Featured Slider

Mau Mencetak Kemasan Makanan? Di Uprint.id Aja!

Don't judge book by it's cover. Nampaknya pepatah itu tidak berlaku untuk kemasan makanan. Selezat apapun makanannya, kalau kemasannya jelek, saya jadi ilfil mau memakannya, huhu.


Makanya, bagi saya (dan suami), yang hobby jajan, packaging dan rasa tidak dapat dipisahkan. Itu bisa menjadi ajang promosi bagi produsen untuk memasarkan dagangannya. Jadi, masukan buat teman-teman yang sedang merintis usaha makanan untuk memerhatikan desain makanan yang menarik, agar pelanggan ingin membeli lagi dan lagi.

Pengalaman buruk sekali, tetap diingat di hati

Saya penggemar berat kebab. Ketika mengandung Ray usia 4 bulan, saya ngidam makanan yang notabene merupakan khas Turki itu. Beberapa outlet di Klaten saya coba satu per satu. Kurang lebih 5 outlet berbeda saya coba beli dan hanya sekali. Tidak ada niat untuk membeli lagi. Kenapa? Pertama, karena rasanya nggak enak. Kedua, karena kemasan kebab yang mengecewakan.

Isi kebab itu ada sayur dan daging yang dilumuri saos dan mayones. Makanya biasanya, gramasi kemasannya agak tebal. Selain itu, bentuknya juga memanjang, seperti persegi panjang, menyesuaikan bentuk kebab. Saya pernah 3 kali beli kebab di outlet yang berbeda. Pertama, kebabnya dikemas dengan sterofom. Kedua, pengemasannya dengan kertas tapi gramasinya tipis, sehingga saos dan mayonesnya bisa tembus :(. Dan yang terakhir dikemas dengan kemasan plastik yang disteples tengah-tengahnya. Setelah membeli, saya tidak kembali untuk repurchase, karena kemasannya sembarangan, huhu.

Jualan makanan itu memang harus menjaga kualitas rasa dan pengemasannya. Karena kalau sekali saja pelanggan merasa kecewa, dia akan enggan membeli lagi. Seperti yang saya bilang, kalau pengalaman buruk ketika membeli, akan diingat dalam hati. Beruntung kalau hanya diingat sendiri, lha kalau jadi testimoni yang mempengaruhi pelanggan lain kan bisa fatal.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat kemasan makanan? Beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan bahan rekomendasi.

1. Fungsional

Kemasan yang dibuat hendaknya bersifat fungsional (sesuai fungsinya). Baik secara desain maupun kualitas kertasnya. Misalnya saja tadi yang saya ceritakan, untuk pembungkus kebab biasanya berbentuk persegi panjang dengan gramasi kertas yang agak tebal agar saos dan mayonesnya tidak tercecer.

2. Unik dan menarik

Oh iya, dalam marketing, faktor kemasan yang dibuat secara unik dan menarik juga bisa membuat konsumen suka lho. Tentunya harus diimbangi dengan kualitas rasa makanannya. Bohong banget kalau kemasan unik dan menarik, tapi rasa makanan hambar. Maksud saya, dengan desain kemasan unik dan menarik, bisa menjadi "pembeda" dari produk lainnya. Sehingga saat konsumen mau membeli, mereka bisa menyebutkan keunikan tersebut.

3. Untuk branding

Hal ini berkaitan dengan poin nomor 2. Dengan mendesain kemasan yang unik dan menarik, itu membuat produsen memiliki ciri khas tentang produknya. Hal itu bisa dijadikan sebagai "branding".

4. Ajang komunikasi dan promosi

Dalam kemasan produk, produsen dapat berkomunukasi dengan konsumennya. Biasanya ada apa saja sih dalam sebuah kemasan makanan? Biasanya ada nama brand, komposisi, expired. Itu beberapa hal yang biasanya ada dalam kemasan makanan. Jadi, kemasan produk bisa dijadikan komunikasi.

