Featured Slider

Berenang di Umbul Brintik Exotic Klaten

Klaten ternyata banyak umbul yang bisa menjadi potensi wisata lokal lho. Sebut saja Umbul Ponggok yang sekarang sudah sangat hits didatangi para pengunjung untuk berenang atau berswafoto.

Saat kehamilan Ray, saya lebih suka olahraga ciblon alias berenang untuk latihan pernafasan menjelang persalinan. Namanya Umbul Brintik Exotic. Dari rumah hanya memerlukan waktu tempuh 7 menit saja. Fasilitasnya masih jauh dari Umbul Ponggok sih, namun Umbul ini juga berpotensi untuk "hits".

Kalau pagi, tempat ini ramai sekali. Bapak mertua yang rajin sekali berenang setelah shubuh pernah bilang kalau tiap pagi, umbul ini seperti "cendol", ahaha. Mungkin saking karena ramainya jadi beliau agak hiperbola. Pengalaman saya kesini sekitar jam 10 an pagi dan jam 2 siang. Testimoni Bapak memang tidak salah. Umbulnya full (nggak setengah-setengah) dengan pengunjung.

Kebanyakan yang datang adalah para lansia yang katanya memanfaatkan umbul ini untuk terapi. Umbul ini ada 4 area yang saat ini berfungsi. Satu di bagian depan dekat pintu masuk, yang airnya mengalir jernih dengan pasir dan bebatuan  kecil di bawahnya. Saya hanya pernah di pinggir umbul karena agak dalam airnya. Suami yang sering berenang di area ini.

Ada juga area anak-anak yang kedalamannya dikhususkan untuk anak-anak bermain. Namanya buat anak-anak, jadi airnya cuma cetek saja. Pas banget buat kecipak kecipuk. Di sebelah atas are anak-anak, ada area yang lumayan dalam dan dasarnya agak licin karena bebatuannya berlumut. Saya belum pernah berenang di area ini, hehe.

Tiket masuk ke umbul murah meriah, per orang 3 ribu. Parkir 2 ribu. Di sekitar umbul banyak penduduk yang menjajakan makanannya. Pop mie dan gorengan menjadi menu andalan. Kan enak tuh kalau habis berenang trus makan gorengan anget. Asal jangan kalap aja karena memang harganya murah meriah.

Bagi pengunjung yang pengen berenang di kolam yang dalam, bisa menyewa ban biar nggak tenggelam. Kalau was-was sama tas dan barang bawaan, bisa dititipkan di loker. Biaya sewanya murah kok.

Kalau mau main seharian di umbul, disana ada mushola buat salat. Jadi pas adzan, bisa langsung salat. Eh tapi harus mandi dulu dan ganti baju kok ya? Lol. Ada renovasi yang bisa bikin umbul jadi lebih hits.

Yang di sekitar Klaten dan butuh me time berenang, bisa nyobain kesini. Sst, saya 2 jam di air, tangan dan kaki mati semua, badan kedinginan. Kalau sudah begitu, saya ganti baju di toilet. Toiletnya lumayan bersih. Airnya di toilet kayak es, hehe.

1 komentar

  1. HUaaa udah ada baru lagi yaa. Umbul Ponggok belum aku kunjungi >.< hihiih tapi gpp dibikin list aja. Anak-anak pasti suka nih!

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)