Featured Slider

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas. Simak Yuk!



Kulkas (refrigerator) atau yang kita kenal juga dengan sebutan lemari es (freezer) adalah satu dari sekian elektronik rumah tangga yang sangat dibutuhkan modern ini, terutama untuk menyimpan berbagai jenis makanan maupun bahan makanan berupa sayur, ikan, daging, dan lain sebagainya.

Sebelum menikah, saya sudah woro-woro sama suami kalau salah satu benda yang wajib dimiliki adalah KULKAS. Selain saya penggemar minuman dingin, saya juga hobby menyimpan makanan di kulkas agar lebih awet.

Meskipun nggak demen masak, saya seringkali menyimpan sayur untuk keesokan harinya dimasak. Saya bisa masak kok! Masak mie rebus dikasih sawi banyak *dikeplak*.

Nah, saking sukanya menyimpan makanan di kulkas, saya pernah ditegur sama suami kalau memang ada beberapa hal yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Yang sebelumnya nggak tahu, setelah pillow talk tentang isi kulkas jadi paham dan tidak menyimpannya dalam kulkas lagi. Oh iya, berikut adalah beberapa daftarnya beserta alasannya:

1. Minyak zaitun

Saat hamil, saya mengonsumsi minyak zaitun. Awalnya nggak doyan blas, tapi demi Ray, hal yang nggak enak tetep nggak enak, ahaha. Tapi allahumma paksakeun (niat apa ini!).

Oh iya, saya tidak menaruhnya di kulkas. Karena menempatkan minyak zaitun di lemari es akan menyebabkan minyak tersebut mengembun dan berubah menjadi beku seperti layaknya mentega. Seperti minyak lainnya, minyak zaitun sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Pas banget deh, habis minum, minyaknya dikasih di meja rias deket tempat tidur.

2. Melon

Sejak kecil saya suka banget sama buah ini. Kalau nggak inget punya darah rendah (darah saya biasanya pas di angka 90/110), pasti udah nyemilin buah ini deh tiap hari. Buah melon memang rasanya sangat segera apabila didinginkan terlebih dahulu. Tapi sayang, melon yang dimasukkan ke dalam lemari es dapat menyebabkan nilai gizinya berkurang. Huhu.

Jika tetap ingin mengonsumsinya dalam keadaan dingin, biasanya saya membungkus melonnya dengan plastik wrapping setelah dipotong-potong, atau dimasukkan dalam tupperware saat dimasukkan ke kulkas. Tapi seringkali kalau beneran lagi pengen, saya memasukkannya ke freezer biar jadi es. Trus dicelup ke susu coklat. Aaaa, slurrrpp!

3. Pisang

Biasanya ibu beli pisang yang belum matang banget. Yang agak keras trus beberapa hari baru matang sendiri. Nah, jika pisang belum matang, sebaiknya diletakkan ditempat yang bersuhu hangat. Karena apabila dimasukkan ke dalam lemari es, pisang akan jadi sulit matang.

Makanya kalau dibeliin pisang ibu, beliau meletakkannya di atas meja. Selang 2 atau 3 hari kemudian, pisangnya akan matang satu per satu. Tinggal lep lep lep!

4. Alpukat

Sama seperti pisang, biasanya ibu membelinya dalam kondisi mentah. Matangnya kalau sudah beberapa hari. Kalau mau cepat matang karena keburu pengen dibuat jus, biasanya alpukatnya ditaruh di dalam beras (kayak ditanam di dalam beras gitu).

Kalau alpukatnya masih mentah trus ditaruh di lemari es akan menyebabkan proses pematangan pada alpukat jadi terhambat. Malah nggak enak jadinya.

5. Madu

Saya pikir kalau meletakkan madu di kulkas akan awet. Ternyata pemikiran saya keliru. Lemari es  justru dapat menyebabkan madu mengkristal dan kental serta kasar. Sebaiknya madu di depan di tempat yang sejuk agar tetap segar dan pastikan tempatnya tertutup dengan rapat.

