Featured Slider

Bingung Membedakan BB Cream dan CC Cream? Simak Ulasan Berikut Yuk!

Honestly, saya baru ngeh bedanya BB Cream sama CC Cream tuh baru setahun lalu, ketika wisuda master saya. Waktu itu saya sedang hamil Ray 3 bulan. Saya biasanya hanya pakai pelembab, bedak dan memulas bibir dengan lipstik tipis atau lip balm. Sehingga pengetahuan saya tentang dunia make up cetek sekali.


Sempat galau karena selama hamil memang malaaaaas banget buat make up an. Tapi masa wisuda muka kucel banget kalau nggak make up an? Sedangkan saya malas buat nyewa MUA. Huhu. Alhasil, saya memutuskan untuk make up sendiri :). 

Ternyata, salah satu unsur  penting pada riasan adalah alas makeup (makeup base) *kemana aja Buk baru tahu?*. Nah, setelah bertanya beberapa teman dan browsing di internet, banyak yang membahas tentang BB Cream dan CC Cream. 

Kulit saya sebenarnya normal, namun sesekali menjadi kering dan kucel. Makanya, saya mencari BB Cream yang cocok dengan kulit saya

BB cream yang merupakan makeup base yang paling banyak digandrungi karena ada kandungan SPF dan PA yang melindungi dari sinar matahari. Fyi, formula BB Cream lebih berat daripada CC Cream. 

Oh iya, selain varian BB Cream untuk kulit normal dan kering, yang paling banyak diminati adalah varian BB Cream untuk kulit berminyakSalah satu ulasan tentang BB cream tersebut dapat dilihat pada link https://review.bukalapak.com/beauty/ini-3-BB-cream-yang-cocok-untuk-kulit-berminyak-wajib-coba-7065

Sebagai negara tropis, Indonesia membuat para perempuan memiliki kecenderungan wajah berminyak. Oleh sebab itu, varian yang membuat muka tidak berminyak adalah varian yang paling banyak dicari. 

Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis makeup base, yang paling terkenal adalah foundation, BB cream, dan CC cream. Foundation adalah makeup base yang umum digunakan pada hampir semua kalangan dan usia. Sebelum mengenal BB Cream dan CC Cream ini, saya juga pengguna foundation. Tapi sejak tahu manfaat BB Cream, saya mulai menggunakannya dan tidak melulu memakai foundation.

Apalagi foundation membuat wajah saya menjadi terlalu tebal dan tidak nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sejak saat itu, foundation hanya saya gunakan untuk acara-acara yang membutuhkan makeup tebal seperti pernikahan dan acara-acara formal lainnya. Untuk keseharian, saya beralih memakai BB Cream.

BB Cream merupakan inovasi baru make up base yanh berbentuk krim, cair dan ringan saat dipakai, sehingga banyak yang memilih menggunakan untuk ke kuliah, dan kegiatan kasual lainnya.

Bedanya dengan CC Cream apa?

Setelah itu, muncul jenis makeup base lain, yaitu CC Cream. Nah,q saya mau mengulas perbedaan antara keduanya. Berikut ulasannya.

BB Cream merupakan singkatan dari Blemish Balm Cream, sedangkan CC singkatan dari Color Correction atau bisa juga Complexion Corrector. Pada dasarnya, kedua krim tersebut sama-sama makeup base yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. 

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya BB cream lebih ringan dari foundation. Selain itu, BB cream juga dilengkapi dengan SPF dan aktioksidan yang dapat melindungi wajah dari debu, polusi, dan radikal bebas. 

BB cream juga tidak memiliki efek ‘dempul’ seperti foundation, namun pada beberapa merek bentuk liquid tidak mampu menutupi ketidaksempunaan wajah, seperti pori-pori wajah yang besar. Umumnya penggunaan BB cream hanya untuk mencegah wajah tidak berminyak saja. 

BB cream memiliki gradasi warna yang lebih beragam dari foundation. Beberapa merek memiliki hingga 40 warna, sehingga dapat terhindar dari warna kulit belang antara wajah dan leher.

CC cream adalah produk makeup base yang jauh lebih ringan dan halus dibanding BB cream. CC cream umumnya mengandung vitamin C, sehingga memiliki efek mencerahkan wajah.

Fungsi CC cream jauh lebih beragam. Tidak hanya mencegah muka berminyak, tetapi juga dapat menutup kekurangan pada wajah, seperti warna kulit tidak merata, garis-garis halus, pori-pori membesar, ruam merah, dan lain-lain.

Berdasarkan perbedaan fungsi tersebut dapat dilihat bahwa baik BB cream dan CC cream merupakan dua produk berbeda yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit para perempuan.

Bagi yang mukanya tidak telalu bermasalah, menggunakan BB cream sudah cukup. Oleh sebab itu, biasanya BB cream digunakan oleh para perempuan yang berada di usia dewasa muda. 

Karena pada usia tersebut umumnya hormon pada perempuan sudah stabil, sehingga hanya fokus pada makeup base yang dapat mencegah muka berminyak, namun tidak terlalu tebal di wajah 

Selain itu, pada beberapa merek BB cream dilengkapi dengan berbagai formula anti aging. Hal tersebut semakin menunjukkan bahwa BB cream ideal untuk perempuan usia dewasa muda.

