gampang moody lagi. Dan 3 hal yang biasanya saya lakukan untuk mengatasi moody dengan elegan saat PMS adalah sebagai berikut. 

1.    Nonton Film Action. Sebenarnya, saya penggemar segala genre film, kecuali horror. Tetapi kalau pas PMS, saya lebih suka film-film action dibandingkan genre yang lain. Karena kalau action itu lebih bersemangat apalagi kalau ada adegan perangnya. Seakan-akan mewakili suasana hati yang rasanya pengen “ngamuk” tapi nggak bisa diterjemahkan alasannya. Saat menyadari PMS, saya menghindari film yang menye-menye dan gampang membuat penonton baper, karena ending-nya saya terbawa baper juga. Nggak usah nonton itu saja sudah menye-menye dan baper, apalagi nonton kan? Bisa tambah parah kadar moody-nya.

2.  Mengganti sprei dan suasana kamar. Hal ini kelihatan sepele, tetapi buat saya, dengan mengganti sprei atau paling tidak menggeser-geser posisi kamar membuat mood saya membaik. Oh iya, biasanya saya memilih karakter sprei yang soft, tergantung suasana hati sih pengennya mau warna apa. Entah mengapa kalau PMS hawanya pengen beres-beres kamar, termasuk mengganti sprei. Dan ajaibnya, hal tersebut bisa membuat suasana hati lebih enakan. Apa teman-teman juga pernah memiliki pengalaman demikian?

3.      Menghirup aroma wewangian
Nomor 2 dan 3 biasanya saya lakukan di rumah sambil me time. Tetapi kalau menghirup aroma wewangian ini bisa saya lakukan dimanapun dan kapanpun. Nah, untuk mendapatkan aroma wangi ini, saya mendapatkannya dari vitalis body scent yang harumnya soft dan awet. Honestly, saya selektif sekali memilih wangi-wangian, karena itu berpengaruh dengan mood juga.

Vitalis Body Scent Bizzare dan Breeze
Sebelum menemukan vitalis body scent saya pernah dikasih parfum sama teman, dan ternyata baunya sangat menyengat, heuheu. Akhirnya saya hanya menggunakan sekali saja dan tidak pernah lagi memakainya. Dalam memilih aroma parfum, saya sependapat dengan John Stephen yang beranggapan kalau wewangian itu seperti musik. Kita akan memainkan music yang berbeda di setiap kesempatan yang berbeda dan suasana hati yang berbeda. Begitu juga dengan parfum. Kita bisa memilih dan memakainya sesuai dengan suasana hati.

Kalau lagi PMS saya memilih vitalis body scent bizarre. Biasanya saya semprotkan ke pergelangan tangan dan leher. Wangi bunga-bunga menawan dari violet, lotus, blackcurrant, sandalwood dan marine-nya membantu saya meningkatkan mood sehingga lebih rileks saat PMS. Selain itu, saya juga sering mencoba aroma vitalis body scent breeze yang kesempurnaan wanginya sangat lembut. Paduan bunga-bunga cyclamen, lily of the valley, peach, cedarwood dan amber sangat menyejukkan dan membangkitkan rasa damai sehingga tidur saya lebih nyenyak dan berkualitas. Memang sih, seringkali saya menyemprotkan Vitalis di sarung bantal dan guling juga. Jadi, saat tidur, nggak cuma badan saja yang wangi, tapi kamar pun juga ikut wangi. hehe. 
Vitalis Body Scent Bizzare membantu meningkatkan mood saya :)
Vitalis Body Scent Breeze wanginya lembut, membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas :)
Hal-hal si atas sering saya lakukan untuk mengatasi moody saat PMS dengan elegan. Ah iya, kalau moody diturutin, berdampak ke rasa malas dan uring-uringan lho. Duh, untung saya sudah punya Vitalis Bizzare dan Breeze untuk mengatasinya.

