FUN BLOGGING-8 : Bangun dari Mati Suri Menulis

Kamis, Januari 07, 2016 20 Comments A+ a-


Menulis bisa menjadi self healing yang mujarab. September lalu, saya sedang galau hebat akan 2 pilihan (*tsaaaah), dan pelarian saya adalah dengan menulis. Sudah mengenal dunia blog sejak 2012, tetapi belum mahir dalam maintanace blog tersebut, maksudnya belum mengetahui secara mendalam kalau blog dapat menjadi mata pencaharian (juga).

Baru tahun 2015, kenal komunitas blogger, termasuk Mbak Shinta Ries yang melihat performance-nya membawakan materi per-codingan Cuma bisa menganga sambil bergumam “Kemana aja gue?”, ahaha. Akhirnya pertengahan tahun ini, asyik menjadi silent reader di beberapa blog yang membuat saya tergerak untuk ikut untuk juga aktif posting di blog.




Alhamdulillah, di akhir tahun 2015 bisa ikut di acara super keren—FUNBLOGGING 8, yang diinisiasi oleh Mbak Haya Aliya Zakki, Mbak Shinta Ries dan Mbak Ani Berta. Tidak hanya itu, saya juga bertemu dengan penulis-penulis blog yang sebelumnya tulisannya saya nikmati di sela-sela istirahat kantor atau pas naik KRL.

Seperti Fun Blogging yang diadakan sebelumnya, FUN BLOGGING 8 mengangkat tema “dari hobi jadi profesi”. Menulis yang semula merupakan hobby, ternyata saat ditekuni bisa menjadi profesi (entah part time atau full time). Workshop yang diadakan pada sabtu 19 Desember 2015 di Gratia Center Graha telematika Jl. Ciputat Raya No.62, Pondok Pinang – Kebayoran Lama berlangsung sangat santai dan meriah. Santai karena  para blogger-nya sangat hangat meskipun sebelumnya belum pernah bertemu dan meriah karena hadiahnya melimpah, ehehe. Yaiyalah, sponsornya acara ini saja ketje bhadai (sengaja alay :D) ; Iwita, DAG, Snappy ponpin, QWords, Pixy juga Nutrisi Bangsa.

Sebelum acara dimulai, Mbak Haya membuat games kecil-kecilan tapi seru. Setiap peserta diminta untuk menuliskan impiannya di kertas post it yang telah disediakan. Meskipun tulisannya kayak cakar ayam, tapi masih bisa dibaca. Sayang banget, kertas punya saya hilang, tetapi saya ingat betul dengan apa yang saya tuliskan, “Liburan ke Eifell”. Kalau ditanya kenapa, saya juga nggak tahu. Sejak SMP suka banget mengoleksi menara Eifell dari mulai gambar bahkan miniaturnya. Dengan games tersebut Mbak Haya secara tidak langsung menyuruh kami untuk berpikir out of the box. Keluar dari zona nyaman kami. Atau dengan kata lain, memandang “sesuatu” dari sudut pandang yang berbeda.

Setelah riuh dengan games tersebut karena saking semangatnya dengan impian masing-masing, Mbak Haya meminta kami untuk memerhatikan ke depan karena materi akan segera dimulai.


How Great a Content—Haya Alya Zaki

Dalam materi pertama ini, Mbak Haya menekankan tentang ruh dan kekuatan konten untuk mempengaruhi pembaca. Beliau juga memberikan perbandingan tentang blog-blog yang dikombinasikan dengan gambar, ada juga blog yang isinya hanya tulisan tetapi membuat pembaca tidak enggan untuk menyelesaikan sampai akhir.




Selain itu, Mbak Haya menjelaskan secara mendetail mengenai EYD, teknik penulisan yang baik dan prinsip 5W + 1H. Menarik sekali saat penjabaran Mbak Haya menjadi bahan untuk evaluasi tulisan-tulisan saya. Nggak tanggung-tanggung, 13 tips agar tulisan bertenaga juga dijelaskan satu per satu. Kalau mau tahu tentang tipsnya, kindly follow the next Fun Blogging :*.

Nutrisi Bangsa dari Sari Husada

Salah satu sponsor acara Fun Blogging 8—Sari Husada yang bernama Mbak Dewi menguraikan tentang program “Nutrisi untuk Bangsa”. Melalui program ini, Sari husada bertujuan untuk meningkatkan kepedulian akan masalah-masalah gizi di Indonesia dengan gencar melakukan edukasi melalui media sosial baik web, twitter, maupun facebook.


