Featured Slider

Mencicipi Makanan Khas Korea di Kimchi Korean Restaurant Solo


Kimchi Korean Restaurant Solo--Saya pernah merasa terhipnotis dengan hal-hal yang berbau Korea sebagai salah satu efek nonton Drama Korea. Dari mulai gaya rambut, tidur dengan memakai kaos kaki (yang membuat saya gerah, ahaha) hingga pengin makanan khas Korea yang saat mereka makan, kok kelihatan enaaaak sekali. Malam-malam lembur tugas atau deadline, sesekali mengintip Drakor 1 atau 2 episode, kalau pas adegan mereka makan ramen dan kimchi, saya bisa langsung ke dapur bikin indomie soto dengan sayur, telur dan irisan cabe level 2. Oh iya, biar kayak yang di Drama Korea, saya makan pakai sumpit trus mie-nya disruput panjang-panjang, hihi.

Solo memang berkembang pesat banget, baik wisatanya maupun kulinernya. Kalau beberapa waktu lalu saya pernah nyobain aneka masakan jejamuran, kali ini saya mau nyicipin makanan khas Korea di Kimchi Korean Restaurant Resto.

Baca juga: La Taverna Solo

Nah, beberapa kali saya nyobain beberapa tempat makan yang menyediakan makanan khas Korea, menu andalan yang saya pilih adalah ramen. Untuk kimchi, entah mengapa sampai saat ini belum ada yang cocok di lidah saya. Kalau ini pure “selera”, karena saat saya dengan salah satu sahabat mengorder kimchi, dia dengan lahap menghabiskan bagian saya.
Ada yang suka kimchi?
Berbeda dengan dulu, saat ini kuliner makanan khas Korea sudah bukan hal yang asing. Bahkan di setiap kota ada gerainya. Oh iya, kemarin saya diundang untuk mencicipi aneka makanan khas Korea di daerah Solo, Kimchi Korean Restaurant Solo. Sebenarnya setahun sebelumnya, saat masih kuliah di Solo, saya sudah pernah kesana dengan keempat sahabat yang juga penggila Drakor. Salah satu dari mereka mengajak ke sini karena pengin mencicipi ramen dan akhirnya menemukan tempat ini via Instagram. Waktu itu kami Cuma haha-hihi sambil menikmati hidangannya, jadi tidak sempat foto-foto lengkap. Waktu itu juga pengin beli oleh-oleh karena salah satu sahabat saya mau mudik.

Baca juga: Solo Pluffy, Oleh-oleh Klangenan dari Solo

Kali ini, saya ingin mereview satu per satu menu hidangannya, siapa tahu teman-teman butuh referensi makanan khas Korea di Solo sekaligus tempat nongkrong yang nyaman: 

Fasilitas

Pertama, saya mau mengulas tentang fasilitas yang disediakan Kimchi Korean Restaurant Solo sehingga membuat para pelanggannya nyaman untuk berkunjung. 

❤Free wifi

“Mbak, password wifi-nya apa ya?”, tidak jarang pertanyaan itu terlontar. Eits, jangan su’udzon kalau mereka yang datang itu akan apatis dengan gadget mereka lho. Banyak juga yang dari kalangan mahasiswa datang membawa laptop untuk browsing materi atau mengerjakan tugas kuliahnya. Jadi, disamping bisa nongkrong dengan teman-temannya sambil menikmati hidangan khas Korea, mereka juga bisa menyelesaikan tugas dari kampus.

Bagi freelancer yang bekerja secara online seperti blogger/vlogger, tempat yang dilengkapi dengan wifi sangatlah membantu. Apalagi kalau sebelum nulis, dikasih Dak Galbi dengan daging yang gurih dan empuk, so yummi! Pasti 

❤AC Room

Selain disediakan wifi, di resto juga ada AC-nya sehingga pengunjung tidak kegerahan. Kita kemarin juga khusuk icip-icip menu sambil haha-hihi tanpa harus repot kipas-kipas, hihi.

❤Halal Food

Nah, bagi muslim-muslimah taat, semua menu di sini dijamin halal, baik dari resep hingga pengolahannya. 

❤No beer no sake Korean no pork

Ssst, di sini juga no beer, no sake and no pork. Jadi, memang menu yang disediakan friendly untuk muslim.

❤Tempat duduk

Duduknya di kursi ya, nggak ada lesehan. Di dalam ada, di luar pun juga ada. Kalau yang di luar sepertinya untuk yang smoking area.

❤ Musola
Yang mau salat, di resto ini disediakan tempat salat kok. Bukan musola khusus sih, tapi cukup buat salat. Waitressnya nanti minjemin mukenanya. Ah iya, tempat salat ini ada di lantai 2.

Menu

Korean Beef BBQ Rice 30K

Tenderloin yang diolah dengan Korean brown sauce disajikan dengan jamur shitake, sweet corn dan nasi putih. Mirip kayak hot plate ya? Jadi saat disajikan, waitres menyuruh saya membalik dagingnya agar matang merata. Dari beberapa menu, ini merupakan menu favorit saya kare rasanya pas dan cucok di lidah.

Budae Jeongol 105K (4 orang)


Sup yang dimasak dengan bumbu khas korea disajikan dengan tteokbokki, sosis, ham sapi, kornet, jamur shitake, tofuseafood, telur dan ramyeon. Duh, namanya susah banget euy! Nah, yang demen ramen dan kesengsem juga pas artis atau aktor drama korea bersluuuuuuurp ria dengan mie dan menyesap kuahnya dengan nikmat, teman-teman juga bisa mencicipinya di resto ini. Mending dinikmati pas kuahnya banyak biar nggak terlalu asin rasanya. 

