Khatam Alquran Saat Ramadan

Rabu, Juni 29, 2016 4 Comments A+ a-

Tadarus Alquran
Kegiatan Tadarus Alquran di Masjid setelah Tarawih
Momentum ramadan sering dipakai oleh kaum muslim untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas imannya dengan berbagai amalan yang telah disiapkan sebelumnya. Memasuki 10 hari terakhir membuat saya menggelitik dengan pertanyaan "Apakah amalan terbaik yang mengisi ramadan tahun ini?". Kalau boleh jujur, kita bisa menilai sendiri kualitas ramadan kita, apakah lebih baik dengan tahun lalu, atau justru sebaliknya.

Khatam alquran menjadi salah satu amalan yang paling hits dilakukan saat ramadan. Bahkan ada beberapa teman saya yang menargetkan khataman 2 hingga 3 kali selama ramadan. Sehingga ada beberapa masjid yang melakukan khataman dengan agenda doa bersama.
"..... dan amalan yang disukai Allah adalah amalan yang berkesinambungan walaupun sedikit (HR. Bukhari)".
Amazing rasanya saat merasakan ramadan dapat memacu kita untuk meningkatkan amalan kita. Menjadi PR bagi kita juga untuk mempertahankannya saat ramadan telah purna nanti. Saat ramadan amalan begitu menggebu, semoga di bulan Syawal semakin syahdu. Khatam alquran dapat dijadikan amalan bulanan meski tidak ramadan. Pun untuk menghadiri majlis taklim dan menyemarakkan masjid. Banyak masjid yang megah tetapi jamaahnya sepi. Awal-awal ramadan, saf tarawih dan subuh selalu penuh, tetapi menjelang akhir ramadan justru mengalami "kemajuan". Semoga syawal tidak menjadi antiklimaks amalan kita. Dan semoga Allah memberikan nikmat ibadah untuk menyelesaikan ramadan dengan baik serta mengisi bulan-bulan setelahnya dengan amalan kebaikan layaknya ramadan.

word count : 208 kata

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis : 1001 kisah masjid




Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

4 komentar

Write komentar
29 Juni 2016 11.09 delete

Iya ya, mbak. Sayang banget masjid-masjid megah justru malah semakin sepi jama'ah. Di kampung saya, alhamdulillah masih sampai halaman mbak. Memang masjid ini selalu ramai. :)

Reply
avatar
Indah Juli
AUTHOR
30 Juni 2016 06.02 delete

Aku udah lama banget nggak khatam Al Quran apalagi di bulan ramadhan :(
Jadi reminding untuk lebih meningkatkan amalan.
Nice sharing :)

Reply
avatar
Irawati Hamid
AUTHOR
30 Juni 2016 10.13 delete

semoga kita termasuk umat yang selalu melakukan kebaikan berkesinambungan yah Mba Aya, amin..

Reply
avatar
10 Juli 2016 11.13 delete

Saya sudah datang ke sini dan membaca tulisan ini
Terima kasih telah berkenan untuk ikut meramaikan Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid di blog saya
Semoga sukses.

Salam saya

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)