Dalam kesempatan itu, Mbak Dewi mengenalkan beberapa konten di web Nutrisi Bangsa yang dapat diikuti oleh para blogger untuk berpartisipasi dengan menulis artikel di web tersebut. Tema yang ditulis mengenai gizi, parenting, tumbuh kembang anak, kesehatan dan lain-lain. Dari beberapa artikel tersebut akan dipilih “member of the month” sebagai apresiasi Sari Husada terhadap penulis yang aktif memposting di Web. Kemarin saya sempat ikut kompetisi menulis “Mengapresiasi diri sendiri” yang diadakan nutrisi bangsa. Nah, kalian juga bisa berpartisipasi di web tersebut lho.

Selain itu juga ada program “Jelajah gizi” yang mengikutsertakan beberapa blogger untuk ekspedisi ke suatu daerah dengan tujuan menggali potensi pangan lokal di Indonesia.

Ssst, ternyata sudah ada aplikasi nutrisi bangsa lho di Play Store J. Nah, untuk yang tertarik dengan program-program Nutrisi Bangsa, bisa visit web-nya di : Web Nutrisi Bangsa, Twitter Nutrisi Bangsa, FB.

Advancing Your Blog Platform—Shinta Ries

Saya mau bikin pengakuan yang mungkin nggak penting. Di sesi ini saya ngantuk hebat, huks. Entah efek kekenyangan karena makan siangnya enak banget atau karena posisi tempat duduk yang pas untuk tidur :D. Tetapi materinya tetap nyantol kok, karena di follow-up dengan membaca materi yang sudah di email panitia, hihi.

Di materi kedua ini, Mbak Shinta menjelaskan tentang pentingnya mempercantik wajah Blog agar pembaca nyaman dan betah saat berkunjung. Karena saya benar-benar blank tentang istilah-istilah dalam blog—SEO, Web Master, Google analityc, TLD dan yang lainnya. Dengan bahasanya yang sederhana, saya cukup memahami tentang hal-hal tersebut.

Mbak Shinta juga  menjelaskan tentang pemilihan lay out yang elegan. Menurutnya, lay out yang bagus berwarna putih dan minimalis. Tidak terlalu banyak ornamen seperti musik,  salju atau widget yang memberatkan pembaca saat membukanya. Selain itu, kita juga ditekankan untuk mengoptimalkan media sosial yang kita miliki sebagai tempat share untuk blog kita.

By the way, ini juga pengakuan yang nggak penting selain saya sempat mengantuk di sesi ini, saya suka dresscode Mbak Shinta pagi itu, warnanya biru (minta ditampol :D).


source-- sempat gagal fokus sama dresscode Mbak Shintaaaa (maafkeun cik-gu, etapi kamu emang cantik syekaliii :D)

How to Monitize Your Blog trough Branding—Ani Berta

Setelah ishoma, materi selanjutnya diisi oleh Mbak Ani Berta. Mbak Ani menjelaskan tentang benefit sosial dan materi dari media sosial. Bagaimana cara mendapatkan uang dari media sosial tersebut. Banyak sekali jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan dalam blog; Review produk, peluncuran produk, penyelenggaraan give away, kampanye elektabilitas tokoh dan masih banyak lagi.

Yang membuat mupeng dan semoga ini bukan penyakit  FoMo (*eh), Mbak Ani juga terbuka tentang isi rekeningnya, ahaha. Meskipun blog sebelumnya belum TLD, tetapi fee yang didapatkan sangat fantastis. Beliau menegaskan bahwa kekuatan konten dan personal branding lah salah dua faktor yang membuat agency memberikan penawaran yang tinggi untuk seorang blogger. Selain itu, Mbak Ani tidak pelit membagikan tips-tips agar blogger dapat memperoleh job review, job twitter dan job-job lainnya yang berbau dengan Blog dan media sosial.


Semoga jariyah untuk mereka bertiga yang udah memprakarsai acara keren ini :)

Testimoni tentang FUN BLOGGING 8

Setelah acara, semua peserta tumpah ruah. Apalagi kalau bukan bagi-bagi doorprize dan goody bag plus foto-foto. Di akhir acara tersebut saya mengira bahwa semua peserta berasal dari jabodetabek, ternyata ada yang jauh-jauh dari Yogyakarta demi ikut acara ini.
Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari keluarga Fun Blogging 8. Yang saya dapatkan dari Fun Blogging 8 adalah :


1.      Networking
Tidak bisa dipungkiri, setelah acara tersebut saya masih merasakan euforia nya. Bahkan samapi kebawa mimpi dan saya update di twitter dengan mention Mbak Haya, ahaha. Karena kemarin acaranya padat sekali, jadi nggak bisa kenalan satu per satu. Semoga di lain kesempatan bisa bertemu mereka. “Eh, kemarin ikut Fun Blogging 8 juga ya” :p.

