Pembatalan Tiket Kereta di Solo Balapan

Minggu, Februari 26, 2017 2 Comments A+ a-


Assalamu'alaykum,

Minggu ini rasanya plong karena salah satu syarat kelulusan sudah kami lalui bersama-sama. Kenapa "kami"? Karena syarat itu terlaksana berkat kekompakan 1 angkatan yang sangat kooperatif. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang persiapannya sempat menguras waktu saya bulan ini akhirnya beres.

Sebelumnya saya sudah berhitung kalau Jum'at sudah tidak ada agenda kampus jadi bisa nengokin suami, (((NENGOKIN))). Tiket kereta sudah di tangan, packing sudah rapi. Rencananya saya setelah KKL selesai, keesokan harinya langsung berangkat naik kereta ke Jakarta. 

Qodarullah, ada satu hal yang  tidak saya perkirakan membuat saya harus mengundur keberangkatan 😣. Dosen yang saya perkirakan bisa ketemuan di hari Jumat, ternyata beliau tidak bisa karena di luar kota. Beliau menjadwalkan Senin untuk ketemu. 

Biasanya saya mengubah jadwal kereta, tetapi kali ini tidak karena takut dosennya mengganti jadwal lagi. Mending nanti beli lagi, pikir saya. Alur dan prosedur pembatalan tiket dan refund cepet kok, ASAL GAK ANTRI. 
  1. Warning. Di Solo, pembatala hanya dilayani di stasiun Solo Balapan. Stasiun Jebres hanya melayani penggantian jadwal tiket kereta saja. Jadi, meskipun kita beli tiket dan pemberangkatan dari Stasiun Jebres, kalau mau membatalkan tiketnya HARUS ke Stasiun Solobalapan. Karena kemarin banyak banget yang kecelik mau mbatalin tiket di Jebres. 
  2. Ambil antrian ke Costumer Servise. Letak CS Stasiun Balapan berada di paliiiiing ujung.
  3. Dokumen yang dibutuhkan. KTP. Nanti CS nya akan bertanya "tiket atas nama sendiri kan?". Kalau tiket atas nama orang lain, biasanya dimintakan surat kuasa dan fotocopy KTP. Ini tergantung kebijakan masing-masing stasiun, kalau dulu saya di stasiun Gambir gak pake, meskipun sudah jaga-jaga surat kuasa.
  4. Refund di stasiun mana? Atau transfer? Kalau saya kemarin minta diambil di stasiun Balapan karena masih wira-wiri di Solo. Pengambilannya minimal 30 hari kerja. Kalau yang gak mau ribet bisa via transfer ke rekening yang dikirimkan minimal 30 hari kerja dan maksimal 90 hari kerja.
  5. CS akan memberi selembar kertas yang berisi data-data pembatalan untuk dibawa ke loket 2. Di loket 2 data diinput dan saya dikasih selembar untuk pengambilan refund  30 hari ke depan.
  6. Fyi, uang refund yang diterima dipotong 25% dari harga tiket kereta.
  7. SELESAI.
Weekend pada kemana? Meskipun batal (((NENGOK))) suami, teteup #WeekendCeria kok bagi saya *senyum*

Lots of love from me 💓💓💓



Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

2 komentar

Write komentar
lik_nana
AUTHOR
27 Februari 2017 05.19 delete

Itu terakhir kok senyumnya kecut yaa ;)

Reply
avatar
27 Februari 2017 07.32 delete

senyumiiiin Mbak Nana :)))

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)