Featured Slider

Mau Kulit Wajah Sehat dan Cerah? Please, jangan Sepelekan 5 Hal Berikut Ini

"Wajahnya cerah sekali, Sist? Pakai apaan sih?"

"Enggak kok, cuma pakai air wudhu"

Trus tiba-tiba hening.



Kuwudhu minimal sehari 5 kali, tapi kenapa wajah kucel dan kusam. WHYYYYYY? Percakapan diatas real, lho. Saya pernah menanyakan salah satu teman saya SMA. Tips wajahnya yang bisa cerah (meskipun tanpa senyuman). Kalau saya kan memang harus effort buat mendapatkan wajah yang shining. Karena dasarnya kulitnya sawo matang dan wajah auto judes. Jadi kalau nggak melakukan perawatan dan sesungging senyuman, wajah kelihatan kucel dan kelihatan marah setiap hari 😆.

Sebelumnya, saya tidak aware dengan perawatan kulit, terutama wajah. Karena menurut saya ribet banget. Harus pakai ini itu, tapi nyatanya merasa sama saja. Ditambah lagi, kulit saya termasuk kulit badak yang tahan banget kena debu dan terik matahari. Tapiiiii, saya merasa ada yang berubah setelah 2 tahun terakhir. Kulit wajah terlihat kusam dan mulai ada flek hitam di sekitar pipi.

Merawat kulit itu adalah investasi bagi perempuan. Nggak harus mahal kok buat mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah sehingga membuat kita lebih percaya diri (di depan suami, eh!). Honestly, saya mulai merawat diri karena saya mau, bukan karena orang lain. Bahkan sejak memiliki suami pun, saya masih mengabaikan masalah kulit. Btw, saya pernah dikira nanny-nya Ray ketika menjaganya di Rumah Sakit. Hal itu karena saya kepedean memasang bare face dan gak memoles wajah selama 3 hari berturut-turut. Suami yang siaga di luar dengan setelan polo dan celana jeans ditanyain sama ibu yang kebetulan menjaga anaknya di sebelah kamar Ray. Intinya sih mengira kalau saya yang momong Ray.

Keesokan harinya saya mengobrol dengan ibu tersebut dan beliau minta maaf telah mengira kalau saya ternyata ibunya Ray (bukan nanny-nya). Beliau juga sudah minta maaf sama suami sebenarnya saat ngobrol pas malam sebelumnya. Dari percakapan itu, kami malah jadi akrab.

Setelah bercermin, ternyata wajah saya kucel dan kusam. 3 hari begadang jaga di RS. No make up. Ditambah pakai daster panjang dan kerudung bergo, yang kata teman saya identik dengan kerudung nanny (pembantu-RED). Setiap mengenang kejadian itu, saya dan suami bisa tertawa sendiri. Swear, saya nggak merasa tersinggung sama sekali dengan kejadian itu.

Nah, demi menjaga dan merawat kulit saya agar lebih sehat, 5 hal ini saya lakukan secara rutin. Biasanya saya mengabaikannya, heuheu. Ini kelihatan sepele lho, tapi kalau diabaikan bisa membuat kulit kusam dan parahnya timbul flek hitam :(

1. Minum air putih yang cukup


Saya minum air putih minimal 2 liter per hari. Tidak hanya sekadar wacana, tapi saya beneran menghitungnya hingga tercapai 2 liter. Apalagi saya juga sedang menyusui. Saya makin semangat lagi.

2 liter itu kelihatannya banyak banget, makanya butuh manajemen waktu yang pas biar perut nggak kembung. Air berfungsi untuk melembabkan kulit, jadi kalau kita malas minum air putih, jangan heran kalau kulit kita kering dan kusam *toyor! Masih malas buat minum? Ahaha. I say No.


2. Konsumsi buah dan sayur

Hmmm, bagi pecinta food combining, buah dan sayur tidak asing lagi. Tapi bagi saya? Harus berjuang untuk rutin. Hempaskan junk food dan indomie yang enaknya bukan main tapi nggak bagus buat pencernaan dan kulit untuk jangka panjang.

Dalam buah dan sayur terdapat vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan kulit. Ada juga beberapa sayuran yang mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi memperlambat penuaan dini. Demi kemaslahatan dan kecantikan kulit, saya mulai ngelist buah dan sayuran favorit untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Olahraga

Jangan ngeluh pengen sehat kalau olahraganya malas. Jangan ngeluh kulit kusam kalau jogging 10 menit aja manja, ahaha. Honestly, saya juga bukan penggila olahraga. Tapi, sejak melahirkan, saya menyadari pentingnya olahraga.

