Mudahnya Memperpanjang SIM C di Polres Klaten

Senin, Agustus 08, 2016 11 Comments A+ a-

Memperpanjang SIM C

Bulan ini saya mengecek dokumen-dokumen apa saja yang membutuhkan proses renewal. Dan saya menemukan SIM C pertengahan bulan ini akan habis masa daluarsanya. Sebelumnya saya Tanya-tanya dulu sama teman yang kemarin sempat mengurus dokumen serupa. Testimoninya bikin lega—cepat dan murah kok! Katanya. Dia hanya habis 110rb untuk pengurusan perpanjangan SIM C.

Pagi ini, saya datang ke Polres Klaten bersama Ibu. Sekalian Ibu refreshing :D, padahal di Polres Cuma nunggu doang, tapi itu udah bikin seneng. Maklum, sejak Bapak sakit, Ibu jarang bepergian. Saya memutuskan parker di luar Polres untuk menghindari calo. Fyi, di parkiran Polres banyak banget calo yang berkeliaran. Awalnya nyapa manis banget, nanyain keperluannya apa, ujungnya marketing servis buat bantuin entah pembuatan atau hanya sekadar perpanjangan SIM bahkan jasa pembuatan SKCK yang notabene terbilang mudah dalam pengurusan.

Jujur saya rishi, karena sebagian dari mereka (gak semuanya-red) setengah memaksa untuk membantu. Makanya saya memutuskan untuk parker di luar saja. Saat saya mengunci motor, ada seorang bapak paruh baya nyamperin dan nanyain keperluan saya apa. Saya piker itu tukang parkir, ternyata bukan karena saat menghampiri saya, dia tidak membantu memarkir atau memberikan nomor parkir untuk saya. Saya menjawab lugas “Mau ketemu orang, Pak”. Pria tersebut ber-oh panjang dan meninggalkan saya dan menghampiri seseorang yang mau parkir juga. Saya menjawab demikian biar tidak mendapat pertanyaan lanjutan lagi, toh saya memang benar mau bertemu orang kan untuk mengurus perpanjangan SIM C :p.

Foto Copy
Tahap pertama, saya langsung ke foto copyan yang ada di area Polres. Dokumen yang difoto copy adalah SIM dan KTP. Disana kita akan dikasih paket komplit—map biru plus hasil foto copy tadi. Biayanya 2 ribu.

Periksa Dokter
Tahap kedua, saya disuruh periksa dokter untuk tes buta warna dan sidik jari telunjuk saya. Bayar 40rb.
Asuransi Bhayangkara
Nah, saya tidak tahu kalau untuk ikut asuransi ini hukumnya tidak wajib. Tapi karena saya udah kadung ngumpulin berkas di mejanya, yaudah saya manut. Untuk asuransi bhayangkara bayar 38ribu. Masa berlakunya 5 tahun sama seperti SIM. Sebenarnya di tulisan asuransi hanya tertulis 30rb. Ternyata yang 5rb untuk laminating SIM dan 3rb saya gak tahu untuk apa? Etapi saya lagi males buat nanya-nanya :D.

Ke Provos
Ini ada di bagian depan pintu masuk parkir Polres. Setiap pengunjung meninggalkan KTP untuk mengambil kartu tamu. Tapia da juga sih pengunjung yang langsung masuk aja tanpa mau repot nukerin ID Card :D. Saya tadi ngikutin alur dari tim dokter sebelumnya plek ketiplek.

Loket I bagian pendaftaran
Selanjutnya, saya ke loket I untuk meminta formulir pendaftaran yang harus diisi. Ada nama, alamat, status, dsb… Oh iya, saya ditarik uang 2rb untuk PMI. 

Loket BRI
Setelah mengisi formulir, saya mengantri untuk pembayaran di loket BRI. Untuk SIM C biayanya 75rb. Lengkap membayar biaya administrasi, saya kembali ke loket I untuk menyerahkan berkas formulir, surat dokter, SIM asli dan bukti bayar. Lalu dipanggil oleh petugas loket III untuk mengambil antrian foto.

