Sharing Pengetahuan Kehamilan dan Launching Aplikasi “Hallo Bumil” di Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 Yogyakarta [Part 1]

Rabu, Mei 10, 2017 21 Comments A+ a-


“Ikut acara Prenagen di Ambarukmo, yuk?” Isi watsapp saya kepada seorang teman.

“Nggak ah, Mbak. Pasti disana banyak ibu hamil. Aku kan masih single, nanti aku dikira bunting..hehehe” jawabnya.

Branding Prenagen sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui oleh Kalbe Nutritionals sudah sangat melekat di masyarakat, sehingga saat menyebutkan namanya pun, mereka tidak jauh-jauh menghubungkan dengan “kehamilan”. Di satu sisi, branding tersebut sukses, tetapi di sisi lain, ada banyak informasi yang belum diketahui oleh masyarakat mengenai Prenagen. Contohnya, konsumsi Prenagen tidak hanya saat hamil saja, tetapi Prenagen juga bisa dikonsumsi untuk pasutri yang telah menikah dan sedang mempersiapkan kehamilan. Ada juga yang masih berasumsi bahwa susu prenagen hanya dikonsumsi untuk perempuan saja sedangkan suami tidak boleh meminumnya. Padahal, Prenagen bisa juga lho diminum oleh para suami.hehe

Asumsi-asumsi seperti itulah yang perlu diluruskan, termasuk mendapatkan pengetahuan mengenai kehamilan tidak hanya saat perempuan dinyatakan benar-benar hamil, tetapi pengetahuan itu sebaiknya diperoleh sedini mungkin. Jadi, untuk mengikuti event seperti PPEJ ini juga penting untuk perempuan yang mengaku single. Karena nantinya mereka juga akan menjadi calon ibu.

Adanya event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ)—Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil & Launch Pregnancy Apps dengan tema utama “Yang Terbaik untuk yang Teristimewa” sangat bermanfaat dan mengedukasi. Rangkaian acara pada 7 Mei 2017 yang berlokasi di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta tersebut sarat akan informasi dan pengetahuan mengenai kehamilan dan tumbuh kembang anak. Bagi saya pribadi, pengetahuan tersebut menjadi bekal untuk mempersiapkan kehamilan agar 1000 hari pertama kehidupan si kecil kelak tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Jam 07.30 saya sudah sampai di Hotel Royal Ambarukmo, yang kebanyakan mulai dipadati oleh ibu hamil yang antusias mengikuti PPEJ. Peserta PPEJ di Yogyakarta tidak hanya dari Yogyakarta lho, tetapi ada juga rombongan keluarga yang berasal dari Solo dan Semarang. Meskipun didominasi oleh ibu hamil, ada juga peserta yang masih single yang tidak kalah semangat mengikuti acaranya. Seperti yang saya bilang tadi, pengetahuan kehamilan sebaiknya dicari sedini mungkin sehingga saat benar-benar hamil, perempuan tidak gagap menghadapinya.

Setelah registrasi, saya berkeliling di booth-booth yang disediakan panitia. Saya menyimak di setiap booth karena masing-masing booth memiliki informasi yang sayang untuk dilewatkan. Nah, berikut cerita dari tiap booth yang disediakan panitia:

1. Bump to Birth Consultation

Saat sesi konsultasi, pihak dokter menjelaskan secara rinci menjawab keluhan ibu-ibu
Booth ini tepat berada di pintu masuk sebelah kiri meja registrasi, jadi nggak heran kalau banyak ibu-ibu muda yang mengantri untuk konsultasi. Sesi konsultasi berjalan hangat dan tidak kaku. Bahkan di booth konsultasi, sharing terjadi 3 arah: antara dokter, si ibu yang berkonsultasi dan ibu-ibu yang sedang antri. Mereka saling bertukar pengalaman dan sesekali menyimak solusi dan arahan dari dokternya. Dari konsultasi tersebut juga, saya disarankan untuk minum prenagen essensis untuk persiapan kehamilan. Dokter juga menjelaskan tips berhubungan sex agar cepat hamil. Dalam kesempatan itu, saya berkenalan dengan seorang perempuan yang usianya sebaya saya. Dia menceritakan sedang hamil muda setelah 4 bulan mengonsumsi prenagen essensis. 

2. Bump to Birth Nutricion

Nah, di booth ini seperti magnet yang menarik ibu-ibu. Ada Chef Eddrian Tjhia yang langsung mempraktikkan cara membuat smoothies. Kalau memang bosan minum susu, cara lain adalah dengan mengolahnya menjadi smoothies, ungkapnya bersemangat. Menu pertama yang dipraktikkan adalah smoothies ubi ungu. Chef Eddrian dengan luwes menjelaskan langkah-langkah membuatnya dan sekaligus menjelaskan kandungan ubi ungu yang kaya akan nutrisi. Kami yang hadir disana dibagikan hasil smoothies-nya. Enak sekali!

Chef Eddrian in action
“Suami saya boleh ngicipin, Chef?” tanya seorang seorang bumil yang menggandeng tangan suaminya.