Nafas jadi nggak engap, tidur lebih nyenyak dan kulit lebih sehat nggak kusam. Kok bisa? Karena saat olahraga, keringat yang kita keluarkan melalui kulit merupakan metabolisme alami tubuh. Selain itu, sirkulasi darah lebih lancar sehingga membuat kulit nggak kering.


Bagi yang merasa malas buat olahraga, langkah awal pilih olahraga yang paaaaling simple dan ringan. Jogging ke pasar. Sit up atau push up setelah bangun tidur. Atau berenang bagi yang suka main air :p

4. Membersihkan wajah sebelum tidur

Hal sepele yang duluuuuuu banget sering saya skip dengan alasan capek dan ngantuk, huhu. Tapi step ini penting banget karena sebelum tidur, kulit wajah harus bersih dari noda, debu atau bekas make up.

Kalau masih kotor dan kita langsung tidur, bisa jadi sisa kotoran akan menyumbat pori yang nantinya akan menyebabkan jerawat atau komedo, huhu.

5. Rajin Skincare-an

Ngelap wajah sebelum tidur aja malesnya ampun apalagi disuruh rajin skincare an, ahaha. Tapi, menjaga dan merawat kulit merupakan investasi jangka panjang. Jadi yaaa, mau nggak mau kita harus merawatnya agar nanti pas usia 40 an, kulit kita ga kusam dan cepat keriput.

Seringkali, cantik itu butuh usaha (dan BIAYA). Jadi, jangan malas buat skincare-an untuk memperoleh kulit wajah yang sehat dan cerah. Bisa juga treatment pakai bahan-bahan alami lho. Misal saja maskeran pakai madu, atau mengoles lemon ke wajah. Jadi memang ada yang rajin banget merawat kulitnya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Ada juga yang praktis membeli tanpa repot bikin ini itu. Saat ini, banyak kok brand yang menyediakan skincare murah. Salah satunya adalah wardah yang memiliki skincare pencerah wajah dengan harga yang affordable; Wardah Lightening Series. Sesuai namanya, produk ini berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Pengalaman Nyobain Wardah Lightening Series


Akhirnya saya nyobain produk kecantikan lokal milik wardah ini. Sebelumnya saya sudah ganti-ganti skincare. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, kulit wajah saya ini kulit badak. Jarang jerawatan (naudzubillah). Saya mulai rajin skincare-an karena ingin kulit lebih sehat dan cerah.

Btw, sebelum menggunakannya, saya membaca dulu review dan step-step menggunakan wardah lightening series ini. Produk ini membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. Hal tersebut juga saya simpulkan setelah membaca formula yang terkandung dalam setiap produknya. Ada SPF 30 PA+++ yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Selain itu dilengkapi dengan Allantoin, vitamin E, seaweed extract untuk mengontrol minyak berlebih di kulit. AHA yang berfungsi untuk meregenerasi sel. Serta Vitamin B-Licorice untuk mencerahkan kulit secara intensif.

Nah, berikut pengalaman saya selama mengaplikasikan produk ini di wajah saya, simak yuk!

Isi Produk

Lightening day cream 20 ml
Lightening night cream 20 ml
Lightening facial serum 5 x 5 ml
Lightening creamy foam 60 ml
Lightening facial scrub 60 ml

Step Menggunakan Wardah Lightening Series


💓 Lightening creamy foam 60 ml


Kandungan: Licorice extract dan vitamin B3 yang berfungsi membantu mencerahkan wajah. Grape seed extract sebagai antioksidan. Pro Vitamin B5 dan Seaweed extract untuk menjaga kulit tetap lembab.

Cara pakai: pencet tube-nya, letakkan foam ke telapak tangan secukupnya. Basahi dengan air dan usap ke wajah secara merata. Bilas deh sampai bersih.

Aplikasi di kulit saya: Tahap pertama saat memakai skincare adalah cleansing. Nah, creamy foam wardah ini lembut sekali. Sebelum memakai ini, saya biasanya memakai micellar water dulu sebagai cleansing pertama dan foam ini untuk double cleansing-nya. 

Formula double lightening system dan moisturizer nya berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, sebum dan sisa make up secara optimal tanpa membuat kulit saya kering. Oh iya, aromanya wangi. Kalau selesai membasuh muka, wajah saya menjadi agak licin :D.

💓 Lightening facial serum 5 x 5 ml


Kandungan: Ada aloe vera dan vitamin E untuk melembabkan kulit.