Tidak hanya sebagai komunukasi saja, tidak jarang para produsen membubuhkan nomor ponsel atau hot line di kemasan produknya. Sehingga, konsumen dapat memberikan kritik dan sarannya secara langsung. Selain itu, menurut saya, hal tersebut bisa menjadi salah satu bagian dari promosi. Jika konsumen menyukai, bisa memesan makanan tersebut untuk partai besar. Hal ini juga pernah saya alami sebelumnya. Saya mencicipi kue oleh-oleh yang kemasannya tercantum nomor HP. Karena rasanya enak, saya memesan langsung via nomor itu untuk acara di pengajian. Coba kalau di kemasan tidak ada nomor HP nya? Mungkin saya hanya berhenti sebagai penikmat saja tanpa memesan sendiri, kan?

5. Ekonomis

Nah, kalau poin 5 ini saya menyoroti dari pihak produsennya. Membuat kemasan yang bagus juga harus memerhatikan harganya, sehingga tidak mengganggu biaya produksi. Hehe. Mencetak dalam jumlah yang banyak bisa menjadi solusi, tapi kan belum tentu produksinya juga banyak kalau di awal-awal memulai bisnisnya? Jadi, memilih perusahaan percetakan juga penting. Karena akan melakukan kerjasama secara berkesinambungan dalam hal mencetak kemasan makanan. Sebagai solusinya, saya mau berkenalan lebih dekat dengan uprint.id

Mengenal uprint.id

Uprint.id merupakan sebuah perusahaan percetakan online, lho. Untuk yang baru memulai bisnis kuliner dan sering mencetak kemasan makanan, bisa juga berkenalan dengan perusahaan ini. Semula, uprint.id bernama pusatpercetakan.com. Sampai saat ini, uprint.id sudah berkiprah dalam dunia percetakan di Indonesia selama 5 tahun.

Saya sempat kepo ke websitenya, dan ternyata memang desain kemasan makanan yang dibuat sangat eye catching. Ada box nasi kotak, dus martabak, brownies dan lainnya. Teman-teman yang menekuni bisnis makanan, bisa memesan desain kemasan disana.

Setidaknya ada 3 hal yang menjadi alasan memesan kemasan makanan disana:

1. Hemat waktu dan uang

Era digital memudahkan kita untuk memesan apa-apa via online. Bagi para pebisnis, waktu adalah uang. Sehingga, untuk membuat desain dan mencetak kemasan tidak perlu lagi survey percetakan, karena sekarang ada uprint.id yang bisa mencetak secara online.

Pesan di uprint.id, bisa menghemat waktu sekaligus uang, lho. Sekali klik di rumah, kemasan makanan sudah jadi, nggak perlu mengantri. Price listnya juga bisa diakses secara langsung  :). Praktis kan?

2. Desain on web

Desainnya langsung di webnya. Pengerjaannya cepat dan mudah, kok. Kalau merasa kesulitan bisa konsultasi ke CS uprint.id agar bisa dibantu.

3. Fasilitas lengkap

Fasilitas di uprint.id lengkap sekali. Peralatannya lengkap dalam satu area workshop. Nggak heran kalau mereka mengklaim kalau kualitas cetakan yang dihasilkan sudah memenuhi standar internasional. Ternyata memang uprint.id sangat peduli dengan kepuasan pelanggannya. Makanya, fasilitasnya pun dijamin lengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Nah, buat teman-teman yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner, semoga sukses dan laris ya. Jangan lupa mendesain dan memilih kemasan untuk produk makanannya :). 

5 komentar

  1. Bener banget tuh Bun kemasan produk yang menarik akan menarik minat konsumen juga

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya tenntang uprint.id. Ternyata mencetak kemasan bisa dilakukan secara online juga

    BalasHapus
  3. Banyak kelebihannya ya kalau cetak kemasan makanan di uprint.id

    BalasHapus
  4. Ini nih yang disukai pembeli. Prosesnya mudah dan cepat hehe

    BalasHapus
  5. Koko aku jadi penasaran ya. Aku mau buka websitenya uprint.id dulu ah hehe

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)