Featured Slider

Keluarga Surya, Sitkom Inspiratif dan Edukatif untuk Ditonton Bersama Keluarga


Waktu saya kecil, saya memiliki memori tentang tontonan yang sangat mendidik, yaitu: Keluarga Cemara. Ada Abah, Emak, Euis, Cemara dan Ragil dengan kesederhanaan mereka. Ceritanya pun sangat ringan khas keluarga sehari-hari sehingga sangat membekas sampai sekarang.

Saya seperti diingatkan kembali dengan masa kecil saya setelah menonton sitkom Keluarga Surya yang tidak kalah inspiratif. Ada 3 series yang sudah tayang di channel youtube Sunlife Financial Indonesia. Setiap seri/episode-nya dikemas dalam bentuk komedi dengan pesan moral yang sangaaaaat mengena (buat saya pribadi).

Sunlife me-launching sitkom ini karena minimnya pengetahuan mengenai literasi keuangan di masyarakat. Pengelolaan finansial dalam keluarga sangatlah penting, apalagi buat saya yang notabene menjadi ibu baru dan menjadi menteri keuangan dalam keluarga kecil saya. 

Nah, setelah menonton web series Keluarga Surya, ada beberapa pesan yang menginspirasi dan mengedukasi saya, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Tidak hanya itu, beberapa scene yang ditayangkan dalam sitkom tersebut menggambarkan keadaan “gue banget”. Dan ternyata saya tidak sendirian, karena beberapa teman saya juga merasakan hal yang sama kalau tontonan itu menggambarkan keadaan mereka.

Tontonan inspiratif dan edukatif

Apa saja sih pesan moral dalam sitkom Keluarga Surya sehingga saya merekomendasikan keluarga untuk menontonnya juga? Diperankan dengan apik oleh Ayah Surya, Ibu Mentari, Cahaya dan Fajar, berikut ini beberapa pesan yang saya tangkap dari sitkom tersebut.

1. Mengelola THR dengan bijak

Pas banget momen lebaran tiba yang identik dengan pembagian THR (Tunjangan Hari Raya). THR tidak hanya untuk pegawai saja lho! Saat lebaran, anak-anak pun juga mendapatkan THR. Biasanya anak menyebutnya dengan “uang fitrah”. Kemarin saat saya menanyakan keponakan-keponakan saya, ternyata mereka mendapatkan uang fitrah yang lumayan untuk ukuran anak kecil. Khansa yang baru berusia 8 tahun mendapat uang fitrah sekitar 1 juta sekian. Itu belum kedua kakak lelakinya, Iqbal (13 tahun) dan Lintang (11 tahun) yang mendapatkan uang fitrah dengan nominal yang hampir sama.

Lalu, THR anak-anak itu untuk apa? Mau ditabung atau dihabiskan? Hehe. Belum lagi uang THR dari bapak ibunya. Dan di episode 1 Keluarga Surya menceritakan tentang uang THR yang harus dikelola dengan bijak. Teman-teman wajib nonton juga deh! Yakin nggak bakal nyesel.

2. Wakaf cara baru yang patut dicoba

Siapa yang mau pahala jariyah? Sayaaaaaa! (teriak kenceng sambil mengacungkan tangan). Di episode 2 Keluarga Surya menceritakan tentang berwakaf dengan berbagai cara. Tidak harus mewakafkan tanah seperti yang sebelumnya menjadi paradigma kebanyakan masyarakat. Namun, ternyata tidak sesempit itu lho. Misalnya saja, berwakaf al qur’an, mukena, sandal ke masjid. 

Nah, sekarang Sun Life Finansial Indonesia telah mengenalkan manfaat wakaf pada asuransi syariahnya. Jadi, selain bisa investasi, nasabah juga bisa berwakaf. FYI, Sun Life merupakan asuransi syariah pertaa yang mendapat izin pengelolaan produk polis wakaf. 

3. Proteksi kesehatan keluarga

Meskipun dikemas dalam bentuk komedi, tapi kepedulian yang ditunjukkan Bu Mentari kepada Ayah Surya dan Fajar agar keduanya menjaga kesehatan membuat saya terharu. Karena memang keluarga merupakan Tim Solid yang saling mengingatkan satu sama lain, terutama sebagai langkah proteksi kesehatan. Pesan moral mengenai proteksi kesehatan keluarga bisa teman-teman simak di episode 3 Keluarga Surya. Menurut saya, episode 3 ini, scene-nya berasa “gue banget”.

Tantangan piala dunia



Masih membahas episode 3 Keluarga Surya yang ceritanya mengambil momen piala dunia. Hayo, siapa yang demen begadang akhir-akhir ini untuk melihat tim bola kesayangannya berlaga? Ayah Surya dan Fajar kesiangan berangkat kerja dan sekolah karena malamnya begadang melihat bola. Bu Mentari gemas sekaligus khawatir dengan suami dan anak lelakinya karena kalau terus-terusan begadang bisa jatuh sakit.

Akhirnya, Bu Mentari memberikan tantangan kepada Ayah Surya dan Fajar untuk tidur sebelum jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi. Sebagai fans berat bola, hal itu beraaaat sekali (awalnya). Namun, mendengar kompensasi yang diperoleh jika mereka berhasil, akhirnya keduanya menerima tantangan itu. 

