Featured Slider

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas. Simak Yuk!



Kulkas (refrigerator) atau yang kita kenal juga dengan sebutan lemari es (freezer) adalah satu dari sekian elektronik rumah tangga yang sangat dibutuhkan modern ini, terutama untuk menyimpan berbagai jenis makanan maupun bahan makanan berupa sayur, ikan, daging, dan lain sebagainya.

Sebelum menikah, saya sudah woro-woro sama suami kalau salah satu benda yang wajib dimiliki adalah KULKAS. Selain saya penggemar minuman dingin, saya juga hobby menyimpan makanan di kulkas agar lebih awet.

Meskipun nggak demen masak, saya seringkali menyimpan sayur untuk keesokan harinya dimasak. Saya bisa masak kok! Masak mie rebus dikasih sawi banyak *dikeplak*.

Nah, saking sukanya menyimpan makanan di kulkas, saya pernah ditegur sama suami kalau memang ada beberapa hal yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Yang sebelumnya nggak tahu, setelah pillow talk tentang isi kulkas jadi paham dan tidak menyimpannya dalam kulkas lagi. Oh iya, berikut adalah beberapa daftarnya beserta alasannya:

1. Minyak zaitun

Saat hamil, saya mengonsumsi minyak zaitun. Awalnya nggak doyan blas, tapi demi Ray, hal yang nggak enak tetep nggak enak, ahaha. Tapi allahumma paksakeun (niat apa ini!).

Oh iya, saya tidak menaruhnya di kulkas. Karena menempatkan minyak zaitun di lemari es akan menyebabkan minyak tersebut mengembun dan berubah menjadi beku seperti layaknya mentega. Seperti minyak lainnya, minyak zaitun sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Pas banget deh, habis minum, minyaknya dikasih di meja rias deket tempat tidur.

2. Melon

Sejak kecil saya suka banget sama buah ini. Kalau nggak inget punya darah rendah (darah saya biasanya pas di angka 90/110), pasti udah nyemilin buah ini deh tiap hari. Buah melon memang rasanya sangat segera apabila didinginkan terlebih dahulu. Tapi sayang, melon yang dimasukkan ke dalam lemari es dapat menyebabkan nilai gizinya berkurang. Huhu.

Jika tetap ingin mengonsumsinya dalam keadaan dingin, biasanya saya membungkus melonnya dengan plastik wrapping setelah dipotong-potong, atau dimasukkan dalam tupperware saat dimasukkan ke kulkas. Tapi seringkali kalau beneran lagi pengen, saya memasukkannya ke freezer biar jadi es. Trus dicelup ke susu coklat. Aaaa, slurrrpp!

3. Pisang

Biasanya ibu beli pisang yang belum matang banget. Yang agak keras trus beberapa hari baru matang sendiri. Nah, jika pisang belum matang, sebaiknya diletakkan ditempat yang bersuhu hangat. Karena apabila dimasukkan ke dalam lemari es, pisang akan jadi sulit matang.

Makanya kalau dibeliin pisang ibu, beliau meletakkannya di atas meja. Selang 2 atau 3 hari kemudian, pisangnya akan matang satu per satu. Tinggal lep lep lep!

4. Alpukat

Sama seperti pisang, biasanya ibu membelinya dalam kondisi mentah. Matangnya kalau sudah beberapa hari. Kalau mau cepat matang karena keburu pengen dibuat jus, biasanya alpukatnya ditaruh di dalam beras (kayak ditanam di dalam beras gitu).

Kalau alpukatnya masih mentah trus ditaruh di lemari es akan menyebabkan proses pematangan pada alpukat jadi terhambat. Malah nggak enak jadinya.

5. Madu

Saya pikir kalau meletakkan madu di kulkas akan awet. Ternyata pemikiran saya keliru. Lemari es  justru dapat menyebabkan madu mengkristal dan kental serta kasar. Sebaiknya madu di depan di tempat yang sejuk agar tetap segar dan pastikan tempatnya tertutup dengan rapat.

6. Roti

Menyimpan roti di lemari es akan membuatnya terasa keras dan alot. Selain itu, lemari es ternyata juga dapat menyebabkan roti lebih mudah basi karena suhunya yang lembab dan dingin. Nah loh, ternyata nggak semua yang disimpan di kulkas bikin awet kan.

