Suka Duka Admin ODOJ Masa Kini

Sabtu, Desember 12, 2015 0 Comments A+ a-

2 tahun seperti baru kemarin. Berlalu seperti angin, begitu cepat. Banyak hal yang membekas dan terus belajar untuk selalu istiqomah. Membawa 3 grup yang semoga menjadi ladang pemberat kebaikan.

Kapan mengenal ODOJ?
Sebenarnya dulu hanya iseng membaca di FB dan langsung mendaftar. Alhamdulillah ditempatkan di grup yang saling peduli satu sama lain. Dulu waktu saya menjadi member, terus terang sangat vokal sekali sama member lain yang kholas dan reportnya tidak ontime, sering nyinyir kepada admin untuk menegur mereka yang akan mempengaruhi kondisi grup. Untung punya admin yang sabarnya seluas samudera (*tsaaah).
Naik-turun dinamika grup, ada yang datang dan pergi. Tetapi sampai sekarang masih terjaga tali silaturahimnya. Belum pernah bertatap muka namun seperti keluarga. Hingga akhirnya saya diminta untuk menggantikan posisi menjadi admin. Dan ternyata setelah menafakuri tugas dan tanggungjawab admin itu, masya Allah :D. Seiring berjalannya waktu, saya belajar untuk tidak nyinyir dan vokal lagi. lebih ke pendekatan secara personal. Makanya, saya memastikan bahwa saya tahu alasan kenapa tidak bisa kholas tepat waktu atau sama sekali tidak bisa kholas hari itu. Sehingga saya bisa memberikan treatment-nya. Apakah harus sama’an atau membaca tarjim.
Bagaimana Tanggung Jawab?
Mengetik aksara ini saja saya bergetar. Semoga saja saya bisa mempertanggungjawabkan amanah ini. Sampai saat ini, saya memegang 3 Group. Setiap hari memposisikan sebagai teman untuk member ODOJ yang jumlahnya hampir 90 dengan karakter yang berbeda-beda dari usia sekolah, kuliah, dan berbagai profesi. Alhamdulillah banyak hal yang positif yang dapat diambil dalam masa pendekatan dengan member grup.
Kenapa saya nyinyir saat ada yang belum kholas dan anteng-anteng saja? Karena setiap member ada andil saya yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban L. Saat saya sudah menunaikan kewajiban dengan mengingatkan, atau setidaknya treatment untuk bisa kholas tepat waktu tetapi member tidak mengindahkan, itu masalah lain.
Yang perlu dijadikan catatan, saat satu member tidak kholas, oasenya akan terbawa ke member yang lain. Karena satu grup itu adalah saling tarik-menarik. Maka, tugas dan peran admin disini diperlukan untuk mengkondisikan grup tetap stabil. Memberikan motivasi agar semua member dapat kholas semua tepat waktu.
Jadi, tanggung jawab Admin tidak hanya memastikan grup-nya kholas. Tetapi menjaga ruh di grup tetap hidup, tidak hanya sekadar menjadi ajang untuk report tetapi grup sebagai sharing hangat dan bertukar energi untuk saling menyemangati.
Suka-Duka Admin
Ini poin yang akan saya bahas untuk mengevaluasi 2 tahun berada di lingkaran grup ini. Dari komunitas ini saya berlajar banyak hal. Belajar untuk tertib kholas dulu sebelum menertibkan orang lain. Belajar untuk MARAH DAN TEGAS DENGAN ANGGUN (ini asli bahasa apaan,ahaha). Marah dengan anggun itu saat menghadapi member yang report kayak puasa Daud, sekarang report-besok enggak-trus report lagi-trus enggak lagi.
Saya juga mendapat banyak kenalan dari mulai mahasiswa, ibu rumah tangga, dokter, guru mulai belia sampai yang saya sebut bunda-pun ngobrolnya juga nyambung. Saya berusaha menempatkan diri sebaik mungkin, meskipun belum optimal.
Kalo lagi nggak semangat trus ngapain? Saya melihat mereka, bahwa mereka berhak melihat adminnya strong dan baik-baik saja :D. Sampai saya menulis di tembok kamar besar-besar “ADMIN HARAM BUAT GALAU—FUTUR”, AHAHA. Saya biasanya melakukan hal-hal yang membuat rileks agar kembali nyaman untuk bertugas lagi.
Dukanya apa dong? Kalau pada gak kholas jamaah L. Kalo bilang “udah merahin aja gapapa”, kalo sms gak dibalesh L, kalo whatsapp gak di read padahal status online, kalo whatsapp di read tapi gak dibaleeees. Dan kalo pada ngambek gak jelas pas ditanyain “udah kholas belum sayangku?”, huks. Itu pertanyaan udah paling natural penuh kasih dengan bumbu cinta yang pas lho. Tapi Insya Allah saya tidak akan jera, tidak akan sebal (eh sebal sebentar ding—gapapa, ya?), saya akan tetap menjalankan tugas semampu saya. Karena apa? Karena saya sayang mereka. Saya ingin ukhuwah ini tidak hanya di dunia, tetapi berlanjut ke syurga, insya Allah (T-T).
Trus Tips biar jadi Admin Masa Kini yang strong dan ketje bhadai, piye?
Satu, setiap hari saya menyetting niat dari dan untuk Allah. Selalu begitu. Mengenyahkan rasa jumawa, rasa –paling bisa dan rasa-rasa yang bisa memusnahkan semua, termasuk dengan posting ini pun saya benar-benar memerah niat karena Allah agar isinya tidak disalahpahami.
Dua, tahan banting sama memeber-member yang bandel. Mereka membutuhkan admin yang galak-tegas tapi tetap anggun memesona. Gak masalah dicuekin, yang masalah adalah kita cuek saat mereka apatis. Dekati secara personal sentuh hatinya dengan cinta yang membara :p. Cinta karena Allah maksudnya J.
Tiga, selipkan mereka dalam doa kita. Ini yang sering terlupa. Sebutkan nama mereka satu per satu. Jangan sampai nama member sendiri tidak tahu. Aduh duh. Gitu kok nyuruh member sayang sama admin #plaaak.
Empat, menjaga ruhiyah. Kondisi ruhiyah admin sangat memperngaruhi kondisi grup. Coba saja check! Saat admin sedang futur, pasti di grup juga pada males-malesan report dan kholas.
Lima, ADMIN HARAM BUAT FUTUR LAMA-LAMA. UDAH ITU AJA!
Sejak launching pertama kali ODOJ di Istiqlal 2 tahun lalu, banyak yang berbondong-bondong untuk ikut di dalamnya. Daaaan, semoga kita konsisten dalam mentadaburi Al-Qur’an yang merupakan google maps menuju surga.
Untuk para kesayangannya akuuu, maafkan bila belum maksimal dalam memandu. Semoga Allah menghimpun kita dalam golongan insan yang bertakwa. Amin :*
Sayang kalian semua #peluksatu-satu
Cheers,


Ayaa-- 

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)