Featured Slider

Tips Memilih Bantal Menyusui yang Tepat


ASI merupakan asupan nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 6 bulan. Dan idealnya, pemberian ASI bisa berlanjut hingga 2 tahun. Bagi ibu bekerja, bisa menyiasati dengan memompa ASI-nya agar saat cuti habis, persediaan asi untuk anaknya mencukupi. Berkali-kali saya meleleh saat menyaksikan teman kuliah rajin memompa asinya di tengah berjuang menyelesaikan tesis.

Setiap ibu pasti memiliki keinginan untuk memberikan asi ekslusif untuk anaknya, termasuk salah satu cita-cita saya yang insya Allah sedang menunggu kelahiran anak pertama. Karena kandungan yang ada pada asi memang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Dengan menyusui juga banyak manfaat yang bisa didapatkan bagi para ibu. Selain itu juga untuk menjalin kedekatan dengan buah hati. Nah, agar proses menyusui menjadi jauh lebih nyaman maka banyak diantaranya yang memanfaatkan bantal menyusui.

Setelah browsing dan membaca beberapa testimoni, saya tertarik sama bantal untuk menyusui. Produk yang satu ini berbeda dibandingkan dengan bantal pada umumnya, baik dari segi bentuk dan juga fungsi. Cukup banyak yang menjual produknya di pasaran dengan harga yang terjangkau. Berikut ini sedikit tips yang  bisa menjadi referensi saat hendak membeli produk bantal untuk menyusui ini, diantaranya adalah:

1. Ukuran

Pertimbangan ukuran ini sangat penting khususnya adalah menyesuaikan dengan bentuk tubuh dari bunda, sebagian diantaranya ada yang memiliki bentuk tubuh kecil sehingga pemilihan bantal juga bisa lebih mudah, agak sulit bagi mereka yang memiliki bentuk tubuh besar, karena harus mencari ukuran lubang di bantal yang besar juga. Agar proses menyusui berlangsung lebih nyaman.

2. Bahan

Pemilihan bahan ini juga tak kalah penting, karena mempertimbangkan pada kenyamanan ketika menggunakannya. Hendaknya pilihlah bahan bantal yang tidak menyebabkan rasa gatal apalagi alergi, tentunya kita tahu dong bahwa kulit bayi tergolong sensitif.

3. Pilah-pilih motif dan juga warna

Dari segi tampilannya sendiri juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan, apalagi untuk buah hati, akan lebih baik jika memilih bantal dengan warna yang cerah juga beragam motif cantik. Kalau saya suka warna hijau atau biru yang netral dengan jenis kelamin anak, hihi.

4. Harga

Ada cukup banyak pilihan harga dari bantal menyusui ini mulai dari yang 50-an ribu rupiah, hingga ratusan ribu rupiah, menyesuaikan dari merk dan juga kualitasnya. Kita juga dapat membelinya secara mudah lewat toko online, ada banyak pilihan barang disana.

Lalu bagaimana cara yang tepat menggunakan bantal ini untuk menyusui, agar lebih nyaman? Nah, ini nih cara memakai bantal menyusui:

Posisikan bantal di tempat yang tepat, biasanya adalah menggunakan sebuah sofa atau ditaruh di atas tempat tidur, posisi ini menjadi bagian yang sangat penting untuk dipertimbangkan sehingga nantinya tangan kita tidak pegal ketika menyusui. Hindari posisi badan yang terlalu membungkuk karena akan menyebabkan rasa sakit di punggung.

Letakkan buah hati di atas bantal, bagi yang memiliki bayi kembar maka nantinya proses menyusui bisa dilakukan secara bersamaan dan jadi semakin lebih mudah dilakukan. Cukup dengan menempatkan mereka di bagian kanan dan juga kiri sejajar dengan posisi dada, sehingga proses menyusu bisa jadi jauh lebih mudah.

Mulailah untuk menyusui buah hati, proses menyusui bisa dilakukan secara nyaman, jika ingin menidurkan si kecil maka bisa dilakukan sambil mengelus mereka. Hal ini nantinya membuat mereka menjadi lebih mudah tidur pulas. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bantal untuk menyusui kenyataannya produk tersebut juga bisa digunakan sebagai bantal tidur buah hati.

Sifat bantal menyusui yang portable memudahkan Anda untuk membawa bantal tersebut kemana-mana, khususnya di dalam kendaraan juga. Pilah-pilih produk yang tepat untuk kebutuhan menyusui buah hati menjadi lebih nyaman. Asi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk si kecil, untuk itu lebih disarankan pemberian asi eksklusif.

Nah, selamat mengASIhi ya ibuk-ibuk. Ada yang mau sharing tentang mengASIhi? Lets drop your comment below ya :). Ssst, bantal ini juga bisa untuk ibu bamil lho. Jadi bisa beli pas lagi hamil sekalian dipakai pas menyusui biar nyaman. Yay! Praktis kan ya.

13 komentar

  1. Sekarang bantal menyusui makin banyak pilihan dan motifnya lucu2 ya mbak.. Salam kenal

    BalasHapus
  2. memakai bantal menyusui dapat membuat ibu-ibu lebih rileks yaa Mba Ayaa sehingga asi-nya bisa lebih banyak keluarnya :)

    BalasHapus
  3. Lucu ya..ada bantal menyusui..
    Biasanya pakai bantal tidur biasa..hehe

    BalasHapus
  4. Lihat bentuk dan model bantalnya lucu dan tampak unik. Jadi pengen segera punya dede nih :)

    BalasHapus
  5. Waktu si adek blum lahir sempet kepengen beli bantal menyusui tp gak jd hehehe

    BalasHapus
  6. baru tau malah ada bantal khusus menyusui :)

    BalasHapus
  7. Aih skarang ada aja ya inovasinya. DUlu aku menyusui ya pakai bantal biasa aja, mba. Yang penting agar tangan nggak pegal :p

    BalasHapus
  8. wuih, kalo bantal kek gitu, bukan cuma bayi yang nyaman, emakny juga nyaman, bisa kan ya itu dipake di kepala emaknya, hahahah

    BalasHapus
  9. Punyaku yg bundar, jadi kayak bawa meja gitu, hihihih. Dulu waktu Faraz sih masih rajin pake itu apalagi masih baby kicik gitu, naah klo Adek Fawwaz cuma waktu beberapa minggu aja hihihih, lebih asyik gendong langsung. Tp itu bantalnya saya naksir waktu hamil, tp gak kebeli, mahalan ongkir deh kenanya 🙄

    Sehat teruus ya Bumil 😆😆

    BalasHapus
  10. bantal menyusui sekarang lucu - lucu sih, bagus juga untuk kado :)

    BalasHapus
  11. Nanti kalau udah punya istri dan baby aku bilangin istriku deh
    Sekarang mah belum

    #JombloNgenes

    BalasHapus
  12. Duuhh ini lucu-lucu amat motifnya, apalagi yang polkadot kesukaanku banget.

    BalasHapus
  13. Issshhh, pas zaman aku hamil dan baru lahiran, ga kepikir beli bantal ini hahahah.. Jdnya sering pegel tangan pas awal2 nyusuin si bayi. :D

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)