Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

Jumat, Mei 26, 2017 1 Comments A+ a-

Saya sudah suudzon dulu waktu mau berangkat ke Samsat. Karena stereotip di benak saya tentang pengurusan administrasi di Indonesia seperti sudah terkenal berbelit-belit dan rumit seperti halnya sangkaan saya terhadap pengurusan BPJS sebelumnya. Apalagi kali ini saya harus mengurus perpanjangan STNK sekaligus ganti plat nomornya!
Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

Mbak Endang pun juga berpikir demikian. Karena pengalamannya mengurus STNK di Samsat Klaten sebelumnya, memerlukan waktu seharian.


Tapi hari itu kami keliru. Karena pelayanannya mudah dan cepat, tidak seperti apa yang kami sangkakan. Mudah karena dokumen kami lengkap. Cepat karena tidak banyak antrian.

Jadi, ceritanya Mbak Endang belum lama juga pernah memperpanjang STNK motor yang satunya lagi. Dia berangkat pagi dan pulang sore. Makanya dari rumah pun, kami juga berangkat pagi agar antrian tidak bejibun. 

Belum lagi harus ganti plat juga yang "katanya" harus dilakukan di Polres Klaten yang notabene lokasinya lumayan jauh dari Samsat. Kemungkinan pas Mbak Endang mengurus perpanjangan STNK kemarin, saat banyak-banyaknya orang yang kebetulan juga semangat memperpanjang juga. Sehingga antriannya berjubel yang mempengaruhi pelayanannya juga. Bayangkan kalau pas Mbak Endang yang datang pajak STNK 100 orang, sementara saya cuma 25 orang.

Untungnya, Samsat dekat dengan KFC, jadi kalau pengurusannya lama seperti drama pelunasan haji kemarin, bisa melipir kesana.hehe


Fyi, saya kemarin memperpanjang STNK dan ganti plat hanya membutuhkan waktu 2,5 jam. Memang sih cepat atau lama seseorang itu bersifat relatif, tapi menurut saya, rentang waktu segitu untuk mengurus dokumen secara offline sudah termasuk cepat.

Kalau teman-teman juga mau mengurus hal sama. Pastikan dokumennya lengkap:

1. BPKB
2. KTP pemilik motor
3. STNK
Kalau hilang bagaimana sist? Yaaaaah, harus ngurus administrasi lainnya dulu dong :p. Pertama, bikin surat kehilangan ke kantor polisi. Then, bawa BPKB asli atau fotokopy yang dilampiri surat keterangan dari leasing/dealer. Iklan koran. Iklan radi. Surat rekomendasi dari Kasat Lantas. Bawa kendaraannya buat cek fisik. Duh ya panjang bener kalau STNK hilang, ahaha.

Biasanya bukan STNK sih yang hilang, tetapi dompet dan seperangkat dokumen di dalamnya yang bikin rempong jaya. Makanya suka sering nyebut kan, udah deh ambil dompet sama duitnya tapi kembaliin SIM STK sama yang lainnya. Maunya sih nggak hilang ya sist, wkwkwk.


Kebetulan motor yang sedang saya urus adalah milik Bapak. Sehingga saya membawa dokumen asli untuk pengurusannya atas nama beliau.

Langkah-langkahnya:

1. Foto copy dokumen. Di dalam Samsat ada tempat foto copy kok. Tapi saya lupa kemarin di copy berapa. Saya hanya bilang sama petugasnya minta foto copy untuk perpanjangan STNK. Dan tanpa dkminta 2x, masnya memberikan foto copu tersebut. Cukup 2 ribu saja.

2. Cek fisik. Karena saya mau ganti plat baru, saya mendaftar untuk cek fisik motor dengan memberikan foto copy dokumen tadi. Saya dikasih beberapa lembar kertas dan disuruh untuk cek fisik dibantu petugas. Bayar 5 ribu.
Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

3. Ke bagian SPOPD
4. Dari SPOPD disuruh ke lantai 2 bagian pendaftaran.
5. Bagian pendaftaran. Saya diairuh mengisi formulir dan dikembalikan lagi ke petugas untuk diinput
Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

6. Ke bagian kasir buat pembayaran. Tidak berapa lama STNK yang baru sudah jadi.
Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

7. Mengambil plat nomor baru dengan mengumpulkan STNK. Dari beberapa proses, menurut saya poin 7 ini yang paling lama. Hehe
Memperpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Motor di Samsat Klaten

Setelah selesai, saya sama Mbak Endang cuma senyum-senyum karena prosesnya memang mudah dan cepat. Padahal dari rumah sudah menyiapkan energi dan waktu untuk mengurus perpanjangan STNK. Ah, maafkan prasangka kami yang sempat under estimate dengan administrasi di Indonesia.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

1 komentar:

Write komentar
5 Juni 2017 06.15 delete

Baca tulisan mbak Aya ini jadi ingat kalau aku harus ngurus stnk yang hilang seminggu lalu. Masih belum kebayang ribetnya mbak, semoga Samsat Bangkalan nggak mempersulit. :(

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)