Cara pakai: Teteskan serum di telapak tangan (5 tetes), usapkan ke wajah secara merata. Biarkan serum meresap ke kulit dengan sempurna. Saya biasanya menepuk pelan menggunakan kedua tangan.

Aplikasi di kulit saya: Bentuknya cair bening. Kirain hanya perlu 2 atau 3 tetes saja, ternyata wajah saya butuh 5 tetes serum untuk lebih merata :D. Karena bentuknya cair, serum ini cepat meresap di kulit. Pipi saya jadi kayak kenyal gitu, hihi.

💓 Lightening facial scrub 60 ml

Kandungan: aqua, acrylates, copolymer, polyethylene, sodium laureth sulfat, sodium lauroyl sarcosinate, PEG-3 distearate, glycerin, hydroxyethylcellulose, cocamidopropyl betajne, fragrance, sodium chloride, glycyrrhiza glabre root extract. Kyaaa komposisinya banyak syekali *googling satu-satu

Cara pakai: sama kayak pemakaian facial foam, cuma bedanya, untuk scrub ini saya fokus di area hidung untuk membersihkan komedo. Karena berfungsi sebagai eksfoliate, saya memakainya 2 hari sekali pas malam hari sebelum tidur.

Aplikasi di kulit saya: Membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Butiran scrub -nya yang lembut dengan formula PH balance membuat kulit terasa nyaman. Kulit wajah saya nggak iritasi sama sekali saking lembutnya scrub ini. Dan 2 minggu pake ini, komedo saya jadi berkurang, padahal semula kayak hidung badak, ahaha.

Btw, kakak saya merasa ga cocok pakai scrub ini karena panas di kulit saat diusap. Beliau merasa butiran scrubnya terlalu besar untuk kulitnya sehingga iritasi. Mungkin karena kondisi kulit beda-beda, jadi tube wardah beliau dihibahkan pada saya. Alhamdulillah cocok buat komedo yang membandel *terharu*.

💓 Lightening day cream 20 ml


Kandungan: SPF 30 PA+++

Cara pakai: Oleskan tipis merata di wajah dan leher.

Aplikasi di kulit saya: Jadi, memakai sunblock itu hukumnya wajib, sist! Demi investasi kulit wajah cerah alami. Dan sunblock dari wardah ini berbentuk cream yang lembut. Awalnya agak lengket tapi setelah lama-lama diusap ke wajah, ternyata cepat menyerap di kulit. Krim siang dan malam ini tube-nya sama, sehingga saya sering lieur bedainnya, heuheu. Bedanya cuma di tulisan doang (*yaiyalah!).

💓 Lightening night cream 20 ml


Kandungan: 7 active whitie complex, vitamin B3 dan AHA

Cara pakai: Oleskan tipis merata di wajah dan leher.

Aplikasi di kulit saya: Beberapa kali sering skip pake krim malam karena ketiduran, huhu. Pas pakai krim malam ini, paginya wajah jadi lembab. Dibasuh pakai air rasanya ada yang beda. Engg, gimana jelasinnya ya, huhu. Trus gagal jadi beauty blogger :p.

Oh iya, ini gambar tektur masing-masing produk ya




Testimoni keseluruhan: 

Menggunakan series ini selama 2 minggu, membuat kulit saya cerah dan lembab. Yang paling kelihatan adalah berkurangnya komedo di bagian hidung. Untuk hasil yang lebih optimal bisa ditambah menggunakan series wardah lainnya dan tentunya digunakan secara ISTIQOMAH! Step pemakaian lightening series ini:  cleanser-cuci muka pake foam-toner-serum-moisturizer-sunblock dan setiap 2 hari sekali pakai scrub. Jadi, saya memakai series ini mwngkombinasikan dengan cleanser dan toner.

How to Order?

Kalau teman-teman mau nyobain produk ini juga untuk mengatasi kulit kusam, produknya mudah dibeli baik offline maupun online. Di supermarket yang ada stand wardah biasanya ada. Kalau mau praktis, bisa order via online seperti shopee, lazada, tokopedia, jd.id, dan marketplace lainnya. Harganya variatif, mulai dari 110 ribuan. 

Kalau mau lebih murah, teman-teman bisa beli pas ada promo atau flash sale. Dengan harga segitu, menurut saya worth it lah. Apalagi produknya dapat banyak :p.

