Featured Slider

Rekomendasi Resto Makan dengan Bumbu Kari India yang Khas di Jakarta


Siapa yang suka makan kari unjuk tangan tinggi-tinggi. Sayaaaaaaa ☝.

Membayangkan kuah kentalnya dan aromanya yang seringkali menusuk hidung, membuat saya jatuh cinta dengan kari. Sayang sekali, saya belum menemukan masakan tersebut di Klaten. Karena rindunya, saya sampai membuat indomie rasa kari, ahaha. Padahal biasanya cinta mati sama indomie soto.

Ketika masih bekerja di Jakarta, kantor saya dekat dengan salah satu resto india yang menyediakan menu kari. Ini awal saya menyukai kari, karena sebelumnya hanya biasa saja. Apalagi ada roti canai (eh bener nggak nulisnya? :D)

Kuliner di Ibukota memang terbilang sangat lengkap, termasuk untuk urusan kuliner Luar negeri. Saya pikir, secara keseluruhan Jakarta hanya didominasi resto masakan Jepang china yang biasa terdapat di mall-mall. Namun, setelah dicermati lebih mendalam, ternyata banyak resto yang menjual menu masakan Korea dan India. Kalau Korea terkenal dengan ramen dan kimchi, India populer dengan masakan karinya. Sahabat saya yang traveling ke India sempat menceritakan pengalamannya kalau disana dia makan kari tiap hari, ahaha.

Karena sudah pernah mereview masakan korea, kali ini saya mau gantian membahas tentang menu kari yang notabene menjadi menu sehari-hari di India. Secara keseluruhan, tipikal masakan khas dari India relatif sama dengan masakan khas Indonesia, hanya saja negara Bollywood tersebut tidak mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, melainkan roti gandum sebagai pengganti nasi. 

Berbeda dengan masakan jepang yang butuh beberapa penyesuaian dengan lidah Indonesia, masakan India ternyata sudah cukup sesuai dengan lidah orang Indonesia sehingga sekali mencoba. Sushi mungkin enak bagi beberapa orang, tapi bagi sebagian yang lain tidak cocok di lidah (seperti saya). Beberapa kali nyobain sushi tetap saja nggak doyan :(.

Kalau menu kari, mungkin lebih friendly di lidah Indonesia dibandingkan sushi. Saya langsung menyukai masakan khas India. Bahkan ada soto kari, mie goreng kari ayam dan beberapa masakan kombinasi lainnya yang ada sentuhan karinya, ahaha.

Oh iya, bagi yang tertarik untuk menikmati makanan khas India, berikut ada beberapa rekomendasi restoran yang menyediakan masakan Khas India di Jakarta (Semoga saja besok bisa mereview di Klaten :D):

Kinara

Kinara merupakan salah satu restoran yang menyediakan masakan khas India di daerah Kemang. Nah, karinya bersahabat kok di lidah orang Indonesia. Jadi, kalau teman-teman butuh referensi kare yang enak, kalian bisa kesini. Pelayanannya juga ramah sehingga terkesan hommy. Gawat banget kalau saya dekat disini, bisa-bisa timbangan bakal geser ke kanan karena sering mlipir kemari.

Disini pengunjung bisa menikmati berbagai menu masakan India lainnya yang autentik. Harga hidangan pada restoran ini pun tidak semahal yang dibayangkan. Selain suguhan masakan khas India, kalian juga akan dimanjakan dengan desain interior yang sangat khas dengan bangunan India. Makan disini seakan membuat kalian lupa bahwa kalian sebenarnya masih berada di Jakarta, ahaha.

Queen’s Tandoor

Resto kedua adalah Queen's Tandoor yang ada di Thamrin. Restoran khas India ini juga menawarkan sensasi makan seolah-olah berada di India. Bukan cuma menu masakan yang khas, namun penggunaan piring, mangkuk dan gelas nya pun menyesuaikan dengan kebudayaan India. Di sini teman-teman bisa menikmati berbagai menu masakan khas India didampingi roti canai yang di isi nasi. Berkunjung ke tempat ini, kalian disarankan untuk mencoba menu Palak Shorba atau Sup bayam khas yang dihidangkan bersama cream dan cumin.

Selain itu, cobain juga menu handi chicken curry yang disajikan di mangkuk dari tanah liat. Bumbu karinya bikin nagih dan ayamnya empuk sekali. So yummy!

Go! Curry

Bumbu kari India memang terkenal khas dan cukup banyak kemiripan dengan beberapa jenis kari di Indonesia. Di tempat ini, kalian akan disuguhi makan roti canai yang di cocol dengan kari ayam khas India. Resep kari ayam di tempat ini betul-betul persis dengan kari ayam yang terdapat di India sehingga rasa yang autentik akan kalian dapatkan saat makan di tempat ini.

Hazara Indian Cuisine

Bagi yang memiliki kemampuan finansial berlebih, kalian boleh sesekali berkunjung ke restoran khas India ini. Hazara memang merupakan restoran India mewah dengan harga hidangan yang sangat mahal. Untuk 2 porsi makanan saja, kalian sudah harus mengeluarkan uang sebesar 500 ribuan, ahaha. Sesekali bolehlah nyobain makan kemari.

Dari harganya saja dapat tergambar bahwa hidangan dari restoran ini sangat berkualitas dan mewah. Baru percaya istilah "ada harga ada rupa" ketika jajan disini. Karena memang harganya worth it sama rasanya. Salah satu yang menjadi menu pembuka favorit di tempat ini adalah Punjabi Samosa yang dikabarkan memiliki cita rasa yang enak.

Koh-E-Noor

Restoran satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Jakarta. Restoran ini berada di plaza festival di jalan Rasuna Said, Kuningan. Lokasinya yang strategis, berada di pusat kota membuat restoran satu ini selalu ramai pengunjung. Di sini kalian bisa menikmati berbagai menu khas India yang sesuai dengan lidah Indonesia seperti roti canai yang dicampur kuah kari khas Indonesia. dijamin rasa yang ditawarkan tidak akan jauh-jauh dari cita rasa khas India yang familiar di lidah Indonesia, karena cara membuat kari ayam khas India di sini sudah mendapat beberapa penyesuaian untuk lidah Indonesia.

Demikian beberapa rekomendasi restoran khas India yang terdapat di jakarta. Bagi kalian yang tidak mau repot berkunjung ke restoran tersebut, kalian sebenarnya juga bisa membuat hidangan khas India sendiri di rumah, apalagi untuk menu kari khas India, di internet sudah banyak terdapat resep bumbu kari India sederhana yang bisa kalian terapkan.

Tidak ada komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)