Sessi foto
Jujur saya paling gak hoki kalo foto resmi, entah untuk ijazah, raport atau ID Card. Pokoknya yang sifatnya resmi deh. Seringkali ada yang gak sreg—senyum gak simetris lah, kepala agak miring lah, yang paling parah, mata saya merem :D. Kalo SIM atau KTP kan sekali jepret dan gak diulang lagi, jadi wajib bismillah biar hasilnya bagus. Macam pemilihan presiden, kalo gak sreg, nunggu 5 tahun buat ganti lagi,ahahaha.
Tetapi Alhamdulillah, tadi hasil foto SIM saya, kepalanya agak miring ke kanan, ahahaha. Teman-teman suka gitu gak sih? Tapi saya gak sebel, karena tadi polisi yang motret easy going. Jadi pas sessi foto, beliau ramah dan ngajak ngobrol hangat. Itu udah jadi alas an pemaaf,ahaha. Tahap-tahapnya udah selesai, tinggal nunggu aja hasil SIMnya. Teorinya Cuma 20menit, tapi prakteknya bisa 1,5jam tergantung antrian. Sabar bro-sist, polisi juga manusia :D. Oh iya, karena wara-wiri, saya menyuruh Ibu duduk di peron tempat pemeriksaan dokter. 

Mudah kan? Iya mudah, kalo tahu cara dan alurnya :p. Cepet kan? Iya, cepet dari kacamata saya. Tapi kalo dari kacamata ibu saya yang nunggu di depan ruang tunggu dokter, 2 jam itu lamaaaaa. Jadi, mudah dan cepat itu tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya,ahaha.


Kalo perpanjang melebihi daluarsa, bisa gak?
Secara aturan, kalau telat renewal SIM, kita diwajibkan untuk membuat baru. Tetapi, ketentuan itu berlaku di beberapa daerah dan di Polres Klaten masih memberikan toleransi 3 bulan dari masa daluarsa. Jadi missal SIM saya habis 15 Agustus 2016 nih, jadi saya diberikan masa tenggang untuk melakukan renewal sampai bulan 15 November 2016. Itu ketentuan sekarang lho ya! Ketentuan bisa sewaktu-waktu berubah. Karena setiap Polres memiliki kebijakan masing-masing.

Total Biaya
Untuk Perpanjang SIM plus parkir habis 156rb belum termasuk konsumsi :p.

Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

11 komentar

Write komentar
Ety Abdoel
AUTHOR
9 Agustus 2016 11.12 delete

Wah, masih ada calo to Mba?. Aku pernah ikut suami ngurus SIM di Palembang, bersih dari calo. Padahal sebelumnya banyaak. Tapi, nggak tahu sih masih bertahan apa calonya balik lagi.
Samaan deh Mba Aya kalau soal foto resmi, nggak pas terus hasilnya. Lagi pengin ganti foto ktp deh, qeqeqe.

Reply
avatar
Okti Li
AUTHOR
9 Agustus 2016 13.36 delete

Saya dan suami biasa tahun kemarin ke bus keliling polres bagian perpanjangan sim Mbak. Kebetulan kalau di Cianjur setiap minggu di Car Free Day bus kelilingnya stand by, jadi gak harus hari kerja ke polres.

Soal biaya, sekitar segitu sih, saya pengeluaran membludak plus jajan juga, soalnya pas CFD banyak jajannya daripada olahraganya, haha...

Reply
avatar
9 Agustus 2016 16.22 delete

saya paling ga suka sesi fotonya mba entah knp ada sentimen polisinya foto sim saya suka bikin eneg liatnya wkwkkwk...

Reply
avatar
9 Agustus 2016 20.21 delete

Trus endingnya jadi jelek ya Mbak.hahaha

Reply
avatar
9 Agustus 2016 20.24 delete

Konsumsi emang budgetnya paling banyak ya teh,ekeke

Reply
avatar
9 Agustus 2016 20.25 delete

KTP sekarang udah seumur hidup Mbak Et. Jd kemarin kalo foto terakhir jelek, berarti untuk seumur hidup :D

Reply
avatar
Lidya Fitrian
AUTHOR
10 Agustus 2016 10.27 delete

kalau di klaten ada layanan sim moboil juga gak? Aya apa kabar? maaf aku baru bisa bw lagi nih sejak ramadhan :)

Reply
avatar
Mia Fauzia
AUTHOR
10 Agustus 2016 10.34 delete

Hahahhaa xD. Entah kenapa ya mba foto bgitu suka jelek.tp sim terakhirku jg lumayan sih fotonya tumben

Reply
avatar
10 Agustus 2016 10.52 delete

Ada Mbak Lid, paket komplit. Kabar baik karena bisa move on dari hiatus :p

Reply
avatar
10 Agustus 2016 10.53 delete

Pokoknya foto2 begituan, aku amsyong Mbak :D

Reply
avatar
Kang Masroer
AUTHOR
11 Agustus 2016 18.41 delete

Asli klaten po mbak? aku ni juga lg tinggal di klaten..

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)