Pada beberapa produk, terdapat ulasan—dari beberapa beauty enthusiast—yang memaparkan bahwa BB cream memiliki kecenderungan membuat wajah menjadi kering. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan pelembab wajah sebelum memakai BB cream.  

Bagi perempuan yang memiliki masalah kulit pada wajah dan memiliki kecenderungan berjerawat, sebaiknya menggunakan CC cream. Kandungan-kandungan dalam CC cream dapat membantu menutupi masalah kulit pada wajah, tanpa membuatnya semakin parah karena diformulasikan lebih ringan di wajah.

Selain itu, CC cream juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan foundation, sehingga semakin dapat menyamarkan berbagai masalah seperti pori-pori membesar, bekas menghitam akibat jerawat, dan lain-lain.

Jika wajahmu membutuhkan semua manfaat, baik dari BB cream maupun CC cream, tidak perlu khawatir. Kamu tidak perlu repot menggabungkan dua produk tersebut, karena akan berisiko membuat wajah berjerawat. Saat ini telah dikembangkan pula DD cream, yaitu gabungan formula dari BB cream dan CC cream. 

Saat ini telah terdapat produk makeup base dengan berbagai merek. Setelah mengetahui perbedaannya, seperti yang telah dipaparkan di atas, maka hal paling penting adalah mengetahui jenis kulit wajah dan apa masalah-masalah  yang kerap dihadapi.  Setelah itu, baru gunakan makeup base sesuai kebutuhan wajah.

Kalau teman-teman pakai make up base apa? BB Cream apa CC Cream?

22 komentar

  1. Bener juga, awalnya aku sempat bingung apa beda si cc cream dan bb cream ini karena sekilas mah mirip ya tapi ternyata beda. Aku sih lebih sering pakai cc cream untuk kegiatan sehari-hari.

    BalasHapus
  2. Ooh berarti punyaku tuh Cc Cream bukan BB cream. Ya nasib asal pake aja, ga pelajari dulu kegunaannya. Hahaha

    BalasHapus
  3. Aku tau dong bedanya. Pingin nyoba cc cream nih

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah nyoba pakai CC cream, biasanya BB cream aja. Ternyata CC cream manfaatnya lebih komplit, ya. Apalagi warna kulit wajahku kurang merata, nih. Belum lagi masalah flek abis jerawat alergi. Hehehe... jadi curhat :D. Ntar kumau coba pakai CC cream lah.

    BalasHapus
  5. aku juga blom tahu banyak bedanya bb cream sm cc cream, so far saat ini pake cc cream aja sih
    tp kayakya lebih pratiks ya ketimbang pakai bbrp macam cream

    BalasHapus
  6. Saya kalau pakai CC cream ga cocok, kalau BB cream okelah masih masuk bahkan pakai DD cream juga cocok.

    BalasHapus
  7. Waaaah, nambah wawasan buat aku banget nih. Aku beneran gak tahu bedanya. Oh... ngerti deh sekarang. Aku kayaknya, cocoknya pake BB cream. Belom pernah nyoba sih. Nyobain aaaah...

    BalasHapus
  8. Ya ampun sudah ada BB, CC trus DD. Baru pernah coba BB cream aja. Kalau CC dan DD cream belum pernah tahu kek mana.

    BalasHapus
  9. Kasih tahu dong contoh CC cream yang mana, kalo BB Cream kan aku udah punya, Ayaa

    BalasHapus
  10. Aku pakai BB cream tapi kalau mau pergi aja sih. Kalau di rumah aja, palingan hanya pakai serum vit c dan sunscreen

    BalasHapus
  11. Sepertinya saya butuh yang CC Cream. Beneran aman buat ibu hamil ya Mbak?

    BalasHapus
  12. makasih infonya mba, jadi tau perbedaannya..selama ini pakai BB cream. tapi kadang pori2 masih keliatan besar, jadi ingin coba cc cream

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu ada CC dan DD cream lhoo kudet sekaliiii...

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah pakai cc cream justru pernah pakai DD cream dari wardah. Kira-kira, kalo di bandingin BB dengan DD bagusan mana ya

    BalasHapus
  15. Wah makasih infonya, akhirnya tau perbedaan BB dan CC, hahahaha ku kudet banget soal permake-up-an ini :)

    BalasHapus
  16. Tau aja mbak, aku gk ngerti bedanya CC cream ma BB cream haha. Tapi kalau diliat dari manfaatnya kyknya CC cream banyak banget ya fungsinya :D

    BalasHapus
  17. Sepertinya saya harus coba ini mba yg BB cream nya

    BalasHapus
  18. Aku sekarang makenya CC Cream Mak, lebih suka hasilnya dari BB Cream kalau aku

    BalasHapus
  19. Kayanya aku pake BB Cream..
    Soalnya gak nutup sempurna juga...hanya foundation setelah pelembab.

    Pingin coba cc cream, tapi takut gak cocok.

    BalasHapus
  20. Ih baru tahu banget bedanya BB Cream dengan CC Cream. Kemana aja eike selama ini ya? Hehe. Maklum sih Mak, aku nggak suka dandan orangnya.

    BalasHapus
  21. aku malah ga tau mb aya haha krn ga prnh make jg

    BalasHapus
  22. aku belum pernah pakai cc cream sih. bb cream juga jarang banget dipakai. belum nemu yang cocok di wajah soalnya.

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)