7. Bawang putih

Bawang putih sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Memasukkannya ke dalam lemari es akan menyebabkan bawang jadi lebih kenyal dan mudah bertunas. Bisa-bisa, bawang putihnya bakalan tumbuh karena bertunas di lemari es, ahaha.

8. Tomat

Kulkas akan menyebabkan kerusakan membran pada tomat yang dapat mempengaruhi rasanya. Pernah ngrasain nggak kalau tomat yang disimpan di kulkas rasanya lebih kecut?


9. Bawang merah

Bawang merah akan mudah busuk apabila disimpan di dalam lemari es. Sebaliknya, biasanya saya menyimpan bawang merah di tempat yang kering dan berventilasi baik serta gelap. Karena ternyata lebih awet dan nggak cepat busuk.

10. Kentang

Idealnya kentang disimpan dengan kardus yang kering dan berada di tempat yang sejuk. Menyimpannya di dalam kulkas akan menyebabkan pati kentang berubah menjadi gula sehingga rasanya agak manis dan berpasir serta terlihat kehitam-hitaman setelah dimasak.


Memilih Kulkas

2 tahun terakhir, saya suka membeli barang-barang via online. HP, alat masak dan alat rumah tangga lainnya saya beli di toko online. Kalau mau beli kulkas, saya merekomendasikan teman-teman untuk mencari di toko online yang terpercaya. Mengapa? Karena toko online saat ini sudah banyak yang jual kulkas murah dari merek-merek terkenal seperti Samsung, Sharp, Polytron, Aqua, hingga Panasonic.

Jika ingin membeli kulkas maupun berbagai perangkat rumah tangga dengan harga murah dengan diskon dan promo yang banyak, saya sarankan kamu berbelanja di online shop Bukalapak. Cobain deh kepo ke websitenya yang menyediakan beberapa alat-alat rumah tangga https://www.bukalapak.com/c/rumah-tangga

Selain memilih tempat belanja yang tepat, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu. Karena ada saat-saat di mana toko online kerap menawarkan promo menarik dengan diskon dan cashback dalam jumlah besar.

Misalnya, ketika harbolnas (hari belanja online nasional) yang jatuh setiap tanggal 12 Desember, serta tanggal-tanggal cantik di bulan-bulan berikut ini yaitu:

Tanggal 9 bulan 9
Tanggal 10 bulan 10
Tanggal 11 bulan 11

Intinya, berbelanja menjelang akhir tahun adalah waktu yang paling tepat jika kamu ingin beli berbagai macam kebutuhan. Mulai dari perangkat elektronik rumah tangga seperti kulkas, AC, mesin cuci, lemari, karpet, alat untuk bersih-bersih, bumbu dapur, perabotan dan lain sebagainya.

Dan, saya pun sengaja merekomendasikan Bukalapak sebagai tempat berbelanja karena memang, toko online yang satu ini banyak menjual kulkas branded dengan harga murah. Saya sendiri sudah membuktikannya. Diantara beberapa kulkas yang laris dan banyak dibeli di online shop satu ini antara lain:

Sharp Kulkas SJ-X165 MG SJX165 dijual dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan

Kulkas 2 Pintu Aqua Aqr-D275r Inverter dijual dengan harga Rp 3 jutaan

Kulkas Sanyo Aqua D270 2 Pintu dijual dengan harga Rp 2,6 juta

Kulkas Polytron Belleza 3 dijual dengan harga sekitar Rp 2,8 jutaan

Dan masih banyak yang lainnya *berasa jadi sales, ahaha.

Selain harganya murah, belanja di BUKALAPAK bisa dengan mencicil. Pasalnya, saat ini Bukalapak sudah menyediakan fitur BukaCicilan yang bisa kita gunakan untuk kredit barang tanpa harus punya kartu kredit seperti yang selama ini kita tahu.

Jadi kalau budget-mu sangat terbatas dan sedang butuh kulkas. Langsung saja klik web Bukalapak yang jual kulkas dengan harga murah serta menawarkan pembayaran dengan cara kredit tanpa harus punya kartu kredit.

Tapi jangan lupa, agar bisa menggunakan fitur ini kamu perlu menginstal aplikasinya di smartphone berbasis Android atau iOS.

Oh iya, ketika belanja online di bukalapak, kita juga perlu mempertimbangkan biaya kirimnya. Agar total biaya belanjamu jadi murah, pastikan kamu mencari pelapak yang lokasinya berada satu kota atau dekat dengan tinggalmu terlebih dahulu.


Tidak ada komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)