Hobby Mendaki? Yuk Naik Gunung-Gunung di Indonesia Ini!

Selasa, Agustus 22, 2017 0 Comments A+ a-

Source: indonesiakaya.com
Hal yang pengin banget aku lakukan tapi sampai sekarang belum kesampaian adalah mendaki gunung. Banyak sahabatku yang hobby trekking dan seringkali menceritakan pengalaman serunya setelah mendaki. Memang sih, salah satu tempat wisata di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan ialah gunung. Banyak alasan untuk mencoba wisata yang terbilang ekstrim ini, seperti merasakan hawa dingin khas pegunungan, melihat keindahan alam dari ketinggian, dan ada juga beberapa pendaki yang bertujuan untuk menguji mental.

Nah, bagi teman-teman pecinta gunung, Indonesia merupakan surga dunia kalian. Banyak gunung dengan keistimewaannya masing-masing berejejer dari ujung barat sampai timur Indonesia. Berikut adalah list tempat wisata di Indonesia bertemakan gunung yang wajib banget kalian kunjungi!

Semeru

Tempat wisata di Indonesia yang satu ini sempat melejit namanya karena pernah digunakan untuk shooting film. Yup, tempat wisata itu adalah gunung Semeru. Gunung yang dalam kepercayaan agama Hindu sebagai gunung suci ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan Bali. Untuk berkunjung ke Semeru, disarankan untuk berangkat dari Kota Malang, karena dari kota apel tersebut banyak pilihan transportasi untuk menuju ke pos perijinan Gunung Semeru, seperti memakai angkutan umum, sewa hardtop, ataupun dengan menggunakan motor.

Source: 500px.com 
Jika kalian mendaki gunung yang satu ini, tidak hanya puncak gunung yang sangat indah, namun selama perjalanan kalian akan mendapati berbagai keindahan lainnya. Seperti Ranu Kumbolo yang merupakan danau air tawar yang terdapat di kaki Gunung Semeru. Di Ranu Kumbolo kalian bisa ngecamp dengan pemandangan danau luas dengan perbukitan hijau yang mengelilingnya. Di pagi harinya, matahari akan muncul di antara dua bukit, yang pasti menawarkan pengalaman yang tidak bisa kalian lupakan. Oh iya, jangan terlalu percaya dengan film, karena meskipun harus berhati-hati, namun untuk mencapai puncak gunung  Semeru tidak semenyeramkan seperti apa yang ada dalam film.

Bromo

source: twisata.com
Tidak jauh dari Gunung Semeru, terdapat gunung yang tidak kalah dalam hal keindahan, yaitu Gunung Bromo. Keunikan dari gunung satu ini adalah kalian tidak harus bersusah payah untuk menuju ke puncak gunung. Karena di kaki gunung terdapat ratusan anak tangga yang bisa mengantarkan kalian sampai ke puncak. Satu lagi yang unik, Gunung Bromo dikelilingi oleh hamparan pasir yang sangat luas, biasa disebut lautan pasir. 

Bagi kalian yang mencari spot untuk berfoto ria, cobalah berkunjung ke Penanjakan. Penanjakan Gunung Bromo adalah tempat yang berada di ketinggian, di mana kalian bisa melihat keindahan Gunung Bromo dengan latar belakang puncak Gunung Semeru, dan juga kemegahan lautan paris Bromo.

Rinjani

Source: lombokinfo.com
Bicara tentang tempat wisata di Indonesia, kurang lengkap rasanya kalau tidak menyebut Pulau Lombok. Ya, Lombok memang terkenal dengan wisata pantainya yang sangat indah, namun tidak hanya pantai yang membuat Lombok istimewa. Cobalah untuk mendaki Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani bisa dibilang tempat wisata di Indonesia yang komplit. Selama perjalanan mendaki gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini, kalian akan menemukan keindahan yang luar biasa, diantaranya adalah sabana yang ditumbuhi bunga edelweis, danau segara anak, gunung Barujari yang terdapat di tengah-tengah segara anak dan juga fenomena matahari terbit yang tidak ada duanya.

Prau

source: infopendaki.com
Gunung Prau yang terletak di dataran tinggi Dieng ini sangat terkenal dengan fenomena sunrise yang menawan. Puncak Gunung Prau berupa dataran rumput yang luas, di mana kalian bisa menikmati barisan bukit hijau yang sangat indah, barisan bukit tersebut dikenal dengan nama bukit teletubies. Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl, sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati keindahan tanpa harus bersusah payah.

Nah! itulah beberapa tempat wisata mendaki gunung di Indonesia. Gimana? Sudah siap trekking naik gunung? Yuk langsung berangkat!




Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)