Featured Slider

Pentingnya Merawat Kulit Sejak Bayi

Banyak sekali klinik kecantikan untuk merawat kulit lebih kinclong. Di Klaten saja yang dulu hanya satu atau dua gerai, saat ini sudah lebih dari lima. Itu membuktikan bahwa klinik kecantikan banyak diminati. Para perempuan sudah mulai aware merawat kulitnya agar terlihat lebih cantik dan tentunya lebih sehat.

Lalu,sebenarnya kapan sih mulai merawat kulit?

Jawabannya adalah, SEJAK BAYI! Saya beruntung sekali bisa mengikuti talkshow di Vinolia, Jogja pada 22 Desember 2018 yang membahas tentang Tips Menjaga Saluran Cerna dan Cara Mengenali Jenis Kulit pada Bayi dan Anak. Ada beberapa pemahaman yang menguatkan saya untuk merawat kulit Ray sejak dia lahir.

Dok. Pri: beberapa produk Mustela milik Ray

Contohnya saja, sebelum melahirkan, ketika saya membeli baju, popok dan perlengkapan Ray, saya mencucinya dulu dengan deterjen khusus bayi. Alasannya sederhana; kulit bayi masih rentan. Sehingga saya nggak mau coba-coba. Untuk breast pump dan dotny Ray pun juga sama, saya cuci dengan yang khusus untuk bayi, biar lebih steril.


Mengenal Jenis Kulit pada Bayi


Sebelum merawat kulit, hal pertama yang harus dilakukan seorang ibu (karena intensitas waktu bersama bayi adalah ibu) adalah mengenal jenis kulit bayinya. Saya mengenali jenis kulit Ray sejak dia lahir dan memerhatikan jika ada perubahan. Semula kulit Ray halus dan lembut. Tapi pernah juga mengelupas karena ganti kulit. Kata dokter hal tersebut wajar.

Yang paling fatal adalah ketika pantatnya luka karena ruam popok/iritasi. Kulit dekat anus berwarna merah seperti terbakar. Waktu bayi Ray montok yang menimbulkan beberapa lipatan sehingga rentan terkena ruam. Saya sudah rajin memeriksa lipatan (lengan tangan dan selangkangan) agar terkena udara dan terhindar ruam. Selain itu, saya juga rajin mengganti popoknya. Tapi, ketika bepergian, ternyata Ray pup di pampers dan tidak ketahuan. Karena posisinya, saya sudah mengganti pampersnya dan dia tidak rewel. Huhu. Akibatnya, anusnya iritasi :(. Akhirnya saya bawa ke dokter karena beberapa treatment nggak mempan mengobati iritasinya.

Setelah mengikuti talkshow, saya semakin paham dan yakin kalau kulit bayi wajib dirawat karena sangat sensitif. Buktinya,Ray mudah iritasi dan kulitnya kemerahan, huhu.

Dok. Pri: narasumber dengan jelas memaparkan tips merawat kulit bayi

Dok. Pri: para peserta sangat antusias menyimak pemaparan narasumber

Sebagai bahan informasi, ada beberapa fakta mengenai kulit bayi yang harus diketahui, antara lain:

  1. Lapisan pelindung kulit belum terbentuk sempurna sehingga kulit bayi sangat sensitif
  2. Kulit bayi cenderung kering. Sehingga harus dirawat agar terjaga kelembapannya. 
  3. Kekayaan sel (stem cell) kulit sangat tinggi, dan cenderung menurun drastis di usia 0-2 karena faktor luar. Agar selnya sehat,  kulit bayi harus dirawat sejak dini, sehingga sten cell nya tidak berkurang dengan cepat. 
  4. Bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda. Sehingga untuk merawatnya, perlu mengetahui bayi kita itu memiliki jennis kulit apa.

Dalam talkshow kemarin, dr. Diana menjelaskan beberapa jenis kulit dengan jelas. Yuk kenali jenis kulit bayi kita dengan memerhatikan ciri-cirinya. Simak jenisnya ya!