6. Roti

Menyimpan roti di lemari es akan membuatnya terasa keras dan alot. Selain itu, lemari es ternyata juga dapat menyebabkan roti lebih mudah basi karena suhunya yang lembab dan dingin. Nah loh, ternyata nggak semua yang disimpan di kulkas bikin awet kan.

7. Bawang putih

Bawang putih sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Memasukkannya ke dalam lemari es akan menyebabkan bawang jadi lebih kenyal dan mudah bertunas. Bisa-bisa, bawang putihnya bakalan tumbuh karena bertunas di lemari es, ahaha.

8. Tomat

Kulkas akan menyebabkan kerusakan membran pada tomat yang dapat mempengaruhi rasanya. Pernah ngrasain nggak kalau tomat yang disimpan di kulkas rasanya lebih kecut?


9. Bawang merah

Bawang merah akan mudah busuk apabila disimpan di dalam lemari es. Sebaliknya, biasanya saya menyimpan bawang merah di tempat yang kering dan berventilasi baik serta gelap. Karena ternyata lebih awet dan nggak cepat busuk.

10. Kentang

Idealnya kentang disimpan dengan kardus yang kering dan berada di tempat yang sejuk. Menyimpannya di dalam kulkas akan menyebabkan pati kentang berubah menjadi gula sehingga rasanya agak manis dan berpasir serta terlihat kehitam-hitaman setelah dimasak.


Memilih Kulkas

2 tahun terakhir, saya suka membeli barang-barang via online. HP, alat masak dan alat rumah tangga lainnya saya beli di toko online. Kalau mau beli kulkas, saya merekomendasikan teman-teman untuk mencari di toko online yang terpercaya. Mengapa? Karena toko online saat ini sudah banyak yang jual kulkas murah dari merek-merek terkenal seperti Samsung, Sharp, Polytron, Aqua, hingga Panasonic.

Jika ingin membeli kulkas maupun berbagai perangkat rumah tangga dengan harga murah dengan diskon dan promo yang banyak, saya sarankan kamu berbelanja di online shop Bukalapak. Cobain deh kepo ke websitenya yang menyediakan beberapa alat-alat rumah tangga https://www.bukalapak.com/c/rumah-tangga

Selain memilih tempat belanja yang tepat, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu. Karena ada saat-saat di mana toko online kerap menawarkan promo menarik dengan diskon dan cashback dalam jumlah besar.

Misalnya, ketika harbolnas (hari belanja online nasional) yang jatuh setiap tanggal 12 Desember, serta tanggal-tanggal cantik di bulan-bulan berikut ini yaitu:

Tanggal 9 bulan 9
Tanggal 10 bulan 10
Tanggal 11 bulan 11

Intinya, berbelanja menjelang akhir tahun adalah waktu yang paling tepat jika kamu ingin beli berbagai macam kebutuhan. Mulai dari perangkat elektronik rumah tangga seperti kulkas, AC, mesin cuci, lemari, karpet, alat untuk bersih-bersih, bumbu dapur, perabotan dan lain sebagainya.

Dan, saya pun sengaja merekomendasikan Bukalapak sebagai tempat berbelanja karena memang, toko online yang satu ini banyak menjual kulkas branded dengan harga murah. Saya sendiri sudah membuktikannya. Diantara beberapa kulkas yang laris dan banyak dibeli di online shop satu ini antara lain:

Sharp Kulkas SJ-X165 MG SJX165 dijual dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan

Kulkas 2 Pintu Aqua Aqr-D275r Inverter dijual dengan harga Rp 3 jutaan

Kulkas Sanyo Aqua D270 2 Pintu dijual dengan harga Rp 2,6 juta

Kulkas Polytron Belleza 3 dijual dengan harga sekitar Rp 2,8 jutaan

Dan masih banyak yang lainnya *berasa jadi sales, ahaha.

Selain harganya murah, belanja di BUKALAPAK bisa dengan mencicil. Pasalnya, saat ini Bukalapak sudah menyediakan fitur BukaCicilan yang bisa kita gunakan untuk kredit barang tanpa harus punya kartu kredit seperti yang selama ini kita tahu.

