Featured Slider

Makan Siang Bersama Keluarga di Sop Iga Jowin Klaten

Bisa jodoh menemukan masakan iga yang pas di lidah dan bersahabat di kantong membuat saya bahagia :D. Pas bumbunya, pas empuk juga dagingnya. Kalau di Klaten, saya tidak akan sungkan merekomendasikan Sop Iga Jowin.

Lagi-lagi saya dikenalkan mertua saya dengan warung makan yang enak. Beliau memang hobby mencicipi kuliner baru. Prinsip beliau, kalau nggak enak atau terlalu mahal, ya besok nggak bakal datang lagi. Berbeda dengan saya dan suami, kalau sudah menemukan tempat yang pas, enggan mencoba kecuali ada rekomendasi. Oh iya, jadi inget kalo Pak Mertua pernah ngajak makan siang ke Mbantul, ahaha. Klaten-Mbantul itu 1.5 jam shay, dan itu cuma buat mencicipi kuliner aja. Nggak ada urusan lainnya. Untung enak, kalo nggak (yaaa jajan yang lain).

Baca juga: Ingkung Warung Ndeso Mbantul

Pas dikasih tahu Pak Mertua kalo sop iga jowin jempolan, saya percaya, karena lidah Pak Mertua dengan saya sebelas duabelas. Benar saja pertama kali mencicipi sopnya, aroma bumbu rempahnya kuat. Selain itu disajikan dengan kuah panas. Enak banget!

*kuah panas itu maksudnya kuahnya puanas bangeet hingga uapnya mengepul. Karena ada lho yang jualan sop atau soto atau kuliner yang memakai kuah lainnya, kuah yang disajikan panasnya kurang nampol, sehingga mengurangi rasanya :(

Tidak hanya saya dan suami yang ketagihan jajan disini, tetapi bapak dan ibu saya sudah beberapa kali makan siang di warung Jowin ini. Kayak hari ini saya membawa Lintang untuk makan siang. Eh ternyata dia pernah datang kesini sama pelatihnya. Hmm, asyik dateng kesini, makanannya enak! Katanya.

Menu andalan

Nah, menu khas disini adalah iga. Saya pernah mencicipi sop iga dan iga bakar. Dua-duanya enak pake banget. Kalau pesan iga bakar tetap dikasih kuah di mangkuk kecil. Jadi tetap bisa merasakan segar rempahnya. Selain itu ada acar sama sambalnya juga dikasih di atas piringnya.


Kalau sop iganya nggak ada tambahan acar. Hanya sop saja yang isinya kentang, wortel, loncang, irisan bawang, sledri. Lengkap! Rasanya khas. Bapak saya yang sudah sepuh biasanya anti iga atau daging karena alot dan gigi beliau linu kalau harus mengunyah keras. Tapi pas diajak kesini, beliau langsung mengerlingkan mata sambil bilang "Kok enak ya?" :D.

Apakah hanya menjual iga saja? Tentu tidak! Ada ayam goreng, rawon sama sop manten. Saya juga sudah pernah mencicipi ayam gorengnya. Lumayan enak. Tapi tiap kesini seringnya memesan iganya. Kalau rawon sama sop manten belum pernah nyobain, jadi maafkan kalau nggak bisa komentar banyak :p.

Untuk minum biasanya saya memesan es teh manis. Rasanya juga pas. Es batunya kristal yang bentuknya silinder. Gulanya pake gula batu. Ada menu beras kencur sama gula asem juga, tapi menurut saya nggak cocok buat saya karena mengakibatkan saya cepat haus. Jadi paling pas ya es teh.

Tempatnya bersih dan nyaman

Kalau dulu pertama kali kesini, tempatnya belum luas seperti sekarang. Dulu hanya tempat duduk depan saja yang berhadapan dengan kasir. Tapi sekarang lebih luas karena sebelah samping sudah dipakai untuk tempat makan juga.

Tempatnya nyaman dan bersih. Sirkulasi udara dan cahayanya bisa langsung masuk, jadi pas makan terasa sejuk. Disini nggak ada lesehan, semua pakai meja dan kursi. Tempat favorit saya di sofa paling ujung. Selain bisa bebas rokok, saya bisa menidurkan Ray dengan nyaman.

Parkirnya cukup luas. Meskipun ramai pengunjung, saya belum pernah kesulitan mencari parkir. Biasanya dibantu salah satu karyawannya kalau tidak ada tukang parkir.

Pelayannya kebanyakan sudah agak sepuh. Mereka sopaaan banget kalo nawarin menu atau menyajikan menu ke pelanggan. Bahkan pernah ditanyain tentang rasa sopnya. Kurang apa. Enak apa nggak. Mungkin untuk bahan evaluasi mereka.

Harga

Satu porsi iga dibandrol 22 ribu. Tambah nasi putih 3 ribu. Jadi 25 ribu. Es teh 3 ribu. Duh udah kayak kasir aja :D. Menurutku, harga segitu worth it banget. Karena pernah beli iga bakar seharga 35 ribu dan rasanya zonk.

Eh tapi mahal murah itu relatif, ya :p.

Pokoknya kalau lagi main ke Klaten dan pengen yang seger, sop iga Jowin bisa jadi referensi teman-teman.

Lokasi

Jalan Kopral Sayom, Ngentak, Mojayan, Klaten. Buka mulai jam 10 pagi sampai habis.

Bakalan balik jajan kesini ga? Tentu!

1 komentar

  1. Baiklah, kalau balik kampung, mau coba juga aaaaah🤗

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)