Featured Slider

7 Hal yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli HP

Dunia gadget sangat dinamis. Duluuuu, barang ini mungkin hanya beberapa saja yang memiliki. Namun sekarang, mungkin anak SD pun sudah punya dan bisa menggunakannya. Hehe.
Saya inget banget pertama kali punya HP pas kelas 3 SMP. Itupun HP keluarga alias milik bersama. Dulu fungsinya juga hanya untuk sms sama telepon. Nah, saat ini HP makin multifungsi. Misalnya, saat ini saya bisa blogging kapan saja dan dimana saja, termasuk menulis ini juga via HP. Kemarin kebetulan HP udah mati-mati sendiri. Makanya pengen banget beli lagi karena memang butuh buat keperluan pekerjaan.
Oh iya, 7 hal ini yang menjadi pertimbangan saya sebelum membeli HP:

1. Budget. Ini menjadi poin penting karena saya tidak mau memaksakan kemampuan finansial untuk membeli sesuatu. Apalagi sekarang punya Ray, saya harus lebih wise mengalokasikan dana. Misal punya dana untuk beli HP 3 juta, ya saya nyarinya yang seharga itu atau bahkan di bawahnya *naluri emak-emak.

2. Ram. Dulu saya main beli saja tanpa tahu RAM itu apa. Saya tertarik karena iming-imung stylus biar kelihatan keren, huks. Ternyata RAM-nya cuma 1 Giga. Hasilnya, saya harus rajin menghapus aplikasi yang digunakan. Makanya, pertimangan RAM sangat penting. Yaaah, minimal 4 Giga lah biar nyaman kerja. Apalagi buat yang pekerjaannya berhubungan sama internet.

3. Memori Internal. Pertimbangan ini juga nggak kalah penting guys. Saya pikirn, memori internal sama dengan RAM. Ternyata beda, ahaha. Habis ukurannya pake Giga sih, jadi dulu sering kebalik-balik. Alhamdulillah sekarang enggak kebalik lagi buat bedain keduanya. Untuk memori internal, minimal 16 Giga, lebih besar lebih bagus. Oh iya, saya biasanya nyari yang dual SIM. Jadi bisa dipasang nomor pribadi dan nomor buat internet.

4. Harus menjangkau 4G LTE. Cek juga HP nya sudah 4G LTE belum. Atau jangan-jangan masih 3G. Karena oh karena, jaringan 4G itu kalau dipakai buat posting blog bisa wuuuz, kenceng. Eh, ini juga tergantung kartu sama lokasi juga sih. Tpi minimal HP nya sudah support 4G lah ya.

5. Baterai dan kamera. Biar nggak byar pet, kapasitas baterai juga menjadi pertimbangan. Biasanya kalau datang ke event harus live tweet atau posting di IG. Nah, itu butuh baterai HP yang mumpuni. Jadi, kalau beli HP, saya biasanya nanya atau ngecek dulu kapasitas baterainya. Selain baterai, saya juga ngecek spesifikasi kameranya. Berapa MP? Sudah HDR atau belum?

6. Garansi. Zaman baheula kalau beli HP trus dapat garansi, saya langsung beli. Eh ternyata garansi ada yang TAM dan distributor. Nah loh, beda lho! Kata suami kalau beli HP, cari yang garansinya TAM. Saya langsung nyatet dan nginget inget pesannya.

7. Beli dimana? The last, tempat pembelian juga menjadi pertimbangan. Beli langsung atau online nggak masalah yang penting cek dan ricek harga dan HP inceran dulu sebelum membeli.

Kemarin ada rekomendasi dari teman buat beli Oppo F7. Speknya oce oye dan harganya juga mendekati budget saya. Pas lihat reviewnya memang bagus sih, apalagi kameranya juga kece.

Oh iya, teman-teman kalau mau beli HP punya pertimbangan lain nggak? Sharing yuk

1 komentar

  1. saya juga lagi pengen beli hp baru nih, tapi masih nabung dulu, hihihih :D

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)