Jadi kalau budget-mu sangat terbatas dan sedang butuh kulkas. Langsung saja klik web Bukalapak yang jual kulkas dengan harga murah serta menawarkan pembayaran dengan cara kredit tanpa harus punya kartu kredit.

Tapi jangan lupa, agar bisa menggunakan fitur ini kamu perlu menginstal aplikasinya di smartphone berbasis Android atau iOS.

Oh iya, ketika belanja online di bukalapak, kita juga perlu mempertimbangkan biaya kirimnya. Agar total biaya belanjamu jadi murah, pastikan kamu mencari pelapak yang lokasinya berada satu kota atau dekat dengan tinggalmu terlebih dahulu.


Read More »

Rekomendasi Resto Makan dengan Bumbu Kari India yang Khas di Jakarta


Siapa yang suka makan kari unjuk tangan tinggi-tinggi. Sayaaaaaaa ☝.

Membayangkan kuah kentalnya dan aromanya yang seringkali menusuk hidung, membuat saya jatuh cinta dengan kari. Sayang sekali, saya belum menemukan masakan tersebut di Klaten. Karena rindunya, saya sampai membuat indomie rasa kari, ahaha. Padahal biasanya cinta mati sama indomie soto.

Ketika masih bekerja di Jakarta, kantor saya dekat dengan salah satu resto india yang menyediakan menu kari. Ini awal saya menyukai kari, karena sebelumnya hanya biasa saja. Apalagi ada roti canai (eh bener nggak nulisnya? :D)

Kuliner di Ibukota memang terbilang sangat lengkap, termasuk untuk urusan kuliner Luar negeri. Saya pikir, secara keseluruhan Jakarta hanya didominasi resto masakan Jepang china yang biasa terdapat di mall-mall. Namun, setelah dicermati lebih mendalam, ternyata banyak resto yang menjual menu masakan Korea dan India. Kalau Korea terkenal dengan ramen dan kimchi, India populer dengan masakan karinya. Sahabat saya yang traveling ke India sempat menceritakan pengalamannya kalau disana dia makan kari tiap hari, ahaha.

Karena sudah pernah mereview masakan korea, kali ini saya mau gantian membahas tentang menu kari yang notabene menjadi menu sehari-hari di India. Secara keseluruhan, tipikal masakan khas dari India relatif sama dengan masakan khas Indonesia, hanya saja negara Bollywood tersebut tidak mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, melainkan roti gandum sebagai pengganti nasi. 

Berbeda dengan masakan jepang yang butuh beberapa penyesuaian dengan lidah Indonesia, masakan India ternyata sudah cukup sesuai dengan lidah orang Indonesia sehingga sekali mencoba. Sushi mungkin enak bagi beberapa orang, tapi bagi sebagian yang lain tidak cocok di lidah (seperti saya). Beberapa kali nyobain sushi tetap saja nggak doyan :(.

Kalau menu kari, mungkin lebih friendly di lidah Indonesia dibandingkan sushi. Saya langsung menyukai masakan khas India. Bahkan ada soto kari, mie goreng kari ayam dan beberapa masakan kombinasi lainnya yang ada sentuhan karinya, ahaha.

Oh iya, bagi yang tertarik untuk menikmati makanan khas India, berikut ada beberapa rekomendasi restoran yang menyediakan masakan Khas India di Jakarta (Semoga saja besok bisa mereview di Klaten :D):

Kinara

Kinara merupakan salah satu restoran yang menyediakan masakan khas India di daerah Kemang. Nah, karinya bersahabat kok di lidah orang Indonesia. Jadi, kalau teman-teman butuh referensi kare yang enak, kalian bisa kesini. Pelayanannya juga ramah sehingga terkesan hommy. Gawat banget kalau saya dekat disini, bisa-bisa timbangan bakal geser ke kanan karena sering mlipir kemari.

Disini pengunjung bisa menikmati berbagai menu masakan India lainnya yang autentik. Harga hidangan pada restoran ini pun tidak semahal yang dibayangkan. Selain suguhan masakan khas India, kalian juga akan dimanjakan dengan desain interior yang sangat khas dengan bangunan India. Makan disini seakan membuat kalian lupa bahwa kalian sebenarnya masih berada di Jakarta, ahaha.