  • Kulit normal dengan ciri-ciri lembut, lembab dan bersih (kulit idaman nih:D)
  • Kulit kering dengan ciri-ciri kasar, bersisik dan kadang terkelupas 
  • Kulit atopic dengan ciri-ciri sangat kering, gatal dan kadang ada bercak kemerahan
Berdasarkan pemaparan dr. Diana, saya bisa menyimpulkan kalau kulit Ray normal (dengan catatan). Kulit Ray sejauh ini lembut, lembab dan bersih. Dia timbul bintik merah kalau cuacanya panas, tapi kalau sudah tidak panas (dikipasin atau pindah ke tempat yang lebih dingin), bintik merahnya menghilang sendiri.

Merawat Kulit Bayi dengan Mustela


Honestly, ini pertama kalinya saya menggunakan Mustela. Selama 2 Minggu terakhir, saya mengaplikasikan produk Mustela untuk merawat kulit Ray. Dan voilaaaaa, kulit Ray memang lebih lembab dan lembut.

Dok. Pri: nyobain Mustela buat mandi dan masage :)

Menurut Pak Hadi, narasumber dari Mustela menjelaskan bahwa perawatan dasar untuk merawat kulit bayi adalah sebagai berikut:

❤ Sabun mandi
❤ Diaper cream
❤ Face cream
❤ Body lotion
❤ Sabun mandi
❤ Massage oil

Dr. Diana menambahkan bahwa perawatan kulit pada bayi bisa optimal dilakukan setelah mandi. Karena setelah mandi, kulit bayi masih dalam kondisi dingin sehingga mudah meresap. Beliau tidak merekomendasikan pemakaian bedak untuk bayi sesuai dengan pemahaman saya. Jadi, sejak lahir, Ray tidak memakai bedak. Kado yang isinya bedak tidak dipakai sama sekali :D

Keunggulan Mustela


Oh iya, saya mau sharing tentang keunggulan mustela dan sepertinya saya akan repurchase produk ini karena keunggulannya dalam membantu merawat kulit bayi :)


  1. Memiliki kandungan  AVOCADO PERSEOSE. Ini telah dipatenkan untuk melindungi kulit bayi. Avocado perseose merupakan bahan aktif alami yang ada di semua varian mustela. Memiliki sifat biomimetic, dimana strukturnya serupa dengan kulit bayi. 3 manfaat pentingnya adalah: melindungi dan menguatkan kulit bayi, menjaga kelembaban kulit bayi dan menjaga kekayaan sel kulit bayi.a
  2. Keamanan yg terjamin : aman untuk ibu hamil & Bayi sejak baru dilahirkanf
  3. Efikasi : sudah teruji dibawah pengawasan dokter
  4. Prioritas menggunakan bahan alami, 0% alcohol, 0% Paraben
  5. Peduli lingkungan. Karena bahan aktifnya aman dan tidak membahayakan lingkungan.

Bagi teman-teman yang mau nyobain produknya Mustela, kalian bisa membelinya di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com dan JDID

Selain itu bisa juga mengunjungi sosial medianya untuk mendapatkan informasi mengenai perawatan kulit pada bayi:

Website : www.mustela.co.id
Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia 

So, #ApaJenisKulitBayimu ?

Yay! Kukit Ray lembut dan halus dengan Mustela :)


7 komentar

  1. Terima kasih bunda atas informasinya :)

    BalasHapus
  2. Bagus banget ya mustela itu

    BalasHapus
  3. Benar sekali bunda, kita memang harus merawat kulit sejak bayi. Mustela ternyata juga banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
  4. Jadi pingin nyobain mustela buat dedek bayi hehe

    BalasHapus
  5. Mustela keren banget, banyak manfaatnya :)

    BalasHapus
  6. Thanks your for sharing mom

    BalasHapus
  7. Anakku juga cocok, mba, pake Mustela, kebetulan jenis kulitnya juga normal :)

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)