Lain hal dengan moody, saya juga mau menceritakan pengalaman saya saat dilanda nervous. Perasaan nervous ini biasanya saya rasakan saat presentasi atau berbicara di hadapan umum. Jantung berdetak lebih cepat, dan sering bolak-balik ke kamar mandi. Efek lainnya yang pernah rasakan saat nervous adalah tangan menjadi dingin. Hal-hal tersebut jika tidak diatasi bisa menurunkan rasa percaya diri kita lho. Yang aling fatal, kita bisa lupa materi apa yang dihafal untuk dipresentasikan ke audiens.

Nah, hal-hal ini yang saya lakukan untuk mengurangi rasa nervous saat melakukan presentasi baik ilmiah atau saat berbicara di hadapan umum adalah sebagai tersebut:

1. Menyiapkan materi dengan baik. Ini penting sekali! Meskipun kita sudah menghafal materi itu, bukan berarti malam sebelum hari H tidak mempersiapkannya sama sekali. Bisa jadi di bawah panggung, kita menguasai materi tetapi pas di atas panggung jadi lupa semua saking nervous-nya. Merangkum materinya dalam poin-poin bisa membantu. Saya biasanya menulis poin-poinnya dengan tulisan tangan. And it is work!

2.  Berlatih. Setelah mempersiapkan materi, hal yang tidak kalah penting adalah berlatih. Saya biasanya berlatih di depan cermin sambil direkam. Kalau di depan cermin, kita bisa melihat intonasi dan mimic wajah kita sehingga bisa mengoreksi sendiri. Sedangkan merekam dengan HP bisa mendengarkan lagi suara kita sudah nyaman atau belum. Jangan salah, kadang kalau kita bicara dengan audiens sudah merasa enak, ternyata kalau pas direkam dan kita mendengarkannya sendiri bisa tertawa geli. Dengan berlatih, kesalahan-kesalahan tersebut dapat diminimalisir

3. Menjaga Penampilan
Kalau di acara formal usahakan memakai pakaian formal juga, misal kemeja dan celana bahan. Soalnya pernah dalam forum ada salah satu peserta yang memakai celana jeans saat menghadiri kegiatan ilmiah. Padahal di dalam undangan panitia sudah menuliskan dreescode dilarang memakai jeans. Sontak saja dia menjadi pusat perhatian peserta lain. Dalam acara-acara formal seperti ini, kalaupun tidak tertulis, saya lebih memilih memakai pakaian formal. Hal itu bisa mengurangi rasa nervous karena kita tidak menjadi perhatian orang hanya gara-gara “salah kostum”. Hehe.
Vitalis Body Scent Bless & Belle
Selain itu, memilih parfum yang tepat juga dapat menambah percaya diri. Nggak mau dong kalau bertemu banyak orang di acara yang seharian tetapi badan kita kucel dan bau,hehe. Fyi, biasanya acara seminar atau presentasi ilmiah itu diselenggarakan seharian. Dalam hal ini, saya memilih vitalis body scent bless untuk menunjang penampilan dan aroma wanginya membuat rileks sehingga mengurangi rasa nervous saat presentasi. Aroma wangi bunga jasmine, dewberry, apple, freesia dan gourmand dari vitalis body scent bless memberi saya rasa percaya diri lebih dalam saat berbicara di depan umum.

Aroma wangi vitalis body scent bless memberi rasa percaya diri saat berbicara di depan umum
Aroma wanginya enak banget :)
Aman  kok disemprotkan di kulit :)
Saya juga senang memakai vitalis body scent belleWangi semerbak kombinasi rose damask, muguet, peach, melon dan sandalwood sangat menawan dan tahan lama. Sehingga sangat cocok kalau dipakai seharian saat acara seminar. 2 varian ini sering saya pakai bergantian untuk menunjang penampilan.