Queen’s Tandoor

Resto kedua adalah Queen's Tandoor yang ada di Thamrin. Restoran khas India ini juga menawarkan sensasi makan seolah-olah berada di India. Bukan cuma menu masakan yang khas, namun penggunaan piring, mangkuk dan gelas nya pun menyesuaikan dengan kebudayaan India. Di sini teman-teman bisa menikmati berbagai menu masakan khas India didampingi roti canai yang di isi nasi. Berkunjung ke tempat ini, kalian disarankan untuk mencoba menu Palak Shorba atau Sup bayam khas yang dihidangkan bersama cream dan cumin.

Selain itu, cobain juga menu handi chicken curry yang disajikan di mangkuk dari tanah liat. Bumbu karinya bikin nagih dan ayamnya empuk sekali. So yummy!

Go! Curry

Bumbu kari India memang terkenal khas dan cukup banyak kemiripan dengan beberapa jenis kari di Indonesia. Di tempat ini, kalian akan disuguhi makan roti canai yang di cocol dengan kari ayam khas India. Resep kari ayam di tempat ini betul-betul persis dengan kari ayam yang terdapat di India sehingga rasa yang autentik akan kalian dapatkan saat makan di tempat ini.

Hazara Indian Cuisine

Bagi yang memiliki kemampuan finansial berlebih, kalian boleh sesekali berkunjung ke restoran khas India ini. Hazara memang merupakan restoran India mewah dengan harga hidangan yang sangat mahal. Untuk 2 porsi makanan saja, kalian sudah harus mengeluarkan uang sebesar 500 ribuan, ahaha. Sesekali bolehlah nyobain makan kemari.

Dari harganya saja dapat tergambar bahwa hidangan dari restoran ini sangat berkualitas dan mewah. Baru percaya istilah "ada harga ada rupa" ketika jajan disini. Karena memang harganya worth it sama rasanya. Salah satu yang menjadi menu pembuka favorit di tempat ini adalah Punjabi Samosa yang dikabarkan memiliki cita rasa yang enak.

Koh-E-Noor

Restoran satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Jakarta. Restoran ini berada di plaza festival di jalan Rasuna Said, Kuningan. Lokasinya yang strategis, berada di pusat kota membuat restoran satu ini selalu ramai pengunjung. Di sini kalian bisa menikmati berbagai menu khas India yang sesuai dengan lidah Indonesia seperti roti canai yang dicampur kuah kari khas Indonesia. dijamin rasa yang ditawarkan tidak akan jauh-jauh dari cita rasa khas India yang familiar di lidah Indonesia, karena cara membuat kari ayam khas India di sini sudah mendapat beberapa penyesuaian untuk lidah Indonesia.

Demikian beberapa rekomendasi restoran khas India yang terdapat di jakarta. Bagi kalian yang tidak mau repot berkunjung ke restoran tersebut, kalian sebenarnya juga bisa membuat hidangan khas India sendiri di rumah, apalagi untuk menu kari khas India, di internet sudah banyak terdapat resep bumbu kari India sederhana yang bisa kalian terapkan.
Read More »

Jatuh Cinta dengan Keindahan Alam dan Budayanya, Yuk Miliki Liburan yang Sempurna di Geopark Terpopuler di Indonesia

Sampai saat ini, sama punya keinginan terpendam untuk berwisata bersama keluarga. Bertiga saja, saya, suami dan Ray. Penginnya sih mencari tujuan wisata yang tidak hanya menyajikan keindahan alam, tapi juga mengenalkan pada budaya dan adat setempat yang menarik. Kelihatannya rempong bawa bayi berwisata ke tempat-tempat seperti itu, tetapi saya saaaangat excited.

