Featured Slider

Euforia Asian Games 2018 dan Semangat yang Masih Menyala

Euforia Asian Games 2018 masih terasa sampai sekarang, bahkan event olahraga tersebut sempat menjadi topik pembicaraan kaluarga kami setiap hari. Anak-anak sangat antusias saat mengobrol beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan. 

Saat menceritakan kalau obor Asian Games pertama kali sampai di candi Prambanan yang lokasinya lumayan dekat dengan rumah kami, mereka sumringah sekali. Sejak saat itu, pertanyaan tentang Asian Games terlontar dari mereka yang memang ingin tahu. Maklum, ada salah satu cabang olahraga yang menjadi favorit kami, yaitu: BADMINTON. Tapi, kami juga tertarik dengan cabang olahraga lainnya meskipun tidak tahu bagaimana menghitung poin kemenangannya, hehe.


Sepanjang penyelenggaraan olahraga yang dihelat setiap 4 tahun sekali itu, anak-anak dibuat takjub dengan beberapa cabang olahraga yang baru mereka ketahui. Mungkin pernah mendengar tetapi belum pernah melihat atau mengetahui cara mainnya.

Misalnya wushu. Ada beberapa kategori Wushu yang dilombakan. Saat melihatnya, anak-anak sangat menikmatinya. Oh, ini yang namanya wushu ya, gumam Khansa ketika melihatnya di TV. Setiap pagi, yang ditanyakan adalah "Hari ini pertandingan apa ya?" Dan saat ada yang mendapat emas, kami sekeluarga ikut merasa bangga.

Opening Ceremony Asian Games 2018

Siapa yang merasa merinding waktu melihat opening Ceremony Asian Games 2018? Ah, saya hampir kehilangan kata-kata saking senang campur melihat upacara pembukaan Asian Games dari awal hingga akhir. Di seluruh media sosial saya, baik FB, Twitter maupun Instagram banyak yang menuliskan betapa mereka merasa bangga menjadi Indonesia. Bahkan di twitter sempat menjadi trending topik dunia *terharu*.

Animo masyarakat menyambut Asian Games 2018 juga sangat antusias. Hal itu dibuktikan dengan sold out-nya tiket upacara pembukaan. Padahal tiketnya dibandrol dengan harga 750 ribu - 5 juta lho. Menurut saya worth it sih! Karena acara tersebut memang spektakuler, bahkan ada yang menyebutkan bahwa acara pembukaan itu sekelas Olimpic. Amazing!
Tiketnya sold out

Selain itu, tiket untuk beberapa cabang olahraga terjual ludes. Hayo, kemarin teman-teman nonton langsung cabang olahraga apa? Saya mupeng saat sahabat saya memposting tiket badminton. Dia cerita bagaimana keriuhan saat Jojo memenangkan medali emas untuk cabang badminton.

Asian Games 2018 Memberi Semangat yang Terus Menyala

Disiarkannya cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 memberikan inspirasi bagi anak-anak untuk terus bermimpi dan tidak takut lagi bercita-cita menjadi atlet. Selain itu, saya juga mendapat wawasan bahwa Indonesia memiliki atlet-atlet yang berpotensi dan mampu berkompetisi di dunia internasional.

Siapa yang tidak bangga saat tahu kalau Indonesia sapu bersih emas di cabor pencak silat? Hal itu menjadi energi positif dan memberikan semangat untuk lebih baik lagi. Selain itu, profil juara yang mempersembahkan emas dan disiarkan di TV memberikan pesan bahwa dengan kerja keras Indonesia bisa jadi juara. Dan memang terbukti, di Asian Games 2018, Indonesia menduduki peringkat 5 besar untuk perolehan medali. 
Semangat juang Jojo sangat menginspirasi

Oh iya, semangat Jonatan Christie atau yang akrab dipanggil Jojo membuat Lintang makin giat berlatih. Dia bersikeras kalau suatu saat nanti bisa bergabung di pelatnas dan menjadi pemain andalan Indonesia di sektor tunggal putra bulutangkis (sampai detail :D)

Semula Lintang enggan latihan fisik, setelah melihat perjuangan Jojo meraih emas di usia 20 tahun, dia menjadi semangat lari, skipping dan latihan fisik lainnya. 
Lintang saat final di Kejurprov cabang badminton

Lintang menyaksikan sendiri ketika Jojo pontang penting mengembalikan bola ke arah Chou Tien Chen dan akhirnya menang mendapatkan emas. Saat diwawancarai, Jojo hanya menyampaikan kalau kesehariannya disibukkan dengan latihan di lapangan. Hal itu yang membekas dan menjadi cambuk buat Lintang untuk menang di lapangan. Dan sampai sekarang semangatnya masih menyala karena Asian Games 2018.

Teman-teman punya kesan dari Asian Games 2018? Cabang olahraga apa yang kemarin ditonton? Atlet favorit kalian siapa? Ah, gegap gempita Asian Games masih terasa dan membuat semangat menyala-nyala.



5 komentar

  1. Saya sendiri juga betapa bangganya saat menyaksikan pembukaan asean games 2018 :)

    BalasHapus
  2. Alhamdullilah ya Indonesia bisa menduduki peringkat 5 besar :)) Pastinya bangga kepada atlit-atlit yang telah berjuang keras :)

    BalasHapus
  3. Apalagi pas Jojo buka baju, wah jadi trending topic nya ibu-ibu :) hahah

    BalasHapus
  4. Pembukaan Asean Games memang spektakuler :)

    BalasHapus
  5. Bangga Indonesia bisa mendapatkan mendali emas lebih dari target :)

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)