Featured Slider

6 Ciri-Ciri Jual Beli Online yang Aman

Jual beli online aman

Ini kalo mau beli jaket disini caranya gimana?” Mas Jundi menunjuk jendela facebook di handphonenya. Saya langsung membuka website tersebut untuk melihat-lihat koleksi dan memeriksa apakah online shop tersebut terpecaya apa tidak. Karena memang beliau pengen banget jaket kulit daridulu, tetapi setiap beli belum ada yang cocok di hati. Entah bagaimana kemarin dia tergiur sama salah satu online shop yang diiklankan di facebook.

Apakah teman-teman juga hobby belanja online? Nah, kalau jawabannya iya, untuk mencari info jual beli yang aman, maka sebaiknya mulai untuk lebih teliti agar hasilnya bisa lebih maksimal. Sistem jual beli yang dilakukan secara online tentu saja tidak mudah dilakukan. Karena pengetahuan kita diperlukan agar terhindar dari tindakan penipuan yang mungkin saja terjadi. Jadi, jika teman-teman ingin mengetahui apakah olshop itu kredible atau gak, yuk sama-sama ketahui dan kenali ciri-ciri online shop yang aman. Here we go :
  
1. Alamat toko online
Teman-teman bisa melihat sendiri mengenai alamat yang tertera didalamnya. Misalnya : apakah penjual menggunakan blog gratisan atau pun memiliki harga yang terlalu murah di bawah harga pasaran. Dalam hal ini, usahakan untuk menghindari toko online jenis ini untuk meminimalisir kemungkinan tindakan penipuan yang dapat merugikan teman-teman. Karena hampir semua penjual akan memberikan harga yang sama untuk setiap produk yang dijual. Sehingga perlu diwaspadai apabila harga produk tersebut terlalu rendah.

2. Memaksa
Biasanya penjual yang memiliki kepentingan untuk melakukan tindakan penipuan mungkin saja akan melakukan pemaksaan kepada pembeli. Sehingga ada baiknya apabila hal ini terjadi segera abaikan dan jangan sampai teman-teman memungkinkan untuk melakukan transaksi. Sedangkan pada pembeli yang mungkin saja melakukan tindakan penipuan ini. Usahakan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu minimal setengahnya sebagai down payment. Hal ini dilakukan untuk membantu dalam memberikan kemungkinan terhindar dari upaya penipuan. Ah iya, saya paling malas meladeni penjual yang setengah memaksa dalam menjajakan dagangannya *curhat*.

3. Nomor telepon
Untuk mendapatkan bahwa ciri-ciri info jual beli tersebut asli tentu saja disertakan dengan nomor kantor atau pun rumah. Dengan demikian tidak ada kemungkinan untuk secara mendadak ganti. Namun apabila nomor telepon handphone dan tidak sesuai dengan kode area pada tempat jual beli yang ada di website. Maka kemungkinan adanya tindakan pencurian mungkin saja dilakukan. Sehingga tentu saja teman-teman akan mengalami kerugian apabila tidak mewaspadai mengenai hal ini.

4. Jenis konten
Untuk jual beli yang dilakukan dengan cara online tentu saja akan dapat diketahui mengenai jenis konten yang ada didalamnya. Biasanya apabila jenis kontennya tidak jelas, kurang bagus dan terlihat berantakan tentu saja harus dicurigai. Sehingga pastikan mengenai kemungkinan konten yang tidak jelas tersebut memang merupakan penipu. Biasanya untuk konten yang asli tentu saja tidak akan mengalami hal ini. Untuk konten yang asli dan terpercaya akan diberikan kemudahan untuk diolah sedemikian rupa. Dengan demikian tampilan akan terlihat lebih bagus dan menarik dirasakan. Apabila hal ini dirasakan akan membuat pembeli lebih mudah tertarik dalam melakukan transaksi.

5. Harga
Harga yang ditetapkan tentu saja harus sesuai. Untuk mengetahuinya bisa membandingkan antara satu toko online dan jenis lainnya. Sehingga apabila teman-teman mendapatkan hasil yang diinginkan tentunya apabila harga terlalu murah atau pun terlalu mahal. Bisa saja penjual tersebut mengalami tindakan penipuan. Untuk itu hendaknya waspada dibandingkan untuk mengalami kemungkinan mendapatkan kerugian yang ada.

6. Jelas dan padat
Untuk informasi pada saat membeli barang yang dijual atau pun dibeli hendaknya secara jelas. Jangan sampai menggunakan jenis yang tidak jelas. Hal ini karena apabila menggunakan cara yang demikian, nantinya kita sebagai konsumen juga akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Nah, pastikan bahwa info jual beli didapatkan dengan baik agar mudah dipahami dan target yang mudah dicapai.

Jangan sampai kita tertipu hanya karena tidak mengetahui info jual beli yang memadai. Happy shopping, guys!

Konten ini mengandung sponsored post, untuk lebih lanjut lihat disclosure.

20 komentar

  1. Memang harus jadi smart buyer ya biar nggak ketipu ^^

    BalasHapus
  2. Aku paling sebel kalau ketemu penjual maksa, udh gtu nggak bisa nawar lagi

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang aku lebih milih beli di olshop yang pemiliknya aku kenal. Hahaha. Agak parnoan nih orangnya. Atau kalau nggak, banyak followernya dan direkom sama temen yang lagi2 aku kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, makanya butuh info jual beli online yg bagus ya nyaak

      Hapus
  4. ahh iya, setuju, kalo ada nomor teleponnya at least sebelum beli juga bisa nanya2 ya mba..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah sampai saat ini belanja online belum pernah ada kejadian aneh-aneh sih. Tapi emang baru cuma 3-4 kali belanja online, hahaha...

    Aku suka jualan buku bekas di portal jual beli gitu. Ada calon pembeli yang nanyaaa mulu detil, takut ketipu katanya. Emang sih kalau aku jadi dia juga nanya terus hehehe. Sudah aku follow ya blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp kalo buyer yg hit and run gitu aku juga gemes Mbak Un

      Hapus
  6. Kalau ada yang jual barang jauh di bawah harga pasaran malah jadi curiga :D

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah belum pernah kecewa jual-beli online. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti info jualbeli onlinenya udah ciamik Faaah

      Hapus
  8. Kudu jadi smartbuyer ya cinn biar ga ketipu juga.

    BalasHapus
  9. Whoaaa.. aku hobi jual beli online mbak. Dan bisa bikin nagih. Oh iya, klo bsa emang kudu cek ricek banget ttg info kual beli online itu. Biar ga sembarangan belinya. Khawatirnya kan ntar jdi yg nggak nggak. Hhee

    BalasHapus
  10. Selain produk yang dijual juga kudu cek layanan purna jualnya. Aku suka banget sama salah satu e-commerce yang mau balikin uang kita kalo barang yang udah sampai egak sesuai dengan apa yang kita mau.

    BalasHapus
  11. Aku biasa bandingin dulu. Kalo anjlok bgt dr harga yg lain, perlu dipertanyakan

    BalasHapus
  12. Bagaimanapun, sebagai pembeli, tetap harus berhati hati ya.

    BalasHapus
  13. Jujur uti jarang belanja online..paling beli tiket doang mba.
    Anywah 8nfonya keren

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)