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh mencari tiket pesawat ke luar negeri, karena kita (eh saya ding) bisa menjadikan geopark kebanggaan Indonesia sebagai tujuan wisata. Serunya lagi, 6 di antara 40 geoheritage sudah diakui UNESCO sebagai geopark atau taman dunia lho. Di mana saja, ya? Simak bareng yuk! Siapa tahu teman-teman juga ada yang mupeng berwisata ke geopark juga kan.

Gunung Batur

Source: merahputih.com
Jika teman-teman memiliki rencana liburan ke Bali atau bahkan sudah menggenggam tiket pesawat yang dibooking dari Traveloka (karena banyak promo euy!) ke Bali, luangkan jadwal ke Gunung Batur yang merupakan geopark yang pertama diresmikan UNESCO. Dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia, kawasan ini juga memiliki danau berbentuk bulat sabit dengan panjang 7,5 kilometer. 

Selain keindahan letusan gunung yang terdiri dari kaldera ganda dan danau ratusan ribu tahun yang lalu, masih ada 21 situs warisan alam yang tersebar di sebagian besar wilayah Kecamatan Kintamani. Salah satunya Museum Geopark Batur yang menyimpan peninggalan dari letusan Gunung Batur.

Geopark Gunungsewu

Source: antara foto
Lokasi geopark ini meliputi 3 kabupaten yaitu: Gunung Kidul, Pacitan, dan Wonogiri. Geopark seluas 1802 kilometer persegi ini memiliki 33 situs alam atau geosite. Keindahan alamnya pun terus menarik perhatian para wisatawan, mulai dari Kali Ngalang, Gua Jomblang, Bejiharjo, Pantai Wediombo, dan Karangmojo.

Selain keindahan alamnya, Geopark Gunung Sewu ini juga kekayaan arkeologi berupa budaya manusia pra sejarah yang dikenal dengan Budaya Pacitanian. Tidak heran jika Geopark Gunungsewu ini akhirnya ditetapkan UNESCO sebagai bagian dari Global Geoparks Networks pada September 2015 dan akan kembali divalidasi pada tahun 2019 yang akan datang. 

Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu, Jawa Barat

lampungpro.id
Setelah resmi masuk sebagai UNESCO Global Geopark, nama geopark yang berada di Jawa Barat ini namanya kian populer. Tak heran jika tiket pesawat maupun transportasi lainnya terus diburu untuk menikmati 13 titik lokasi wisata unggulan dari 24 lokasi wisata yang seirng dikunjungi wisatawan. Bukan hanya menyuguhkan keindahan alam, kawasan ini juga menjadi bukti terjadinya tumbukan lempeng tektonika samudera dengan lempeng benua.

Geopark Kaldera Toba

Source: tobacalderageopark.com
Sempat mengalami beberapa pergantian nama dari tahun 2011, akhirnya Geopark Kaldera Toba ini diresmikan pada 27 Maret 2014. Pusatnya tak lain adalah Danau Toba, yang terbentuk dari letusan gunung berapi sepanjang 87 kilometer. 
Banyak even tradisional yang disuguhkan di kawasan ini, salah satunya Festival Danau Toba yang digelar pada bulan Desember 2017. Selain budaya dan pemandangan alamnya, Geopark Kaldera Toba ini juga memiliki keragaman hayati dan geologi yang tak dimiliki geopark lainnya.

Rinjani UNESCO Global Geopark

Source: Abdul Fatah
Banyak wisatawan yang membeli tiket pesawat ke Nusa Tenggara Barat dengan tujuan mendaki gunung yang jadi impian banyak pendaki di seluruh dunia. Letusan besar gunung yang terjadi ratusan ribu tahun yang lalu menghasilkan kaldera, danau, dan kerucut aktif Gunung barujari. 

Selain menyimpan bukti geologi, geopark ini juga memiliki keragaman flora dan fauna endemik dan ragam budaya masyarakat  yang menarik. Tidak heran jika Geopark ini dimasukkan ke dalam UNESCO Global Geopark bersama Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu pada tahun 2018.

Yuk, jadikan geopark populer Indonesia ini sebagai destinasi liburan serumu selanjutnya. 
Read More »

Ray 6 Bulan

Hallo Ray! Selamat 6 bulan. Semangat MPASI ya ❤. Selamat lulus ASI tingkat pertama juga. Ibu saaaaaaayang banget sama Ray.