Vitalis Belle salah satu favorit saya. Aroma wanginya tahan lama :)

Oh iya, aroma parfum kita juga jangan sampai menggangu orang lain. Karena pernah terjadi, teman 1 chamber saya dalam call for paper minta pindah hanya karena tidak tahan bau parfum peserta lain. Dia berpindah di belakang saya sambil menahan mual efek tidak tahan mencium aroma parfum peserta yang semula di sampingnya. Mendadak mbak yang mual terlihat badmood. Mungkin karena sebal mencium aroma yang tidak sesuai dengan seleranya. hehe.

Pengalaman presentasi di depan umum dan sempat nervous sebelum tampil
Ternyata aroma wewangian bisa mengurangi rasa moody saat PMS dan nervous saat presentasi. Vitalis yang merupakan produk wewangian dan perawatan pribadi sangat bermanfaat untuk keseharian saya. Vitalis juga membantu memancarkan rasa percaya diri untuk mencapai kesuksesan dan meningkatkan mood wanita agar dapat menikmati hidup. Kalau teman-teman mau mencoba aroma wanginya yang lembut dan awet bisa juga lho! Dan ini koleksi saya:

Koleksi Vitalis body scent yang membantu saya mengatasi moody dan nervous
Ini cerita #Memesona saya dengan Vitalis. Kalau teman-teman punya pengalaman dengan Vitalis juga? Yuk sharing..
Nah, #MemesonaItu memang sederhana ya, sesederhana saat wanita mampu mengatasi rasa moody dan nervous-nya sehingga tidak mengganggu aktifitas lainnya. Sssst, kalau moody nggak bisa diatasi, seharian bisa uring-uringan euy! Makanya saya suka bawa vitalis bodyscene di tas.  Kalau moody atau nervous bisa langsung semprot biar aroma wanginya menjadi mood booster, hihi. Be a good mood, guys!

Nah, boleh dong sharing pengalaman teman-teman mengatasi moody dan nervous? 💓 Aroma Vitalis mana yang teman-teman punya?

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

29 komentar

Write komentar
Nur Rochma
AUTHOR
21 Mei 2017 20.23 delete

Mba, koleksi Vitalisnya banyak. Btw kalau aku suka yang aroma bizzare.

Reply
avatar
Murtiyarini
AUTHOR
22 Mei 2017 00.50 delete

Wah punya 4 bisa gonta ganti aroma tiap hari. Bikim ceria

Reply
avatar
Inda Chakim
AUTHOR
22 Mei 2017 03.54 delete

Tos mbk, aku jg pakek viralis
Mmbntu bgd utk tampil lbh memesona
:)

Reply
avatar
Dian Ravi
AUTHOR
22 Mei 2017 06.58 delete

Iya moody itu paling ga enak. Apalagi kalau pas lagi minum obat-obat hormon. Aku biasanya milih ngeringkuk diem di kasur dan nonton film deh. Kalau terpaksa harus keluar rumah pakai wewangian memang membantu banget buat ngubah mood. Selain Blossom aku juga suka yang Bless

Reply
avatar
suria riza
AUTHOR
22 Mei 2017 07.18 delete

tampil depan umum itu tetep deg2an ya walau udah yang kesekian kali :").
aku suka e ini wanginya enak kalau dah lama, meskio pas awal baunya rada nyengat. Tapi pas agak lama ternyata enak dan nempellll

Reply
avatar
22 Mei 2017 11.10 delete

klo moody melanda aku sukanya tidur mba, krn dari tidur aku bisa merefresh ga hanya anggota tubuh tapi fikiran cocok bgt sama teori yang pernah aku baca.
klo nervous siy aku juga alamin biasanya aku hilangin dengan self talk "aku bisa" alhamdulilah bawaain training, presentasi sll lancar.
Klo untuk vitalis yang ini aku blm coba mba makasi review vitalisnya, gudluck y mba ^^