“Oh tentu saja boleh. Bahkan anak-anak juga boleh kok menikmatinya” jawab chef Eddrian sambil tersenyum.

Ibu tersebut bertanya mungkin karena tahu Chef Eddrian mencampurkan Prenagen ke smoothies-nya. Sekarang paham kan? Kalau Prenagen juga bisa dikonsumsi oleh para suami, tidak hanya ibu hamil saja.

Dalam event ini, alhamdulillah setiap peserta mendapatkan buku menu yang isinya resep mengolah makanan sehat yang di-mix dengan Prenagen. Jadi, kalau bosan minum susu, para peserta bisa langsung praktik di rumah dengan panduan menu tersebut.

3. Bump to Birth Expert

Di booth ini peserta bisa berbelanja produk-produk Prenagen. Banyak peserta yang memanfaatkan momen ini karena selain belanja, mereka juga mendapatkan hadiah. SPG-nya menjelaskan dengan ramah kandungan dan fungsi dari masing-masing produk. Bagi yang sudah mengonsumsi tiap hari, mungkin sudah tahu manfaat Prenagen. Tetapi untuk yang baru pertama kali mengonsumsi, penjelasan tersebut sangat penting dan mencerahkan. 

Nah, mau tahu juga produk-produk dari Prenagen dan kandungannya? Here we go:
Prenagen menyediakan nutrisi terbaik untuk kehamilan Bunda 💓



4. Bump to Birth Corner

Di Booth ini, ada peragaan langsung bagaimana cara memandikan dan memijat bayi. Sebagian orang tua, apalagi yang baru pertama kali memiliki bayi, ada rasa takut untuk memandikan bayi. Apalagi saat membersihkan tali pusarnya. Padahal hal tersebut tidak perlu ditakutkan karena tali pusar itu jaringannya sudah mati. Jadi tali pusar memang harus dibersihkan agar tidak bau dan mencegah bakteri. Para orang tua juga teredukasi bahwa sebaiknya tidak menggunakan bedak setelah memandikan bayi karena taburan bedak rentan mengganggu pernafasannya.
Di booth ini dipadati peserta yang ingin menyaksikan cara memandikan dan memijat bayi dengan benar



5. Photo Booth

Saya juga ikut mengantri di photo booth ini. Ada pernak pernik dan ornament untuk kelengkapan saat foto. Booth ini tidak dilewatkan para pasutri untuk mendokumentasikan momen istimewanya.
Sharing Kehamilan di PPEJ Yogyakarta
Nggak mau ketinggalan untuk berpose di photo booth :)


6. Booth Launching Aplikasi Hallo Bumil

Booth terakhir yang saya datangi adalah booth launching aplikasi Hallo Bumil. Saya memang belum hamil, tetapi menyimak launching aplikasi Hallo Bumil bisa menjadi pengetahuan untuk mempersiapkan menjadi calon ibu. Karena setelah saya mengunduh aplikasinya, banyak artikel-artikel seputar kehamilan yang up to date.

Fenomena masyarakat yang beralih ke gadget-nya membuat PT Cakra Radha Mustika berinovasi untuk membuat aplikasi yang menyediakan informasi dan panduan kehamilan bagi ibu hamil. Maka, di tahun ini dalam acara PPEJ di Yogyakarta, PT Cakra Radha Mustika meluncurkan aplikasi Hallo Bumil.

“Kami sengaja meluncurkan aplikasi HALLO BUMIL di Prenagen Pregnancy Educational Journey karena sadar bahwa kami harus berusaha sedekat mungkin dengan konsumen terutama ibu hamil dan menyusui. Kami juga senantiasa memberikan yang Terbaik untuk yang Teristimewa sebagaimana tema yang kami usung di acara ini”, ungkap Pak Andreas Setiawan Santoso selaku Direktur PT Cakra Radha Mustika.

Hallo Bumil, Aplikasi untuk Para Calon Ibu


Aplikasi Hallo Bumil merupakan aplikasi kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada para bumil. Bekerja sama dengan tim medis berpengalaman, aplikasi ini dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan para calon ibu dari kacamata medis melalui fitur-fiturnya. 4 fitur unggulan tersebut antara lain:

Panduan Mengunduh Aplikasi Hallo Bumil dan Fitur yang ada di aplikasi tersebut

Fitur Timeline Kehamilan. Dengan fitur ini, calon ibu bisa memonitor perkembangan janinnya dari minggu ke minggu hingga melahirkan.

Fitur Artikel. Selain memonitor perkembangan janinnya, calon ibu juga membutuhkan informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan masa kehamilan. Di fitur artikel ini tersedia berbagai artikel yang up to date setiap minggunya dan dapat menjadi referensi para bumil.

Fitur Kontrol Kehamilan. Fitur ini tidak kalah penting dengan fitur lainnya, karena calon ibu bisa memonitor kehamilan lewat berat badan setiap minggunya.

Fitur album foto kehamilan. Dengan fitur ini, calon ibu dapat mendokumentasikan kehamilannya dari minggu ke minggu. Keren kan? 