Korean Fried Chicken 28K



Olahan ayam dengan bumbu khas Korea ini bisa bisa membuat lidah teman-teman huh-hah karena pedasnya. Oh iya, pedasnya bisa diatur kok sesuai selera. Jadi yang nggak suka pedas bisa request sama waitress. Menu ini sudah satu paket dengan nasi.

Dubue Jjigae (porsi 2 orang) 35K


Sup tahu yang dimasak dengan bumbu doenjang dan gochujang, potongan daging, udang, bakso ikan dan sayuran. Awalnya saya mengira kalau menu ini adalah sapo tahu, karena memang ada dominan irisan tahunya. Rasanya agak kecut seger, apalagi ada udang, bakso sama sayurannya. Meski untuk 2 porsi, rasanya kalau makan sendiri menu ini bakalan kuat deh. Karena kuahnya bikin nagih, asli!

Rabokki (Ramyeon + Tteokbokki) 35K

Selain ramen, ada rabokki yang bisa jadi alternatif pecinta mie. Kuahnya kental dengan kombinasi Tteokbokki (itu jajanan tepung beras dengan saus pedas gochujang). Taburan wijen makin menggugah selera.


Dolsot Bibimbap

Nasi bibimbap yang disajikan di atas mangkuk dengan irisan daging dan aneka sayuran (jamur, toge, acar). Ditambah dengan telur setengah matang bertabur wijen dengan bumbu dan saos khas Korea.

Bagi yang nggak doyan telur setengah matang, bisa request ke waitres lho biar dimasak agak matang. Kalau ini tergantung selera masing-masing sih. Then, bumbunya jangan langsung diaduk, sedikit-sedikit saja nyampurnya (nasi, sayur, daging) biar rasanya lebih nampol. Lagi-lagi, ini kembali ke selera masing-masing ya. Yaah, kayak makan bubur ayam versi diaduk atau enggak.


Korean Curry Rice 35K

Berasa kayak bento ya? Hehe. Nah, ini juga bisa teman-teman coba kalau kesini. Bumbu kare khas Korea berasa banget.


Dak Galbi (Porsi 4 orang 80K)



Makanan khas Korea ini terdiri dari irisan daging ayam yang dipanggang, disajikan dengan selada, saus dan sayuran.

Hmmm, nggak sabar mencicipi dak galbi :p


Nah, kalau kuliner disini, teman-teman akan dikasih kimchi, irisan tahu dan makaroni (saya nggak tahu kalo di Korea namanya apa). Selada digunakan untuk pembungkus daging saat sudah matang.


Daging dimasak di atas api kecil. Dibolak-balik biar matangnya merata.


Setelah daging dimasak langsung di atas api kecil, cara menikmatinya pun sangat unik. Bagi yang suka selada, pasti akan nambah berkali-kali, berasa dagingnya jadi lauk, hehe. Jadi, daging ditaruh di atas selada (selada jadi pembungkusnya), trus haaaap-dimakan!

Itu baru menu beberapa lho, masih ada menu makanan lainnya yang siap memanjakan lidah teman-teman. Kalau tadi membahas tentang makanan, sekarang saya mau review minuman dan dessert-nya.

Minuman

Ice nokcha


Ice lemon tea 10K

Maafkan saya, karena lemon tea nya habis sebelum sempat difoto, huhu. Tapi rasanya seger banget! Kombinasi lemon sama tehnya bikin lupa kalau minuman itu harus difoto sebelum diteguk, ahaha. Saya tipikal orang yang memesan es teh atau lemon tea meskipun sudah memesan aneka minum lain. Kayak kurang afdhol aja rasanya. Kok ya ngepasin lemon tea disini enaknya pake banget, jadi yang harusnya diminum belakangan, berubah jadi minuman utama.

Aneka Dessert  20K


Recommended semua!
Entahlah kenapa nama menunya aneh-aneh dan susah sekali. Bahkan sampai tulisan ini diposting, saya tetap nggak apal. Tapi kan yang penting rasanya, yekaaaan. 3 dessert ini enak semua, harganya pun terjangkau (kalau kalian nggak nambah ya, ehehe). Karena memang enak, jadi gatel pengen nambah

Patbingsu

Ice gwangju



Ice myeong-dong


Green tea frappe 23K


Mojito Yoghurt 18K



Kalau kalian datang rame-rame, ambil menu paketan saja yang harganya lebih hemat. Selain itu bisa mencicipi aneka menu yang lebih variatif, hihi. Untuk minuman dan dessertnya memang recommended semua (versi saya). Mau nyobain sensasi masakan dan minuman khas Korea? Ke Kimchi Korean Restaurant Solo, saja! Buka jam 11 a.m-11 p.m.
Alamatnya di Jl. Veteran No. 190 Solo. Hp: 089651453359.

Selamat berkuliner~~

4 komentar

  1. Aduh semua makanan yang sering saya lihat di film dan drama orea nih. Sayang banget jauh di Solo :(.

    BalasHapus
  2. Wah enak dong kalau ada menu paket gini, jadi lebih hemat yah.

    BalasHapus
  3. Pingin patbingsunyaa. Seger kali ya dinikmati siang gini.

    BalasHapus
  4. Aku ga doyan kimchi ay, tapi pingin nyobain teobokki
    Mie ama krupuk apa baso ikannya mantabbb

    Bumil tu puas puasin mamnya say, biar hepi hihi

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)