Reply
avatar
Evrinasp
AUTHOR
23 Mei 2017 04.23 delete

Keren euy, aroma mewangian memang bikin kita jadi rilex dan fresh lagi kok, beda aja rasanya setelah memyemprotkan aroma wangi sepertinya anggota tubuh juga ikut kebawa aromanya

Reply
avatar
23 Mei 2017 15.02 delete

wah harus tuh, penampilan harus dijaga dengan baik, ya karena bisa buat moody orang juga baik, kalo penampilan berantakan kan jadi gak enak orang lihatnya... hhe

Reply
avatar
Nisrina
AUTHOR
25 Mei 2017 15.09 delete

Waaaah senangnya punya 4 parfum dengan wangi yang beda :")

Bener banget emang kalau parfum itu bisa bikin nenangin diri. Kalau lagi moody atau nervous, aku lebih sering makan atau minum sesuatu yang berbahan dasar coklat, Mbaak :") Hihihihi.

Reply
avatar
APRIL TUPAI
AUTHOR
25 Mei 2017 17.14 delete

Bnr bgt mba wewangian bisa bikin mood jd bagus :)

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.20 delete

Iya Mbak Inda. Wanginya membuat rileks

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.20 delete

Belle wanginya enak kayak permen karet Mbak.hihi

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.20 delete

Tahan lama yak wanginya

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.21 delete

Coba yg belle dulu Mbak, enak wanginya

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.22 delete

Iya, apalagi kl seharian di luar ya Mbak. Wanginya pas

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.23 delete

Coklat? Waah bs dicoba kalo moody dateng2 lagi.hihi

Reply
avatar
25 Mei 2017 17.24 delete

Iya Mbak Pril, bisa rileks

Reply
avatar
Dapur Ngebut
AUTHOR
28 Mei 2017 14.30 delete

wah mood booster banget ya pake vitalis. mau coba ahh

Reply
avatar
Dwina Yusuf
AUTHOR
29 Mei 2017 10.19 delete

Aku blm pernah nyoba vitalis ini. Enak mana ya ...yg ungu ato yg biru...
Kayaknya pilih ungu deh.

Reply
avatar
29 Mei 2017 10.33 delete

Aku juga suka semprot2 parfum ke sprei, bantal, gorden sampe bantal kursi biar wangi semua hehehe

Reply
avatar
Een Endah
AUTHOR
29 Mei 2017 10.54 delete

Jadi tau bedanya moody dn nervous..sy pengemar vitalis, wangiu

Reply
avatar
Dewi Nuryanti
AUTHOR
29 Mei 2017 12.42 delete

Aku termasuk orang yang kurang pede, moody banget dan agak kurang nyaman jika harus berada dilingkungan yang baru banget. Perlu waktu beberapa saat utk adaptasi. Penampilan bisa bikin pede sich tapi yang terpenting adalah keyakinan dalam diri.

Reply
avatar
29 Mei 2017 13.16 delete

aku juga suka semuanya mba, tp favorit sekrg yang bizzare hehe

Reply
avatar
29 Mei 2017 15.46 delete

Aku kalau lg badmood suka setel musik keras-keras. Boleh juga nih ya coba pakai parfum Vitalis untuk memperbaiki mood.

Reply
avatar
Ristin
AUTHOR
31 Mei 2017 06.15 delete

Aku masih suka nonton horror mbak, bikin penasaran soalnya hehe... Tp klo horor asia aku ga mau nonton, kecuali ada temannya hehhe..

Reply
avatar
Leyla Hana
AUTHOR
2 Juni 2017 06.41 delete

Waaah banyak amat vitalisnyaa. Bagi dong Ayyy xixixi...

Reply
avatar
Ranny
AUTHOR
7 Juni 2017 07.56 delete

Menghirup aroma wewangian itu katanya bisa merelaksasi, bikin pikiran tenang. Emang cucok dah kalo lagi moody gitu ya, aroma bunga bisa menenangkan.
Jadi pengin beli vitalis dah :D penasaran

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)