Kalau mau tahu produk-produk Wardah lainnya, teman-teman bisa mengunjungi akun instagramnya di @wardahbeauty atau website resminya di https://www.wardahbeauty.com

Teman-teman punya tips merawat wajahnya biar tetap sehat dan cerah? Yuk sharing di komentar. Please jangan bilang cuma rajin wudhu. Saya envy dengan jawaban itu. Karena sebagai muslimah (taat) yang juga rajin wudhu, wajah saya tidak sekinclong itu hanya dengan air wudhu 💔
2 minggu setelah pake lightening series wardah. No edit. Bagian kelihatan banget berkurang komedonya, biasanya jelas banget :(

Selamat lebaran, mohon maaf lahir batin teman-teman ;)

28 komentar

  1. Wah sepertinya porsi minum air putihku kurang nih. Kalau bisa mau ditambah nih hehe

    BalasHapus
  2. Wah ternyata dengan meminum air putih yang banyak bisa menjaga kulit ya

    BalasHapus
  3. Wah ternyata memang banyak cara alami yang bisa memutihkan wajah ya

    BalasHapus
  4. Wah bagus banget nih ya Mbak produk wardahnya. Keren banget Mbak

    BalasHapus
  5. Wah bisa dicoba nih Mbak, ternyata bisa ya dengan melakukan olahraga

    BalasHapus
  6. Wajah auto judes LOL. Pengen nya wajah auto kinclong bisa ga mba? Hehehe boleh juga nih rekomendasi skincare wardah nya yang lightening series biar auto kinclong

    BalasHapus
  7. Minum air putih yang cukup memang penting banget. Apalagi kalau cuacanya lagi panas. Nanti ditambah dengan rutin menggunakan skincare supaya makin terlihat terawat

    BalasHapus
  8. Merawat kulit wajah itu gak susah kata dokter klit yang pernah aku temui, intinya disiplin. Nah pakai perawatan kulit di rumah juga bantu banget untuk merawatnya dan yang paling penting jangan lupa pakai sunblock. Kalau buat aku pantang deh lgs tidur tanpa membersihkan wajah plus mandi:)

    BalasHapus
  9. Yawlaaaa aku ngakak pas bagian di rumah sakit itu. Yang sabar ya Ayaaa.... aku klo di rumah sengaja bare face dan morat-marit gitu, biar pas bukain pintu saat ada yg minta sumbangan bisa bilang : nyonyah ga ada, lain kali aja yaaa.. :))

    Tapi emang lho perawatan wajah itu penting, mulai dari kecukupan air putih hingga penggunaan skincare. Apalagi buat aku yang udah 40 plus gini, pentiiiinggg banget. Harus mulai dari 25an ngerawat wajahnya, beneran.

    Btw aku ikutan pake Wardah lightening scrubnya keponakanku. Enak yaaa.. aromanya wangi lembut. Hasilnya pun enggak bikin muka kering.

    BalasHapus
  10. Dulu saya malas banget cuci muka akibatnya wajah jadi kusam dan lebih tua. Setelah baca ulasan teman-teman tentang skincare saya jadi terusik untuk lebih perhatiin perawatan diri. Padahal zaman masih kerja di Bandung wajah saya kinclong dan bersih, dengan wudhu dan rajin cuci muka sebelum bobo. Juga pakai Wardah meski cuma pelembap dan bedak rutinnya. Plus lipstik.
    Setelah menikah, malah abai karena merasa sudah laku, ha ha. Padahal suami juga harus disenangkan dengan penampilan istri yang cantik.
    Saya baru pakai Wardah facial wash lidah buaya. Pada mulanya tidak cocol larena malah bkin wajah saya tambah berminyak. Seiring waktu ada hasilnya. Kulit wajah saya lebih lembap dan cerah. Pori-pori yang besar mulai mengecil. Jelas butuh waktu pemakaian meski awalnya saya panik dulu. Mungkin berminyak karena belum terbiasa atau membuang banyak sisa minyak karena wakah tidak pernah dibersihkan pakai pembersih wajah, paling sabun mandi biasa yang sudah jelas kurang efektif.
    Saya suka Wardah. Selalu cocok untuk saya. Padahal saya takut pakai produk kecantikan karena takut tidak cocok. Umur sudah kepala 4 jadi harus hati-hati.