Nah, untuk para ibu hamil, saya rekomendasikan untuk mengunduh aplikasi HALLO BUMIL di playstore atau bisa juga mengunduhnya disini karena informasi dan artikelnya bermanfaat sekali. Aplikasinya mobile friendly dengan bahasa artikel yang mudah dimengerti. Di acara PPEJ kemarin, beberapa calon ibu juga langsung mengunduhnya dipandu Tim Prenagen. 

Setelah puas berkeliling di booth-booth, peserta diarahkan panitia untuk segera ke hall room karena talkshow interaktif dan sesi sharing bersama para pakar serta brand ambassador Prenagen, Andien Aisyah, akan segera dimulai. 

Karena materi yang disampaikan oleh para pakar cukup banyak, maka saya menuliskannya di postingan terpisah. Ditunggu ya 💝💝


Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

21 komentar

Write komentar
Santi Dewi
AUTHOR
10 Mei 2017 08.04 delete

Ternyata memang susu itu bukan dikonsumsi saat hamil saja ya... persiapan kehamilan pun ada susunya :)

Reply
avatar
Reema Mifta
AUTHOR
10 Mei 2017 08.40 delete

Hohoo... Iya, aku jane pingin nyobain prenagen. Ada yg juice juga kan? Tapi takut dibilang hamil :D

Reply
avatar
Anisa Ae
AUTHOR
10 Mei 2017 08.46 delete

Seru sekali acaranya. :D Jadi menambah pengetahuan para bumil juga. :)

Reply
avatar
Ajar Masak
AUTHOR
10 Mei 2017 08.48 delete

Para bumil atau yang pengen tahu seputar kehamilan, wajib banget ya datang ke acara ini. :)

Reply
avatar
Ana Ike
AUTHOR
10 Mei 2017 08.57 delete

Aku dulu saat persiapan sebelum hamil Akta itu minumnya prenagen juga. Prenangen emesis apa ya namanya xixixi. Setelah hamil masih konsumsi prenagen juga karena cuma ini susu hamil yg paling enak dan bisa keminum di saat mual parah. Udah coba beberapa merk lain, gak suka. Dan ini ada aplikasinya?? Wajib banget download. Penting nih buat para ibu dan calon ibu hihihi. Sedih deh nggak jadi ikutan kemarin�� kehabisan tiket ��

Reply
avatar
Inda Chakim
AUTHOR
10 Mei 2017 11.44 delete

Wktuha,il dlu, kalau pgn cari informasi ttg kehamiln, harus browsing sana sini, skrg lbih mudah, ada aplikasi yg mmebahas seputr kehamilan seperti halo bumil ini.

Reply
avatar
Nisrina
AUTHOR
11 Mei 2017 21.33 delete

Baca cerita ini jadi rada sedih nggak bisa ikut dateng di acara kemarin :') Hiks.

Sedih juga gabisa ikut nyicip smoothies di booth-nya chef Eddrian . Heheuu

Reply
avatar
Ranny
AUTHOR
11 Mei 2017 22.55 delete

Sebelum hamil aku minum esensis hehehe sewaktu hamil tetep juga konsumsi prenagen. Memang benar prenagen ini udah lekat banget imejnya sebagai nutrisi untuk kehamilan.

Reply
avatar
Ade Anita
AUTHOR
12 Mei 2017 11.30 delete

aku dapat gosip nih dr temen2ku bahwa kalo mo hamil minum susu ini. bener gak sih itu?

Reply
avatar
12 Mei 2017 15.48 delete

Makin menyenangkan ya saat ini mengisi masa kehamilan dengan berbagai catatan seputar kehamilan itu sendiri. Ada aplikasi Hallo Bumil yg asyik gini.

Reply
avatar
12 Mei 2017 16.50 delete

pun aku juga baru tau mbak San

Reply
avatar
12 Mei 2017 16.50 delete

Yang jus juga enak mbak rim

Reply
avatar
12 Mei 2017 16.54 delete

Buat calon bumil juga lho :))

Reply
avatar
12 Mei 2017 16.56 delete

Siap2 buat calon adiknya Akta nih

Reply
avatar
12 Mei 2017 17.00 delete

Memabntu banget aplikasinya Mbaa

Reply
avatar
12 Mei 2017 17.07 delete

Brandingnya berhasil yak

Reply
avatar
12 Mei 2017 17.08 delete

Andien kemarin bilang gitu mbak. Temenku ngalamin juga, sekarang hamil 5 weeks :D

Reply
avatar
12 Mei 2017 17.09 delete

Seneng banget mbaaak, apalgi buat yang lagi promil. hihi

Reply
avatar
14 Mei 2017 07.07 delete

Wah, bermanfaat banget nih aplikasi bumilnya.
Andaikan dulu sudah ada tentu bisa meminimalisasi kecemasan kehamilanku.
Apa harus hamil lagi gitu?

Reply
avatar
Nurul Sufitri
AUTHOR
15 Mei 2017 14.48 delete

Wah jadi ingat pas saya hamil dulu, minum susunya Prenagen nih. Rasanya enak ga bikin eneg �� skrg ada aplikasi buat cek kehamilan juga ya makin canggih namanya Hallo Bumil bisa diunduh di playstore ya tq infonya mbak Ayaa.

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)