6 bulan ini Ray ngapain aja? Bisa apa? Amazing banget deh pokoknya. Ibunya juga belajar hal-hal baru seiring bertumbuhnya kamu, uwuwuwu.

Bisa Bilang Papa

Demi apa ya, Ray. Kamu 24 jam sama Ibu. Main, bobo, nenen, mandi, eek, pokoknya semua aktifitas hampir semuanya sama ibu, tapi kata pertama yang Ray ucapkan adalah "PAPA". Papapapapa gitulah. 

Ibuku sampe ketawa kegirangan, takjub karena cucunya bisa mulai ngomong. Sesimpel bilang papapapa seharian. Sederhana sekali ya bahagianya? Padahal mungkin bagi orang lain, itu hanya sebuah gumaman seorang bayi.

Lulus Asi Eksklusif

Ray lulus ASI. Selain obat karena demam, dia minum ASI full. Saya memang bertekad mau memberikan ASI sampai 2 tahun. Pernah memompa, tapi karena kurang pengetahuan sempat macet pumping dan lebih memilih langsung meminumkan (direct breasffeeding).

Di usia 6 bulan, dia sudah fasih nungging sana sini. Jadi kadang lupa lagi nenen, dia refleks narik puting sampai sakit. Huhu. Semakin teriak, dia semakin kenceng nggegetnya. Kata ibu, itu belum seberapa, tunggu aja kalo besok Ray punya gigi, bakal lebih ekstrim lagi. Buset! :(

Buat mengakalinya, biasanya saya meluk-meluk sambil ngajak ngobrol dan mengusap-usap punggung atau kepalanya. Tapi kalo dia lagi khilaf, ya gitu, nenen sambil akrobat :(. Karena makin teriak saya makin babak belur, saya memilih memencet hidungnya biar dia melepas nenennya. Sakit, Le :((.

MPASI

Saya memberi MPASI Ray, saat usianya tepat 6 bulan. Banyak tetangga yang menyarankan ngasih MPASI saat usianya 5 bulan, tapi saya kekeuh ngasihnya 6 bulan saja. Ketika usianya masuk 5 bulan, dia sudah antusias buat makan. Tiap saya makan, mulutnya ikut gerak dan tangannya ingin memegang apa yang saya makan.

Saya beli bubur tim organik, titip Mbak Endang sekalian nganter Khansa sekolah. Awalnya lahap banget. Tapi setelah seminggu, Ray GTM, ahaha. Saya nggak maksain Ray harus makan karena niatnya, saya mengenalkannya saja.

Dari perkenalan itu saya tahu kalau Ray suka banget sama buah dan telur. Dia bisa khusuk nyesep-nyesep melon. Dia juga lahap banget sama alpukat, padahal menurut saya agak pahit.

Pas saya makan telur rebus buat booster asi, ternyata dia ngliatin. Saya menyuapi kuning telurnya, eh dianya mau dan lahap. Bahkan habis 3/4 nya. Keesokan harinya saya suapin telur lagi dan antusias. Sampai sekarang dia idola banget sama telur rebus.

Liburan di rumah eyang sebulan full (nggak setengah-setengah)

Thank you buat Papi udah diijinin ke rumah eyaaaaaang. Gak tanggung-tanggung, sebulan lebih, ahaha. Ini rekor banget. Setelah ga LDR dan punya anak, paling banter seminggu di rumah Bapak Ibu.

Kompensasinya, saya jadi rajin ngirim foto ke Papinya, nyritain seharian Ray ngapain aja. Lahap apa gak makannya. Nyenyak ga bobonya. Dan video call juga. Padahal 2 hari sekali ketemu, tapi tetep aja, katanya kangen, ahaha.