    BalasHapus
  11. Dulu saya malas banget cuci muka akibatnya wajah jadi kusam dan lebih tua. Setelah baca ulasan teman-teman tentang skincare saya jadi terusik untuk lebih perhatiin perawatan diri. Padahal zaman masih kerja di Bandung wajah saya kinclong dan bersih, dengan wudhu dan rajin cuci muka sebelum bobo. Juga pakai Wardah meski cuma pelembap dan bedak rutinnya. Plus lipstik.
    Setelah menikah, malah abai karena merasa sudah laku, ha ha. Padahal suami juga harus disenangkan dengan penampilan istri yang cantik.
    Saya baru pakai Wardah facial wash lidah buaya. Pada mulanya tidak cocol larena malah bkin wajah saya tambah berminyak. Seiring waktu ada hasilnya. Kulit wajah saya lebih lembap dan cerah. Pori-pori yang besar mulai mengecil. Jelas butuh waktu pemakaian meski awalnya saya panik dulu. Mungkin berminyak karena belum terbiasa atau membuang banyak sisa minyak karena wakah tidak pernah dibersihkan pakai pembersih wajah, paling sabun mandi biasa yang sudah jelas kurang efektif.
    Saya suka Wardah. Selalu cocok untuk saya. Padahal saya takut pakai produk kecantikan karena takut tidak cocok. Umur sudah kepala 4 jadi harus hati-hati.

    BalasHapus
  12. Aku juga pakai Wardah tapi blm cobain yg seri ini.. TFS mba..ntar mo nyobain juga ah..

    BalasHapus
  13. Aku pakai Wardah juga, dari pelembab sampai cream pagi dan malam. Tapi bukan yang lightening series ini. Murah juga ya 110 ribu dapat semua itu? Eh masa sih sampai dikira nanny nya Ray? Sabar ya Aya, hihiii... maaf loh sempat nahan senyum pas dikira nanny itu.

    Tapi bener sih wajah kudu dirawat, apalagi Aya masih mudah dan belum telat untuk mengupayakan kulit wajah jadi sehat

    BalasHapus
  14. Saya baru pakai pembersihnya aja, Mbak hehehe
    Jadi tertarik untuk pakai semua rangkaian perawatannya nih. Soalnya kulit terasa kering dan suka muncul komedo

    BalasHapus
  15. Asik, udah kinclong pas banget yaa lebaran jadi pada pangling saat silaturrahim. Eh mbak, sepaket itu 110ribu atau per item?
    aku lagi cari lightening series supaya wajah kinclong ke Ayana yang gadis Korea berjilbab itu lho. *mimpi

    BalasHapus
  16. Saya juga pakai Wardah. Tapi cuma day cream sama night cream ya saja. Pengen coba yang sérum serta penghilang komedony juga

    BalasHapus
  17. aku pilih wardah karena ramah di wajah juga di dompet

    BalasHapus
  18. Wah jadi kinclong banget. Kalo ketemu Aya sekarang, udah berubah banget nih wajahnya ya hehe...

    BalasHapus
  19. Duh, aku olahraga nih yang masih susah. Padahal pengen sehat, tapii giliran prakteknya susah bingiiit 😆

    BalasHapus
  20. Jadi rajin wudlunya ga dimasukin dalam tips, nih? Hihihi...
    Selamat ya, sekarang wajahnya udah kinclong kok.

    BalasHapus
  21. Aku biasa pke wardah jg tp giliran oke yg serum kurang cocok jd aku berhentiin..mungkin saat otu aku blm perlu serum2 an..

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah,
    Cocok yaa...

    Aku gak cocok pakai yang lightening seriesnya Wardah.
    Mungkin karena usia uda 30++ yaa..
    Jadi beralih ke Wardah Renew You.

    Wkkwkw...tuwir amat si gw..

    BalasHapus
  23. sabar ya mba Ay, pasti si ibu di RS malu banget itu wkwkwk sekate2 ya ngira yang momong Rey :D
    aku dulu pake rangkaian lightening series ini cuman wajahku ga light2 wkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Perawatan skin care Wardah bagus dan aman di kantong juga ya mba. Itu beneran komedonya ga keliatan.

    BalasHapus
  25. Huwa makasih tipsnya mbaaa, komplit banget ini lengkap wardahnya.
    Aku juga belum pernah make semua produk wardah, nah kalo mau bobok ini aku yang serign kali malas bersihkan wajah

    BalasHapus
  26. Intinya disiplin ya mba.. dan pakai produk yang paling pas dengan kebutuhan kulit kita ya. Udah kinclong nih

    BalasHapus
  27. Muka Aya judes?? Lha mukaku apa kabar.. Hahaha. Tp bener sih, skincare itu penting. Apalagi stlh melahirkan itu, entah krn hormon atau pola hidup yg berubah, muka berasa tambah kusam dan mulai muncul flek.

    BalasHapus
  28. Saya pakai perpect brigth creamy foamnya, suka banget, sudah beberapa kali repurchased, baca keseluruhan produknya jadi pengen coba semua biar kulitnya cerah kayak mba Aya

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)