Featured Slider

6 Esensial Tips Membuat Rambut Menjadi Lebih Lurus dan Indah


Rambut merupakan mahkota bagi perempuan yang perlu dijaga perawatannya agar lebih sehat. Bagi saya yang berhijab, tentu harus lebih ekstra dalam menjaga agar rambut tidak cepat rusak. Apalagi kalau sedang berada di rumah, tentunya keindahan rambut menjadi salah satu daya tarik agar terlihat lebih cantik di mata suami ❤.

Melakukan perawatan rambut secara teratur baik di rumah melalui penggunaan berbagai bahan alami seperti masker pepaya dan madu, atau menyisir dengan sisir catok yang berfungsi untuk meluruskan dan membuat rambut lebih indah. Kebutuhan nutrisi untuk rambut baik dari dalam maupun dari luar, hingga menjalani gaya hidup sehat adalah cara terbaik. 

Jika teman-teman ingin memiliki rambut yang tumbuh subur, lurus, berkilau dan terlihat indah, melakukan perawatannya tidak hanya ketika masih muda saja lho, melainkan juga saat nanti telah menua.

Tidak harus melulu pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambut, tetapi melakukan perawatan sendiri dirumah menggunakan bahan-bahan alami bisa jadi pilihan tepat jika kita punya banyak waktu luang. 

Perawatan sendiri di rumah hasilnya tidak kalah jika dibandingkan dengan melakukan perawatan di salon. Hanya saja, kita memang harus pandai memilih treatmant dan melakukannya sendiri, sehingga kesannya terasa jauh lebih ribet dan merepotkan. 

Nah, bagi pecinta rambut lurus seperti saya, ada beberapa esensial tips untuk merawat rambut sendiri di rumah agar tumbuh lebih lurus dan indah. Apa saja sih? Yuk simak tips berikut:

Mulailah perawatan rambut dari kamar mandi

Rahasianya pilih shampo yang cocok untuk rambut kita. Cuci, bilas, dan ulangi kembali. Terdengar biasa saja bukan? Tapi metode ini sangat efektif untuk membuat rambut mendapatkan kelembaban yang cukup, sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat dan indah.

Oh iya, jangan lupa memakai conditioner atau masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami, setidaknya seminggu sekali atau jika kamu punya waktu. Lakukan 2-3 kali seminggu. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah agar rambut tidak kering dan rapuh akibat styling atau panas yang berasal dari catok pelurus rambut yang sering  digunakan.

Selain itu, perawatan rambut ini sangat efektif untuk menghindari agar rambut tidak bergelombang atau keriting serta bermanfaat untuk mencegah agar ujungnya tidak bercabang.

Pilihlah pelurus rambut yang aman seperti ​sisir catok

Sisir catok lebih direkomendasikan untuk membuat rambut lurus dan terlihat berkilau jika dibandingkan dengan catok biasa yang hanya mengandalkan panas tanpa bisa dikontrol. Tidak hanya menyebabkan rambut jadi kering, jika tidak pandai menggunakan catok kadang-kadang bisa membuat rambut terbakar dan terpotong. Huhu.

Jadi, sebaiknya beralih ke yang lebih aman dan bisa memberikan hasil positif *ntms*

Perhatikan apa yang  dilakukan setelah mandi

Banyak yang masih terbiasa memeras rambut setelah mandi. Bahkan tidak jarang menggunakan handuk yang digunakan juga untuk badan ketika akan mengeringkan air di rambut. Idealnya, handuk badan dan rambut harus dibedakan. Mengapa kamu perlu menggunakan handuk yang berbeda?
Handuk khusus untuk rambut bisa membantu mengurangi bakteri maupun kotoran yang berasal dari tubuh menempel di handuk dan berpindah ke rambut. 

Dengan begitu, rambut akan terjaga kesehatannya. Selain itu ketika mengeringkan rambut, hindari menggosok rambut dengan keras menggunakan handuk karena dapat menyebabkan masalah rambut seperti:
  1. Dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan susah diatur
  2. Menyebabkan folikel rambut berubah jadi kasar
  3. Menyebabkan kerontokan
Biasakan mengeringkan rambut dengan cara yang benar

Terbiasa buru-buru ke kantor menyebabkan kita menggunakan pemanas yang berlebihan untuk mengeringkan rambut. Hair dryer yang terlalu panas berpotensi menyebabkan kerusakan pada rambut. 