Bapak saya tiap pagi ada rutinitas, nungguin Ray bobo. Bener-bener ditungguin sampai tidurnya nyenyak. Biasanya setengah jam tidur aja udah jempol, lha ini sampai 2 jam an. Ternyata Bapak nungguinnya totalitas, ngepuk-puk pantat, ngusap-usap dada, sambil ngipas pelan-pelan biar nggak dihinggapi lalat sama nyamuk. Kalau siang juga sama. Bapak melarang Lintang sama Khansa mendekat, takut Ray bangun. Keduanya patuh, ahaha.

Nyungsep

Ini bikin saya kaget banget, huhu. Jadi ceritanya, saya lagi demam karena ASI saya macet (PD-nya mengkal). Sudah dibawa ke puskesmas dan diresepkan dokter. 2 hari beneran cuma tidur sama bangun buat salat. Alhamdulillah Ray ga rewel meskipun nyusunya kayak ogah-ogahan. Nah, pas saya tidur, dia mainan sendiri di kasur. Saya ada di sampingnya dan di kasih bantal guling di setiap sudut kasurnya.

Entah bagaimana, kepalanya ada di bawah, tangannya ingin merengkuh sesuatu di kolong meja, huhu. Untung kasurnya ga pake dipan, kalau pake dipan entahlah :(. Ray juga diam saja, ga nangis atau apa, padahal kepalanya udah nyungsep ke bawah lho. Pas tahu, saya langsung mengangkat dan menggendongnya. Kepala masih kliyengan tapi hati deg-degan karena kaget.

Mau merangkak

Ray sudah fasih tengkurap bolak balik. Pantatnya kadang terangkat dan kakinya memanjat seakan mau merangkak. Cuma tangannya belum mau mengangkat buat menopang tubuhnya, jadi merangkaknya belum sempurna.

Dia lebih memilih guling-guling buat pimdah tempat, makanya sudah riskan kalau ditinggal sendiri. Takutnya nyungsep lagi :(.

Ikut tes cpns Ibu

Oh iya, Ray ikut saya ke Jogja buat tes cpns. Saya agak was-was dia rewel. Tapi saya percaya kalau dia akan tenang sama eyangnya. Sebelum masuk ujian, saya main dulu sambil menyusuinya. Dia nggak mau pake dot makanya saya menyusuinya dulu sampai kenyang.

Kata Ibu, dia sempat rewel (mungkin tahu kalau ibunya pening ngerjain TIU, ahaha), dan akhirnya tidur. Pas saya keluar ruangan, dia masih pulas. Saya menggendongnya dan menciumnya. Baru kali ini meninggalkan Ray agak lama. 1,5 jam, ahaha. Biasanya kan nempel kayak perangko dikasih lem castol *lebay*

Sehat selalu ya sayangku! :)
Read More »

Hadiah untuk Diri Sendiri

Saya suka memberi hadiah, kado atau kejutan kecil untuk orang terdekat. Biasanya kalau salah satu dari mereka sedang ulang tahun. Saya juga tidak malu-malu mengucapkan rasa sayang atau cinta, bahkan memberi sebuah pelukan.


Misalnya saat pulang ke rumah bapak dan ibu, selain mencium punggung tangan keduanya, saya juga memeluk sebagai luapan kangen. Setelah itu, menghampiri Iqbal, Lintang sama Khansa dan memberikan pelukan juga satu per satu. 

"Bulik sayang banget sama Mbak Khansa", ucap saya. Dulu dia malu-malu, tapi lama-lama dia terbiasa dan membalasnya dengan ciuman sambil bilang "Aku juga saaaayang banget sama Bulik".

Bulan lalu, saya membelikan Bapak HP. Sebenarnya Mas Joko yang berinisiatif membelikannya. Dia mentrasfer uang biar Bapak punya HP yang bisa dipakai video call. Tanpa diminta dua kali, saya langsung searching HP yang sesuai budget dan kebutuhan Bapak. Awalnya beliau menolak karena takut nggak bisa mengoperasikannya. Tapi saya meyakinkan kalau saya akan mengajari sampai bisa. Dan saya yakin, kalau menelpon atau video call pada anak-anaknya, beliau pasti bisa. 

