Featured Slider

Perjalanan Ngeblog dan Komunitas Blogger

 Setelah sharing tentang komunitas blogger di SoloPos FM

Tanggal 12 Agustus lalu, saya, Mbak Ety dan Mbak Ranny diundang untuk sharing tentang Komunitas Emak Blogger [Solo] di SoloPosFM Radio. Bagaimana cara bergabung? Apa keuntungan bergabung? Hingga menceritakan perjalanan blogging yang semula hanya sekadar hobby sampai menjadi profesi.

Saya tertarik dengan tulisan Mak Ade yang merupakan #KEBloggingCollab pertama kami dengan mengangkat pentingnya komunitas blogger. Penting nggak penting itu relatif sih, tetapi bagi saya cenderung ke manfaat yang diperoleh saat memutuskan bergabung dengan komunitas blogger tersebut. Saya mau berbagi manfaat apa saja yang saya peroleh sejak memutuskan untuk bergabung dengan komunitas blogger, khususnya KEB ya, sebagaimana sharing yang saya sampaikan di SoloPos FM kemarin.

Nah, 5 hal ini adalah manfaat setelah bergabung dengan komunitas blogger yang saya dapatkan selama perjalanan blogging saya. Sehingga yang tadinya blog hanya sekadar untuk cerita, tetapi seiring waktu, saya mulai me-monitizenya.

1. Keluarga baru & memperluas networking

Setuju banget sama yang dituliskan Mak Ade bahwa komunitas blogger dapat menambah relasi. Dalam hal ini, sejak saya bergabung dengan KEB Solo, saya seperti memiliki keluarga baru. Biasanya saat arisan ilmu, tidak jarang dari mereka yang mengajak serta anaknya. Yang semula tidak mengenal sama sekali, malah bisa dekaaaaaat banget kayak keluarga.

Selain keluarga baru, komunitas blogger juga memperluas networking saya, apalagi setelah menikah domisili saya masih nomaden, Klaten-Solo-Jakarta-Depok. Jadi, tiap ada acara di Solo misalnya, kalau waktunya pas biasanya saya ikutan. Begitu juga saat ada event blogger di Depok atauJakarta yang waktunya cocok untuk dihadiri. Nah, di setiap kota saya punya teman-teman blogger yang bisa diajak barengan untuk hadir. Mereka kenalnya ya di komunitas blogger.

Jadi kalau ditanya seberapa penting komunitas blogger dalam perjalanan blogging saya? Saya bisa menjawab bahwa komunitas mempunyai peran penting hingga saat ini. Salah satunya mengenalkan orang-orang baru yang sebelumnya hanya dikenal lewat dunia maya.

2. Upgrade skill

Dunia blogging semakin dinamis, dan untuk mengikutinya saya harus mengupgrade skill yang saya miliki. KEB Solo beberapa kali mengadakan arisan ilmu yang berkaitan dengan dunia blogging. Hal ini juga disampaikan dalam siaran kemarin bahwa emaks se-Solo Raya bisa mengikutinya.

Dulu saya sama sekali belum paham mengenai SEO, cara membuat konten yang baik, cara nge-vlog dan beberapa hal lainnya terkait blogging. Namun, saat KEB Solo mengadakan arisan ilmu, dan saya ikut menjadi peserta, saya bisa menerapkan ilmu tersebut untuk meng-upgrade skill saya dalam blogging.

Ini hanya sebagai contoh manfaat ikut komunitas, karena biasanya tiap-tiap komunitas sering mengadakan mini workshop atau pelatihan yang juga berkaitan dengan blogging. Kalau kita bergabung tentunya informasi mengenai workshop atau sejenis arisan ilmu tidak akan terlewat bukan?

3. Saling mengoreksi dan mendukung

Ini benar-benar pengalaman pribadi saya bahwa setelah mengikuti komunitas, manfaat yang secara tidak langsung saya peroleh adalah koreksi jujur dari para anggotanya. Tidak hanya itu, mereka biasanya juga mendukung jika saya atau anggota lain sedang mengikuti lomba blog.

