Blogger Gathering at Grand Tjokro Hotel Klaten

Sabtu, September 30, 2017 0 Comments A+ a-


Sabtu pagi, 23 September 2017, saya mendapatkan invitation dari KEB untuk menghadiri blogger ghatering di Grand Tjokro Hotel Klaten. Honestly, saya tertarik hadir karena memang dekat dari rumah. Alasan lainnya adalah, saya bisa berjumpa dengan blogger-blogger Klaten.

Acaranya hangat sekali, dibuka dengan breakfast yang diselingi dengan obrolan ringan mengenai potensi yang dimiliki Klaten hingga menceritakan tentang Grand Tjokro Hotel Klaten. Mbak Ayu menyambut kami dengan excited dan mengharapkan ke depan bisa terjalin kerjasama dengan blogger jika ada event-event menarik lainnya. 

Hotel Tour

Kurang lebih pukul setengah 10, Mbak Ayu dan Mas Herman dari Tim Manajemen hotel mengajak kami untuk hotel tour mengenalkan satu per satu ruangan yang ada di Tjokro Hotel Klaten. Dari hotel tour tersebut, saya bisa menyimpulkan beberapa hal:

Mengenalkan Menu Lokal

Saat breakfast, saya hanya membatin kenapa menunya identik dengan menu Jawa. Mulai dari aneka masakan bacem, bubur mutiara dan sum-sum, pecel dan nasi liwet. Menu lainnya seperti roti, omelet, nasi dan beberapa lauk tetap ada, tetapi pagi itu saya seperti sarapan di rumah sendiri karena masakannya nJawani. Ternyata saat saya menanyakan kepada pihak hotel, mereka mengusung konsep pangan lokal. Pagi itu resep makanan dari Jawa, dan untuk ke depannya, mereka berencana untuk mengusung makanan tradisional dari beberapa daerah di Indonesia. Yay! Pengunjung bisa dimanjakan aneka masakan nusantara, lho!




Bubur sum-sumnya enak sekali. Beberapa menu lain pun tidak mengecewakan lidah. Ah iya, berbeda dengan beberapa sajian nasi goreng yang berada di hotel lain, yang biasanya langsung tersaji. Di hotel ini nasi gorengnya made by order. Sehingga, penyajiannya dapat dinikmati dalam kondisi hangat. So yummy!




Friendly untuk Anak-anak

Di dekat restauran disediakan kids corner yang nyaman. Sehingga saat anak-anak bosan, mereka bisa bermain di area tersebut. Ada beberapa permainan yang bisa dicoba anak-anak. Kemarin pun salah satu anak dari teman blogger juga mencoba bermain di sana. Konsepnya menarik ya, pemilihan lokasi kids corner yang tidak jauh dari restoran memudahkan orangtua untuk memanjakan anaknya yang bermain tetapi tidak mengganggu sesi makan keluarga, karena lokasinya bersebelahan saja.

Fasilitas Lengkap

Menurut saya, untuk kapasitas hotel bintang 3, Grand Tjokro Hotel Klaten ini fasilitasnya lengkap.

1. Kamar yang Hommy

Ada 54 kamar dengan 3 tipe kamar yang disediakan: Suite (2 room), Deluxe (28 room) dan Superior (24 room). Untuk tipe Suite bisa menjadi rekomendasi menginap untuk keluarga karena kamarnya sangat luas. Bed-nya pun sangat comfortable, sehingga kesan hommy semakin melekat, hihi.

Untuk tipe Suite, kamar mandinya disekat kaca transparan tertutup gorden. Cocok banget kalau mau honeymoon atau baby moon, hihi. Di bagian depan ada ruang santai untuk duduk-duduk. Kamar ini dibandrol dengan harga 1,6 juta/day.


Nah, deluxe dan superior juga bisa dijadikan rekomendasi keluarga atau corporate saat ada acara. Deluxe lebih luas dari superior, sehingga jika teman-teman menginginkan suasana yang sedikit lega dan harga terjangkau bisa memesan tipe kamar ini.


Penasaran? Teman-teman bisa nyobain sendiri staycation ke hotel ini :)

2. Ball Room dan Meeting Room

Nah, kemarin saat hotel tour, kami juga diajak melihat ball room dan meeting room. Ball room Borobudur sangat luas. Biasa direservasi untuk acara wedding party. Eh, tapi untuk acara kantor juga bisa kok! Untuk acara wedding, ball room ini berkapasitas 700 tamu dengan model standing party. Dengan arsitektur yang megah, lampu kristal yang mewah, dengan relief borobudur sesuai namanya.


Prambanan hall lebih kecil dari borobudur. Ruangan tersebut berkapasitas 250 tamu (model standing party). Biasanya ruangan ini untuk meeting corporate. Ada 3 tipe meeting room: mendut, kalasan dan sewu. Nama ruangannya sangat unik karena menggunakan nama-nama candi, sehingga mudah diingat oleh para pengunjung, termasuk saya.hehe.