Agar rambut lebih sehat, bangun lebih awal di pagi hari dan mandi lebih dini menjadi pilihan agar tidak terburu-buru, apalagi bagi perempuan berhijab. Lalu keringkan rambut secara alami dan sebisa mungkin hindari penggunaan hair dryer yang berlebihan.

Perbanyak minum air putih

Agar rambut tetap lembab dan bisa tumbuh dengan subur serta kuat, pastikan kita minum setidaknya 8 gelas air per hari. Dan buang jauh-jauh kebiasaan hanya minum 1 gelas air setelah makan saja. Karena kebiasaan tidak sehat tersebut akan membuat kulit kita cepat kusut dan rambut mudah rontok.

Sudah berapa gelas minum air putih hari ini?

Biasakan diri berolahraga

Peran olahraga tidak hanya untuk menyehatkan dan menjaga kebugaran tubuh. Lebih dari itu, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Jika ingin memiliki rambut yang tumbuh lurus dan indah, lakukanlah olahraga secara rutin minimal 5 jam dalam seminggu agar peredaran darah di dalam tubuh lebih lancar sehingga nutrisi bisa disalurkan hingga ke akar rambut secara lancar.

Nah, teman-teman tim rambut lurus apa curly? Jaga dan rawat rambut agar lebih sehat ya 😍

39 komentar

  1. Rambut setengah kering biasanya terus bikin pusing, ternyata nggak bagus juga buat kesehatan si rambut ya..

    BalasHapus
  2. aku bangets mba Aya suka dzolim sama rambut wkwkwk..abis gimana kalau pagi tuh berburu dengan keremvongan haqiqi jadi kalau pagi keramas pasti keringin sama yang paling panas huhuhu kusedih
    kalau mandi sebelum masak itu bau lagi makanya aku suka mandi menjelang mau berangkat kantor

    BalasHapus
  3. Sisir catok itu seperti apa ya mbak? baru denger ini.. Cuss ah mau window shoping

    BalasHapus
  4. Memakai handuk khusus keramas sudah menjadi ritual keramas aku.
    Juga keramas dengan memijit kulit kepala, bikin ringan eui.

    Aku juga sedang mengamalkan kebiasaan sebelum dan sesudah mandi kudu minum segelas air, bisa hangat bisa juga air biasa, untuk membantu kinerja organ tubuh, eeeaaa ^^



    BalasHapus
  5. Mbak...aku msh bermasalah di pemilihan shampo yg cocok nih..dan buat keringin rambut baru tahu kalau harus beda handuknya.. makasih infonya yaaaa

    BalasHapus
  6. Aih ternyata olahraga pun berpengaruh pada kesehatan dan keindahan rambut ya mbaaak.... baru ngeh saya lo....

    BalasHapus
  7. Jadi penasaran sisir catok itu kayak apa sih. Aku jarang ngeringin rambut secara benar nih karena udah keburu mau pergi.

    BalasHapus
  8. Kalau aku tuh rambutnya keriting berat mba, jadi ngg bisa lurus hehehe

    BalasHapus
  9. kalau aku malah kurang suka pake conditioner karna justru bikin rambut jadi lepek huhu

    BalasHapus
  10. Wah rambut lurus itu idaman banget ya. Keliatannya rapi

    BalasHapus
  11. Aku masih gabung aja handuk badan dan rambut. Ternyata gak disarankan ya. Apalagi meras rambut biar cepat kering padahal seharian dirumah aja gak dikejar waktu kemana mana mah.
    Tfs ya mba ntar harus sediakan handuk rambut nich

    BalasHapus
  12. Hai mba. Aku seringnya tuh membersihkan rambut dengan cara yang tak benar. Jadinya teryata bikin rambutku mudah kusut. Apalah alu termasuk tim agak agak curly :p

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas tipsnya Mbak Memang Harus banyak minum air putih ya biar rambut kita juga sehat dan tidak rontok, keren nih

    BalasHapus
  14. Mau tips rambut rontok dong mba, aduh sskarang tuh benar-benar parah

    BalasHapus
  15. Menggosok rambut dengan keras seusai keramas. Lha... ini kebiasaan saya nih. Ternyata nggak baik dan nggak boleh dilakukan ya.

    BalasHapus
  16. walah, aku handuk badan dan rambut sama, tantee.. hhmm..besok beli handuk lagi deh, yang kecil aja kali ya kayak di salon-salon itu..

    BalasHapus
  17. Huwaaa, jadi ingat jaman dulu, suka nyatok di rumah. Dan nggak hanya rambut, kulit kepala pun jadi luka krn terbakar. Sampai takut kalo2 kena infeksi, hahahaa... Alhamdulillah rambutku nggak rusak, krn aku kasih vitamin dan serum rambut

    BalasHapus
  18. Penggunaan jangka panjang bagus gak ya utk rambut.