2.      Ilmu dalam Perbloggingan
Yang dulunya kurang peduli dengan blog, sekarang lebih aware tentang platform, bahasa tulisannya, bahkan cara-cara share blog yang sebelumnya saya jarang lakukan karena malu (-maluin), sekarang lebih confident, alhamdulillah.

3.      Info-info lomba
Dengan ikut acara ini, saya di-invite di grup khusu, dimana sebagai peserta kami mendapatkan kenikmatan berupa pelajaran tambahan tentang dunia blog dan info lomba paling gressss.

4.      Bangun dari Mati Suri Menulis
Nggak mau mati lagi L. Jujur, 2 tahun terakhir kegiatan menulis seperti mati segan hidup tak mau. Melihat semangat para peserta dan setelah membaca blog mereka satu per satu menjadi tersulut semangatnya untuk menulis lagi.

5.      Impian saya semakin membara
Salah satu impian saya adalah ke Eifell. Mendengar cerita para blogger yang melanglangbuana karena tulisannya dan dibiayai gratis, impian saya masih tetap hidup dan insya Allah akan selalu demikian sampai terwujud.

Nah, untuk kalian yang mau ikut gabung di acara super keren ini, bisa stay tune di FB atau Twitter Mbak Haya, Mbak Shinta dan Mbak Ani. Mereka selalu menginformasikan saat akan mengadakan fun blogging. Karena banyak yang berminat dan kuotanya terbatas, jadi saat diumumkan mendingan langsung daftar. Yakin nggak bakal nyesel!

Source


See you on top :)

Ayaa--


Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

20 komentar

Write komentar
Aprie
AUTHOR
7 Januari 2016 22.41 delete

Aamiin. Semoga kesampean bisa terbang ke Eifell. :)

Reply
avatar
helni
AUTHOR
7 Januari 2016 23.05 delete

semangat terus ya mbak.. jangan mati suri lagi :))

Reply
avatar
8 Januari 2016 01.56 delete

Hai mba Cahaya. Aku follower barumu hihihihi. Emang seru acara kita di Fun Blogging ya, ilmunya banyakkkkkk. Ayooo bangunnn. Nulis lagiiii. Semangat mba Cahaya. Salam kenal.

Reply
avatar
Febriyan
AUTHOR
8 Januari 2016 08.52 delete

Eh ada saya di foto terakhir. Hihi.

Salam kenal mbak *kenalanblog* Semoga kita bisa bikin blog kita lebih ketjehbadai ya...

Reply
avatar
Lathifah Edib
AUTHOR
8 Januari 2016 08.59 delete

Semoga nanti ketemu lagi, jadi bisa ngobrol akrab, ya... ^_^

Reply
avatar
8 Januari 2016 10.43 delete

Amiiiiiiiin, ayo bareng Mbak Apriiii :)))

Reply
avatar
8 Januari 2016 10.44 delete

Huoooo, kalo lagi loyo langsung kepo ke blog Mbak Ros biar kecipratan semangatnya :))

Reply
avatar
8 Januari 2016 10.45 delete

Duh, doanyaaaa endeus banget Mbaaak. Amin :)

Reply
avatar
8 Januari 2016 10.45 delete

Hihihi, amin Mas Feb * sungkem :)

Reply
avatar
8 Januari 2016 10.46 delete

Yeees Mbaaak, see you next :)

Reply
avatar
Dede Ariyanto
AUTHOR
8 Januari 2016 19.14 delete

Betul mbak aku juga kalo lagi galau nulis jadi happy. Asli, beneran!
Fun Blogging 8 memang keren. Reportase postingan ini juga keren. Salam kenal.

Reply
avatar
8 Januari 2016 20.11 delete

Aaamiiin, semoga ga hanya eiffel yg dapat di raih. Caiyooo...yang ^_^

Reply
avatar
8 Januari 2016 20.29 delete

samaa, aku juga gagal fokus sama bajunyaa mba shinta

Reply
avatar
Ani Berta
AUTHOR
9 Januari 2016 22.01 delete

Terima kasih sudah hadir ya, Mba.
Semoga bermanfaat :)

Reply
avatar
Ani Berta
AUTHOR
9 Januari 2016 23.19 delete

Mba terima kasih ya sudah hadir di FB8 :)
Semoga bermanfaat ya Mba

Reply
avatar
11 Januari 2016 11.24 delete

Aaaa, ada Mbak Ani. Terima kasih ilmunya ya Mbaaak :* (salim sungkem )

Reply
avatar
11 Januari 2016 11.25 delete

Ecieeee Mas Dede juara 2. Congrats Maaas :)

Reply
avatar
22 Januari 2016 14.42 delete

Saya jg daftar utk kloter selanjutnyaaa

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)