3. Free wifi

Fasilitas ini krusial lho, apalagi untuk yang bekerja secara mobile dan bergantung dengan internet. Saat blogger gathering kemarin saya menggunakan wifi untuk posting beberapa foto ke sosial media. Menurut saya, wifi-nya lancar dan memudahkan saya untuk stalking beberapa foto rekan blogger lainnya yabg kebetulan juga mengadakan blogger gathering dengan hotel yang dikelola oleh SAS Hospitality.

Oh iya, acara ini juga diselenggarakan di hotel grand tjokro yang lain: Jakarta, Jogja secara serentak. Dengan wifi hotel, saya juga bisa menyaksikan kemeriahan mereka yang diupload di sosial media.

4. Spa, Terrace Coffee and Karaoke

Bagi pengunjung yang mau rileks, bisa mencoba spa atau karaoke untuk melepas penat. Untuk yang hobby ngopi, disana juga ada terrace coffe lho. Setelah ngopi trus spa, atau sebaliknya? Hihi.

5. Batik Lounge

Nah, di dekat resepsionis ada batik lounge. Yang gemar mengoleksi atau mengenakan batik, bisa melihat-lihat sejenak koleksi batik saat menginap disana.

Lokasi Strategis

Setelah membahas tentang fadilitasnya, hal yang tidak kalah penting untuk memilih hotel adalah lokasinya. Lokasinya sangat strategis karena berada di tengah kota, sehingga memudahkan pengunjung untuk bergerak kemana saja. Untuk yang berada di luar kota, akses ke stasiun Klaten cuma 5-10 menit. Selain itu, aksesnya pun juga mudah dijangkau jika teman-teman turun di bandara Jogja.

Memang sih, Klaten tidak memiliki mall seperti Jogja atau Solo. Tetapi, teman-teman bisa mengunjungi wisata atau kulinernya yang tidak kalah dengan kedua kota tersebut. Ada Prambanan, Gondang Winangun yang setiap sore ramai dikunjungi warga sekitar untuk foto-foto, rowo jombor dengan kuliner sea food yang menggugah selera, umbul ponggok bagi yang hobby berenang dan berfoto di bawah air. Nah, akses ke beberapa tempat wisata tersebut mudah dan cepat dari Grand Tjokro Hotel Klaten.

Harga Kompetitif

Nah, pertimbangan lain saat memilih hotel adalah pada harganya. Ada promo menarik dan beberapa paket hemat yang bisa menjadi pilihan teman-teman untuk beberapa keperluan. Mulai dari table manner package seharga 100.000/pax dengan fasilitas spesial ruangan selama event, free photo corner, sertifikat, handbook. Biasanya paket ini di-book untuk acara kantor atau seminar-seminar yang diadakan oleh kampus. Paket ini bisa menekan budget anggaran lho!

Selain itu juga ada paket meeting yang dibandrol mulai harga Rp.35.000 nett. Fasilitas yang diberikan adalah ruangan meeting, sound sistem standar, layar LCD & projector, standar amenitis dan koneksi wifi gratis.

Oh iya, bagi yang merencanakan menikah dan ingin menyelenggarakan resepsi di gedung, Grand Tjokro Klaten juga menyediakan paket kawin heboh, hihi. Harganya mulai dari Rp. 6.500.000 ++. Tempatnya di Ball Room dengan arsitektur yang megah. Free ruang untuk make up dan free 2 jam karaoke serta berbagai variasi menu makanan prasmanan yang bisa dipesan. Yang tidak kalah ketinggalan, pasangan pengantin mendapatkan tarif kamar khusus buat bulan madu *mupeng: mode on

Harganya benar-benar kompetitif bukan? Yuk manfaatkan sesuai kebutuhan.

Informasi tentang hotel, promo dan fasilitas hotel saya dapatkan dari Mbak Ayu yang menjadi guide kami saat hotel tour. Di akhir acara, pihak Grand Tjokro Hotel Klaten melanjutkan ngobrol sambil memberikan kuis yang berhadiah voucher. Ternyata takzim menyimak penjelasan dari Mbak Ayu sangat berguna, karena saya bisa menjawab 3 pertanyaan dari beberapa pertanyaan yang diberikan, ekekeke. Suasananya sangat cair. Saat ngobrol pun, kami disuguhi dessert yang lumer.

Oh iya, yang mau reservasi di Grand Tjokro Hotel Klaten, teman-teman bisa langsung datang ke Jalan Pemuda Selatan 42 Klaten. Atau bisa via phone: 0272-333388, fax: 0272-333377, email: klaten@grandtjokro.com atau bisa kepoin website resminya di www.grandtjokro.com/klaten

Kehangatan acara kemarin sempat saya rekam dan posting di youtube. Watch it out ya!

Selamat berakhir pekan teman-teman, bahagia selalu :)

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)