Featured Slider

Gejala Demam Berdarah yang Wajib Anda Ketahui



Penyakit demam berdarah adalah infeksi virus yang menyakitkan dan melemahkan serta menyerang tubuh seseorang. Kondisi ini menyebabkan beberapa gejala indikatif termasuk demam tinggi. Penyakit ini termasuk menular yang bisa ditularkan melalui satu-satunya pembawa yaitu nyamuk aedes aegypti. 

Penyakit ini tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, tetapi nyamuk yang memiliki virus dengue yang menularkan ke orang lain untuk menularkan darah yang terinfeksi. Demam berdarah sering didiagnosis dengan memeriksa semua gejala yang dialami pasien dan melakukan tes darah untuk memeriksa virus atau antibodinya. Demam berdarah bisa menyerang orang-orang dari segala usia, termasuk anak kecil.

Virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk akan menyebabkan demam berdarah. Kondisi ini berarti saat nyamuk menggigit orang yang terinfeksi, nyamuk tersebut akan menjadi pembawa yang dapat dengan mudah menularkan virus ke orang berikutnya yang digigit. Ada empat jenis virus dengue yang menyebabkan infeksi dengue, dan mereka berkaitan erat. 4 jenis virus tersebut juga berkaitan dengan virus yang menyebabkan infeksi dan demam kuning. Artinya, virus dengue paling umum terjadi di daerah tropis, seperti India, Asia Tenggara, Cina selatan, Taiwan, kepulauan Pasifik, kepulauan Karibia, Meksiko, Afrika, dan Amerika Selatan. Oleh karena itu, seseorang yang diduga menderita demam berdarah akan ditanya apakah dia baru saja bepergian ke daerah tropis.

Nama "demam berdarah" mungkin terkesan membingungkan. Karena seseorang yang menderita infeksi demam berdarah akan mengalami gejala lain yang tidak hanya demam, tetapi serangkaian gejala demam berdarah lain termasuk :

- Ruam kulit
- Nyeri hebat di kepala dan otot
- Nyeri di belakang mata
- Sakit kepala parah
- Nyeri sendi dan otot yang parah
- Menggigil kedinginan
- Diare
- Muntah
- Kelelahan ekstrim
- Pendarahan ringan, seperti gusi berdarah atau hidung berdarah

Gejala-gejala demam berdarah ini biasanya muncul empat hingga enam hari setelah seseorang terinfeksi dan bisa bertahan hingga 10 hari. Setelah gejala-gejala ini dialami, pasien harus mencari pengobatan segera karena ini adalah infeksi progresif. Artinya bahwa ia memiliki kecenderungan untuk menjadi serius dan bahkan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani. Di sinilah demam berdarah menjadi cukup berbahaya.

Karena banyak gejala demam berdarah yang sangat umum, penyakitnya dapat dengan mudah dianggap sebagai flu atau infeksi virus lainnya. Banyak orang yang secara keliru menganggap bahwa penyakitnya tidak memerlukan perawatan, sampai akhirnya dirasa terlambat. Oleh karena itu, penting untuk mengamati gejalanya dengan cermat. Apabila lebih dari satu gejala di atas dirasakan secara bersama – sama dan tidak hilang, tindakan paling tepat adalah menemui dokter untuk diagnosis yang tepat.

Kasus infeksi dengue yang parah bisa menyebabkan gejala demam berdarah berikut :

- Berdarah di bawah kulit
- Bintik merah, terutama pada kaki
- Berdarah ke usus
- Penurunan tekanan darah yang signifikan, yang dapat menyebabkan syok

Pada kasus yang lebih parah, demam berdarah berkembang menjadi demam berdarah dengue dan sindrom syok dengue. Sementara sebagian besar kasus demam berdarah dengue atau sindrom syok disebabkan oleh virus dengue tipe 2, demam berdarah juga bisa berkembang dari virus yang sama dan menyebabkan gejala awal demam berdarah. Mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau mereka yang sebelumnya terinfeksi demam berdarah memiliki risiko lebih besar terkena demam berdarah dengue.

Demam berdarah memiliki efek berbahaya pada tubuh jika dibiarkan untuk bisa sembuh sendiri. Penyakit ini berpotensi untuk menyebabkan hati menjadi lebih besar atau merusak kelenjar getah bening dan pembuluh darah. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kegagalan sistem sirkulasi dan risiko perdarahan masif. Komplikasi serius inilah yang menyebabkan demam berdarah berdampak hingga kematian.

Tidak ada komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)