Cek Kandungan di dr. Nanik Nurhayati SPoG Klaten

Selasa, November 14, 2017 1 Comments A+ a-


Setelah mengetahui hasil test pack menunjukkan strip dua, saya dan suami berencana untuk periksa ke dokter kandungan (nanti saya cerita di pos terpisah ya). Sebelumnya, sepupu saya merekomendasikan dr. Zamzuri dan bahkan memberikan nomor hp beliau. Saya menanyakan jadwal praktik beliau via watsapp dan tidak beberapa lama beliau membalasnya. Entah itu nomor pribadi beliau atau suster ya, tetapi dari membaca balasannya yang sopan, saya langsung tahu kenapa sepupu saya memilih beliau menjadi dokter kandungan dan merekomendasikannya.

Karena belum sempat, kami baru memeriksakan kandungan seminggu kemudian. Ah iya, saya nggak jadi periksa ke dr. Zamzuri melainkan dr. Nanik Nurhayati, S.Pog. Saya googling dan akhirnya sms terlebih dulu untuk sekadar bertanya apakah bisa reservasi by sms atau harus langsung datang. Asistennya membalas kalau bisa daftar via sms.

7 Weeks

Tanggal 18 September saya datang ke kliniknya yang berlokasi di Mlinjon. Setengah 5 masih sepi tapi ternyata sudah banyak yang mendaftar juga. Saya mendapat antrian nomor 19 yang kira-kira diperiksa jam setengah 9, ahaha. Kami pulang dulu dan kembali lagi sebelum jam tersebut. Oh iya, ada 2 asisten yang membantu dr. Nanik dan keduanya sangat friendly sekali. Saya pun disuruh sms kapan pun waktu jika ada keluhan atau pertanyaan seputar kehamilan.

Kayaknya antrian dibatasi sampai 20, karena setelah saya masih ada 1 ibu hamil lagi yang periksa. Di ruangan periksa saya langsung menunjukkan test pack saya yang saya tes 2x, beliau juga menanyakan kapan Hari Terakhir Haid Pertama saya. Dr Nanik sangat keibuan, menyuruh saya rebahan untuk di usg. Saya melihat layar dengan berkaca-kaca. Beliau menunjukkan kantong bayi dan menjelaskan kalau usia kandungan saya kurang lebih sudah 7 weeks.

Setelah di usg, beliau juga bertanya-tanya apakah selama kehamilan ada keluhan seperti mual muntah. Saya pun mengiyakan, dan beliau meresepkan obat pereda mual. Saya bercerita masih mengkonsumsi asam folat dan folavit sehingga beliau tidak meresepkannya lagi. Dr Nanik hanya menambahkan dosis minumnya yang sebelumnya asam folat hanya sehari sekali (400mg), sekarang menjadi 2x sehari.

Biaya periksa yang semula saya perkirakan mahal, ternyata malah lebih murah untuk ukuran periksa kandungan. Administrasi 5rb, usg 40rb, obat mual 60rb dan jasa dokter 60rb. Totalnya 175rb. Obat mualnya saya minum kalau memang benar-benar mual, yaiyalah emang ada yang pura-pura? Ahaha. Maksudnya kalau saya udah give up tiap makan muntah, apa yang masuk jadi keluar. Dr Nanik juga menasihati kalau perut jangan sampai kosong. Mual dan muntah saya itu wajar karena penyesuaian hormon HCG. Kalau sudah melewati trimester pertama biasanya hilang sendiri.

Antri Banyak

Bagi yang rumahnya jauh, teman-teman bisa menunggu sambil nonton tivi di klinik, ehehe. Atau bisa keliling Klaten sambil kuliner (kalau ga teler, ahaha). Antrinya memang banyak, dan 1 pasien bisa lumayan lama tergantung case-nya sih kalau yang ini. Ruang tunggunya juga nyaman kok.

Fyi, selain buka praktik sendiri, dr Nanik juga praktik di RSI Klaten. Saya sih pengen waktu yang fleksibel biar bisa dianterin suami, jadi memilih ke klinik yang pendaftarannya bisa via sms. Cuma kalau bawa mobil, parkirnya agak susyah, heuheu.

Nah, insya Allah saya akan kembali lagi saat usia kandungan 10 atau 11 weeks buat periksa dan usg ke dr. Nanik. Daridulu saya tipikal gak suka gonta ganti dokter kecuali mendesak banget. Sepertinya saya akan periksa disini terus, hihi. Selain karena keramahannya, alasan dokter wanita menjadi alasan kuat lainnya. Karena lebih nyaman dan bisa konsultasi apa saja.

Nb: draft ini sudah selesai lamaaaaaa sekali, namun baru sempat diposting. Entah mengapa sampai sekarang saya masih takjun kalau dalam rahim saya ada benih yang saat mengetahuinya, mata saya deras sekali mengucur air mata haru.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

1 komentar:

Write komentar
16 November 2017 09.46 delete

alhamdulilah selamat mba AYa barengan kitah hehehe semoga sehat selalu yah..
btw murah amat biaya dokternya masih 60rb di sini udah 2x lipatnya hahhaha

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)