Pernah saya mengikuti lomba blog dan sebelum diaubmit ke penyelenggara, saya share dulu di grup watsapp KEB Solo. Respon mereka sangat positif, ada yang memberitahu saya tentang typo yang harus diperbaiki, ada juga yang mengoreksi tentang video pendukung yang saya buat agar nampak eye catching. Mereka juga dengan senang hati memberikan vote, like atau retweet jika lomba tersebut mengharuskannya.

Hal tersebut sangat berarti buat saya. Karena dengan masukan dan dukungan seperti itu, saya bisa memperbaiki konten blog. Kalian juga pernah atau sedang mengalami juga? Memiliki teman blogger yang bertemu di komunitas dan saling mendukung begini?

4. Ide menulis

Dengan ikut komunitas bisa mamacu kita untuk menulis lho. Contohnya collab blogging ini. Yang biasanya saya ogah-ogahan posting di blog, dengan ikut collab blogging ini, saya semacam mendapatkan trigger untuk menulis. Ide-ide yang sebelumnya tidak terpikirkan, dengan membaca postingan yang lain, membuat saya tergugah untuk posting blog juga.

Kalau tema-nya sama bagaimana?

Kemarin hal ini sempat ditanyakan oleh penyiar radio di SoloPosFM. "Ada nggak sih yang nulis dengan tema yang sama? Trus baper nggak, kalau orang lain menuliskan ide yang sebenarnya mau kita tulis?"

Dalam ngeblog dilarang baper, ahaha. Biasanya kalau tema yang mau ditulis sudah dipakai orang lain, kita tetap bisa menuliskannya dengan point of view kita. Karena toh nanti kontennya akan berbeda, foto pendukungnya berbeda dan mungkin pangsa pembacanya juga bisa jadi berbeda.

5. Peluang job

Lagi-lagi ini adalah manfaat dari bergabung dengan komunitas blogger. Makanya kenapa komunitas blogger kok penting banget dalam perjalanan blogging saya. Biasanya dari komunitas ada beberapa job yang di-share sehingga anggota yang memenuhi kriteria untuk mendaftar dengan meninggalkan sosial media yang mereka punya. Kalau cocok nantinya akan diemail.

Pas siaran kemarin saya juga bercerita tentang benefit nomor 5 ini, sehingga beberapa penelpon tertarik untuk gabung dengan KEB Solo yang saat ini anggotanya berjumlah 39 orang emak-emak hebat.

Nah, teman-teman juga punya cerita tentang pentingnya atau manfaat dari bergabung dengan komunitas blogger? Yuk ikutan sharing yuk :)

15 komentar

  1. Aku paling seneng ngeblog selain hobby juga dapat diskusi sesama blogger

    BalasHapus
  2. Dapet ide, itu bener bangeeet. Ga jarang aku pun suka dapet ide setelah baca postingan blog temen-temen. Enak yang begini nih, jadi ga buntu ide ya :D

    BalasHapus
  3. Setuju sama semua manfaat yg didapatkan 😊

    Apalagi yang nomor 1, itu dampaknya terasa banget padaku

    BalasHapus
  4. komunitas blogger seperti KEB memang significant banget dalam perjalanan blogging kita ya
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  5. Setelah gabung di KEB, saya belajar banyak hal. Sangat menyenangkan bertemu bnyak perempuan produktif

    BalasHapus
  6. Dengan bergabung di komunitas blog, nambah teman, nambah ilmu, dan nambah tempat curhat :))))

    BalasHapus
  7. Iyaa. Peluang dpt job itu sebagai penyambung rezeki

    BalasHapus
  8. Iya mba, sama sebagai blogger pemula. Saya ngerasa kebantu sekali ketika kita bisa bergabung dengan komunitas blog. Jadi nggak ngerasa sendiri juga

    BalasHapus
  9. Pertama kali saya tau kalau blogger ada komunitas tuh KEB. Dari KEB saya banyak mendapatkan ilmu tentang blog

    BalasHapus
  10. Salam kenal, mbak.
    Aku juga member KEB 😍😍😍
    Bener banget. Dengan gabung di komunitas blogger saya jadi semangat nulis minimal 1 minggu sekali. Awalnya males2an karena ga ada temen2 yang semangatin.

    BalasHapus
  11. Dengan komunitas jadi punya teman dimana-mana mba... butuh informasi apapun selalu ada anggota komunitas yang bersedia membantu... :)

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)