Kenapa kok scene di episode ini mengena sekali buat saya? Karena saya merasa seperti Bu Mentari. Sejak Bapak terkena TB paru-paru, saya tidak berhenti menyemangati beliau untuk sembuh. Meskipun sempat menyerah karena dalam proses pengobatan mengharuskan Bapak disuntik tiap hari, namun karena motivasi dari keluarga, akhirnya beliau menyelesaikan proses pengobatannya selama 9 bulan dan dinyatakan bersih dari TB.

Dalam sitkom ini, Bu Mentari melakukan langkah preventif dengan mengingatkan Ayah Surya dan Fajar untuk tidak keseringan begadang demi kesehatan mereka. Hal ini kelihatan sepele bahkan sering diabaikan, padahal istirahat yang cukup merupakan salah satu kiat hidup sehat. 
Bu Mentari paling tahu bagaimana cara agar suami dan anaknya menuruti kemauannya untuk tidak begadang sepanjang malam. Makanya ia memberikan tantangan piala dunia yang akhirnya dimenangkan oleh Ayah Surya dan Fajar meskipun sempat kepergok nonton bola di handphone. 

Sebagai imbalannya, Bu Mentari mentraktir makan sekeluarga di hotel. Lucunya, Bu Mentari memang mengajak keluarganya untuk makan di hotel, tetapi ternyata sekalian memenuhi undangan hajatan, ahaha. Brilian sekali! Intinya kan bisa makan sepuasnya di hotel kan? Ayah Fajar Cuma bisa nyengir kuda saat mendapati istrinya mengenakan kebaya dan menyadari kalau mereka akan menghadiri hajatan di hotel.

Pesan moral yang diusung Keluarga Surya sangat sederhana tetapi sangat mengena. Problemnya diangkat dari keseharian yang dialami oleh keluarga pada umumnya. Problem solving yang ditawarkan juga tidak muluk-muluk sehingga bisa diterapkan langsung. Pokoknya sitkom ini recommended banget deh ditonton bareng keluarga.

Tonton sitkomnya, ikuti kuisnya

Selain bisa menonton sitkomnya, teman-teman juga bisa mengikuti kuisnya lho. Ada buanyak hadiah menarik bagi pemenangnya. Caranya bagaimana? Pantengin terus saja media sosial Sun Life di bawah ini:

Youtube: Sun Life Finansial ID
Instagram dan twitter: @SunLife_ID

Apresiasi buat Sun Life yang menginspirasi dan mengedukasi masyarakat melalui #KeluargaSurya yang memberikan pengetahuan literasi keuangan dan proteksi kesehatan.

Masih suasana syawalan, jangan lupa jaga kesehatan ya teman-teman. #LebihBaik mencegah daripada mengobati.

23 komentar

  1. Bener mba ayya kesehatan penting banget utk sekarang dn nanti apalg masalah keuangan sejak din ya,,

    BalasHapus
  2. akuu peminat setia tulisan kamu belakangan ini

    BalasHapus
  3. Seru ya ada sitkom tentang keuangan gini di yutub, bisa menghibur sekaligus mengedukasi keluarga muda zaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu, masih ada beberapa episode lagi Mbak

      Hapus
  4. Wah samaaa, aku juga waktu kecil suka mantengin keluarga cemara tiap sore dan sekarang aku tularin ke anak2ku biar tau rasanya bersyukur. Aku pun ufah nonton sitkom keluarga surya jadi bener2 melek soal keuangan dan yg terakhir kesehatan ya mba

    BalasHapus
  5. Iya saya juga berkesan sama keluarga cemara dan baru tau sekarang ada sitkom yang sejenis... penasaran...

    BalasHapus
  6. Setuju banget kalau harus ada investasi kesehatan keluarga karena ini sayangnya kadang terabaikan ya mbaa

    BalasHapus
  7. Proteksi keuangan memang penting banget ya mba. Aku suka nih kalau ada sitkom yang membantu memahami literasi keuangan :)

    BalasHapus
  8. Ish seru banget cerita keluarga Surya ini. Selain lucu, sangat edukatif ya soal keuangan dan kesehatan juga. Jadi pengin mantengin terus ceritanya.

    BalasHapus
  9. Tidak terasa sudah sampai episode ketiga ya.. :)

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    BalasHapus
  10. Bener. Inspiratif sekali untuk tema keluarga.

    BalasHapus
  11. saya juga senang ngikutin serial ini di youtube. Kisah-kisahnya dekat dengan kehidupan sehari-hari dan sarat pembelajaran.

    BalasHapus
  12. Wah, penasaran nih. Kangen juga nonton sitkom edukatif. Udah lama banget gak nonton tayangan yang seperti ini.

    BalasHapus
  13. Cara keren untuk mengedukasi masyarakat ya..suka dengan nama-nama tokoh yang digunakan

    BalasHapus
  14. Nah tayangan edukatif gini nih yg seharusnya dibanyakin. Sayang ga tayang di tv y.

    BalasHapus
  15. Ini kalau misal tayang di tivi jos banget ini. Biar ngeganti beragam tayangan sinetron indo yang kurang bermutu

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)