Featured Slider

Investasi Emas Batangan Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya!

source: finansialku[dot]com
Hallo teman-teman, Klaten dari kemarin hujan terus nih, hihi. Oh iya, saya mau sharing tentang investasi sebagai salah satu goal keluarga kecil saya di tahun ini. Kalau selama ini kalian lebih tertarik untuk berinvestasi apa? Siapa tahu bisa menjadi referensi untuk perencanaan keuangan saya. Kebetulan saya browsing-browsing, dan pilihannya jatuh pada investasi emas karena menurut saya lebih menguntungkan.

Melakukan investasi bisa mulai dari kapan saja selagi seseorang memiliki kemauan dan kemampuan untuk memanajemen keuangannya. Soalnya, tanpa ada “kemauan dan kemampuan” akan terasa timpang dalam melakukan investasi. Misalnya begini, ada yang memiliki harta banyak, tetapi tidak memiliki kemauan untuk berinvestasi, da nada juga yang pengen banget berinvestasi untuk masa depannya tetapi belum mampu secara finansial. 

Berdasarkan referensi yang saya baca, ada banyak sekali cara untuk berinvestasi, seperti: investasi emas, tabungan, obligasi, saham, properti, atau lainnya. Semuanya mempunyai tingkat resiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Makanya sangat disarankan bagi yang baru memulai berinvestasi dan belum banyak pengalaman yang dimiliki, lebih baik untuk memilih jenis investasi yang tidak banyak mengandung resiko tinggi. Dengan begitu kemungkinan merugi dan juga kehilangan harta dalam melakukan investasi yang dijalankan kecil terjadi. Contohnya saya yang masih newbi dalam berinvestasi. Sehingga saya lebih memilih cara investasi yang lebih aman dengan tingkat resiko yang rendah, hihi.

Karena itulah, saya memilih untuk berinvestasi emas. Emas merupakan salah satu jenis barang mulia yang masih banyak dijadikan pilihan masyarakat untuk melakukan investasi, mulai dari masyarakat bawah, menengah sampai dengan atas. Berbagai jenis emas yang bisa dijadikan pilihan antara lain emas murni dan juga emas perhiasan. Banyak yang masih penasaran keuntungan apa saja dalam berinvestasi dari emas. Berikut ini keuntungan yang bisa didapatkan berdasarkan yang tertera di dalam fitur cicilan emas murni di Bukalapak antara lain:

1. Harga stabil atau relative naik

Tujuan utama dari memulai investasi yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Harga emas baik di toko online atau offline yang stabil menjadikan faktor utama kenapa banyak orang memilih untuk berinvestasi dengan emas. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keadaan harga emas sendiri bisa dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Salah satunya mungkin bahan baku alam yang semakin berkurang padahal permintaan pasar selalu meningkat. Sederhananya begini hari ini emas ada pada harga 600 ribu tetapi beberapa tahun kedepan mungkin harga emas bisa mencapai angka 800 ribu per gramnya. Bisa dibayangkan keuntungan yang bisa didapatkan dalam satu gram saja berinvestasi.

2. Mempunyai hak pribadi

Memilih untuk berinvestasi pada emas merupakan pilihan yang tepat dari pada investasi lainnya. Investasi emas lebih dengan mudah diatur sendiri atau tidak bergantung oleh pihak lain. Tidak seperti halnya investasi pada perusahaan tentu akan banyak pihak yang dilibatkan didalamnya.

3. Resiko rendah

Seperti yang dikatakan diatas harga emas relative naik tetapi hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan bahwa harga turun. Walaupun turun tetapi tidak akan terjadi secara signifikan, jadi untuk kerugian yang akan dialami sangat kecil. Sebagai pemula investasi cara ini salah satu yang terbaik untuk dipilih karena tingkat resiko rendah.

4. Jangka panjang

Seseorang melakukan investasi tentunya ingin bahwa investasinya dapat berjalan dalam waktu yang lama dan semakin menguntungkan. Nah, dengan emas tentunya hal tersebut akan terlaksana. Semakin banyak kita menginvestasikan emas semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan karena memang harga cenderung meningkat.

5. Banyak jenis

Emas sendiri banyak pilihan yang bisa dijadikan investasi mulai dari perhiasan, batangan atau bentuk emas lainnya. Untuk perhiasan selain dari bentuknya yang lebih bervariasi juga dapat digunakan sebagai penunjang penampilan apalagi seorang perempuan. Maka tidak sedikit orang yang memilih untuk investasi melalui emas perhiasan yang lebih multifungsi.

Dari beragam keuntungan yang bisa didapatkan tentunya semakin membuat seseorang merasa tertarik untuk memilih emas sebagai bentuk investasi. Tetapi terkadang yang membingungkan yaitu memilih jenis emas yang lebih menguntungkan saat digunakan apakah emas perhiasan atau lainnya. Keduanya sama-sama menguntungkan tetapi untuk digunakan sebagai investasi lebih baik untuk melakukan investasi emas batangan Antam) yang memang lebih murni dan potongan harga saat penjualan akan lebih rendah dari pada harga emas perhiasan. Tetapi kembali lagi semuanya tergantung dari keinginan kita yang akan melakukan karena keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Nah, mumpung awal tahun dan teman-teman juga sedang menyiapkan perencanaan keuangan keluarga seperti saya, bisa lho mencoba investasi juga. Bagi yang sudah berkeluarga tentunya bisa diskusi dengan pasangan, investasi apa yang akan dipilih.

6 komentar

  1. Aku pengen banget nyobain investasi emas ini mbak.
    Boleh lah dicoba, hhee
    Suuwun nggeh buat informasinya Mbak Ayaaa :*

    BalasHapus
  2. Benar sekali mbak dari pada emas perhiasan

    BalasHapus
  3. Saya so far belum punya investasi apa2, selain dari recehan yg di-irit2, haha... Iya emas batangan memang yang dulu diajarkan nenek juga kalau mau menabung, karena kalau perhiasan andai dijual mungkin akan ada ongkos bikinnya.

    BalasHapus
  4. makasih kak info tentang investasi emasnya, kalo aku sendiri beberapa kali malah belum pernah mencoba untuk berinvestasi. Tapi ketika dulu masih kerja lebih sering melakukan deposito. ya walau nominalnya ga besar besar banget, tapi ya bisa merasakan hasilnya

    BalasHapus
  5. Saya juga suka banget koleksi emas, kalau emas batangan pernah beli tapi abis iitu dijual lagi karena butuh banget duit. Sekarang mau beli lagi, kok mending ems yang jadi perhiasan yaaa,

    BalasHapus
  6. Wah kebetulan banget nih kemaren lagi nanya2 soal investasi emas plus dan minusnya. Thank you infonya. Jadi tambah tahu soal investasi emas ini.

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)