    Terpengen deh !

    BalasHapus
  19. Rambutku curly, hahaha. Banyak air putih iya, sama tambahin vitamin rambut, konditioner juga. Sisir catok, belum coba nih

    BalasHapus
  20. Rambut saya ikal, padahal waktu kecil lurus, mungkin karena sering diikat hehehe...tapi karena kurang perawatan juga, makasih tipsnya

    BalasHapus
  21. Rambut aku ikal suka ribet dulu sebelum berhijab, berangkat kerja yang suka bikin lama itu rambut bukan alis hihi. Boleh juga nih nyobain sisir tatok

    BalasHapus
  22. Ealaahh...ternyata kurang minum air putih pun ada pengaruhnya terhadap kesehatan rambut ya. Duuhh...minum air putihku masih kurang banget nih.

    BalasHapus
  23. Klo rambutku lurus licin jadi mungkin ga perlu catok tp masalahnya tipe rambut berminyak jadi suka lepek klo ga rajin keramas hehe

    BalasHapus
  24. Waduh, saya tuh sering banget menggosok rambut basah dengan handuk supaya cepat kering. Ternyata hal tersebut kurang benar yak, aaak seharusnya digosok lembut yaa, baiklah next semoga dapat dengan lembut mengeringkannya

    BalasHapus
  25. Hal yang simple minum air putih aja kita masih ogah-ogahan ya Mba. Duh kesadaran lebih baik emang harus lekas ditingkatkan lagi nih buat aku. Karena kadang aku tuh males orangnya hahaha andai punya sisir catok enak kali ya soal urusan rambut.

    BalasHapus
  26. Rambut aku lurus mbak..cuma suka lepek kalo telat keramas. Duuh jadi bikin ga pede deh.

    BalasHapus
  27. Aku berjilbab, apa perlu catokan juga? Ini yang masih aku pikirin sampai sekarang. Hahhaha. Anaknya galau. :D

    BalasHapus
  28. Aku gak bisa pake sisir catok, sayang aja rambutnya hihihi
    Ini malah rambutku yg dulu kriwil2 bisa lurus sendiri

    BalasHapus
  29. Penasaran sama sisir catok.aku mulai rutin nih pake kondisioner.resolusi 2018 ku adalah rutin pake kondisioner dan handbody :D

    BalasHapus
  30. sisir catok bisa menyuburkan rambut juga ya. Ini rambutku skr poting pendek karena kl kepanjangan rontok

    BalasHapus
  31. Jadi inget, dulu nenek sering banget balurin rambutku dengan minyak kelapa, lidah buaya, dan air batang pisang. Nenek hingga masa tuanya juga rajin merawat rambutnya :)

    BalasHapus
  32. Nah ini dia, manusia emang begini ya, giliran sy yg rambutnya lurus, malah pengin bisa ikal dikit kayak barbie

    BalasHapus
  33. Anak gadisku rambutnya keriting. Bawaan dari abinya. Dia kepengen lurus kayak aku. Alhamdulillah mendingan. Berkat catok rambut pelurus sama kondisioner rambut. :D

    BalasHapus
  34. Aku jadi pengen punya sisir catok deh mbakkk...

    BalasHapus
  35. Kemarin pas rambut panjang, sering banget bermasalah sama kerontokan, rambut belum kering lalu dipakein jilbab, jadi mudah kusut dan lepek.

    Abis gitu,
    Aku potong deeh...

    Hihii...
    Sekarang jadi lebih mudah diatur.
    Alhamdulillah~

    BalasHapus
  36. Yaa Allah saya termasuk yang jarang merawat rambut, persoalan handukpun masih disamaain, mungkin karena rambut gak dilihat jadi ngasal ngerawatnya hiksss...

    BalasHapus
  37. Rambutku huhuhu enggak karu2an, sampai aku mutusin habisin aja, alias pendekin banget.
    Belum punya catokan hehe, jd pengen punya :D

    BalasHapus
  38. ga berani pakai catokan, Mbak. Panasss buat rambut. Biarlah pakai jilbab aja. *lhaaa

    BalasHapus
  39. Belum pernah pakai catok, heheh.
    Tapi bene tuh ya, mending pake sisir catok ya, lebih aman, gak tergantung pada listrik jg kan ya? Sereemn ihh klo keasyikan catok terus rambut jd gosong, fuufuh.

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)