Selang beberapa hari, Lintang yang butuh HP untuk komunikasi. Dia sudah bertekad masuk club badminton idamannya, sehingga kelak dia akan membutuhkan gawai untuk berkomunikasi dengan Bapak dan Ibunya. Ketika juara 1 turnamen badminton di Magelang, hadiah uangnya mau dipakai untuk membeli HP. Lagi-lagi saya yang kebagian membelikan. Akhirnya dapat juga HP yang sesuai Lintang.

Hadiah untuk Diri Sendiri

Nah, kali ini saya ketiban apes. HP kesayangan saya mati total. Sudah dibawa ke beberapa counter, pegawainya bilang kalau lcd-nya kena. Huhu. Dan biaya reparasi setara dengan biaya beli HP baru. 

Sudah 2 Minggu saya menimbang mau beli atau nggak, tapi HP yang sama idamkan harganya masih tinggi. Bisa sih beli yang di bawah standart, cuma pertimbangannya, HP ini akan saya pakai untuk bekerja. Jadi, speknya juga harus mumpuni. 

Makanya, saya memutuskan untuk sabar untuk membeli dan menunggu ada diskon atau promo, hehe. Sementara itu saya meminjam HP suami dulu untuk "bekerja". Pekerjaan sebagai influencer dan tutor salah satu perguruan tinggi swasta menuntut saya harus mobile.

Setiap hari harus membuat konten dan sesekali mengoreksi tugas mahasiswa yang ada di e-learning. Sebelum ada Ray, saya bisa leluasa memakai laptop, tapi pas Ray lahir, HP menjadi "alat perang" yang sangat efektif dan efisien karena saat menggendong Ray saat tidur, saya bisa memainkan keypad untuk urusan pekerjaan. Fungsinya tidak hanya untuk komunikasi tapi juga bekerja. Jadi, ketika HP rusak, saya sempat sedih karena semua data hilang dan beberapa pekerjaan jadi terbengkalai.

Kali ini saya ingin menghadiahi diri sendiri dengan membeli HP yang kamera dan videonya oke, selain itu RAM dan storage-nya banyak. Sehingga tidak hang ketika harus dioperasikan.

November Ceria

Sepertinya Allah mendengar doa saya. Bulan November beberapa invoice cair dan tentunya bisa dipakai untuk membeli HP. Alhamdulillah.

Sempat merasa sayang uangnya bisa untuk beli ini dan itu, tapi sesekali saya mau menghadiahi diri sendiri. Memilih barang yang memang bagus dan sesuai kebutuhan. Setelah diskusi sama suami, saya mantap beli HP xiaomi A1.

Seperti sebelumnya ketika membelikan HP Bapak dan Lintang, saya lebih suka membeli secara online. Selain hemat waktu karena nggak perlu survey ke counter satu per satu, biasanya saya nunggu promo atau diskon dari online shop.

Setelah searching, saya dapat informasi kalau tanggal 11 November 2019 akan ada diskon besar-besaran dari beberapa marketplace. Fyi, tanggal 11 November ternyata diperingati sebagai Hari Belanja terbesar di dunia baik online dan offline.

Dalam kesempatan ini, Lazada juga ikut memanjakan pelanggan setianya dengan mengadakan Festival Belanja 11.11. Saya pun penasaran dong! Setelah saya kepo di aplikasinya, ternyata memang benar, kalau Lazada akan mengadakan diskon besar-besaran selama 24 jam di tanggal 11 November. Can't wait!

Dan, di Lazada 11.11 besok, HP incaran saya juga ikut diskon. Saya pun tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Oh iya, selain dapat diskon, di lazada juga gratis power bank lho. Asyik banget!

Fix, sudah punya HP idaman sebagai hadiah diri sendiri. Dan tentunya membelinya dengan harga yang lebih murah karena ada Lazada 11.11, sehingga bisa menghemat uang buat beli popok Ray *eh*.

Teman-teman punya wishlist barang yang mau dibeli untuk diri sendiri juga? Yuk ikutan Lazada 11.11 bareng saya. Sesekali (eh berkali-kali juga boleh) mengapresiasi diri sendiri bolehlah.

Read More »