Featured Slider

Ray 6 Bulan

Hallo Ray! Selamat 6 bulan. Semangat MPASI ya ❤. Selamat lulus ASI tingkat pertama juga. Ibu saaaaaaayang banget sama Ray.


6 bulan ini Ray ngapain aja? Bisa apa? Amazing banget deh pokoknya. Ibunya juga belajar hal-hal baru seiring bertumbuhnya kamu, uwuwuwu.

Bisa Bilang Papa

Demi apa ya, Ray. Kamu 24 jam sama Ibu. Main, bobo, nenen, mandi, eek, pokoknya semua aktifitas hampir semuanya sama ibu, tapi kata pertama yang Ray ucapkan adalah "PAPA". Papapapapa gitulah. 

Ibuku sampe ketawa kegirangan, takjub karena cucunya bisa mulai ngomong. Sesimpel bilang papapapa seharian. Sederhana sekali ya bahagianya? Padahal mungkin bagi orang lain, itu hanya sebuah gumaman seorang bayi.

Lulus Asi Eksklusif

Ray lulus ASI. Selain obat karena demam, dia minum ASI full. Saya memang bertekad mau memberikan ASI sampai 2 tahun. Pernah memompa, tapi karena kurang pengetahuan sempat macet pumping dan lebih memilih langsung meminumkan (direct breasffeeding).

Di usia 6 bulan, dia sudah fasih nungging sana sini. Jadi kadang lupa lagi nenen, dia refleks narik puting sampai sakit. Huhu. Semakin teriak, dia semakin kenceng nggegetnya. Kata ibu, itu belum seberapa, tunggu aja kalo besok Ray punya gigi, bakal lebih ekstrim lagi. Buset! :(

Buat mengakalinya, biasanya saya meluk-meluk sambil ngajak ngobrol dan mengusap-usap punggung atau kepalanya. Tapi kalo dia lagi khilaf, ya gitu, nenen sambil akrobat :(. Karena makin teriak saya makin babak belur, saya memilih memencet hidungnya biar dia melepas nenennya. Sakit, Le :((.

MPASI

Saya memberi MPASI Ray, saat usianya tepat 6 bulan. Banyak tetangga yang menyarankan ngasih MPASI saat usianya 5 bulan, tapi saya kekeuh ngasihnya 6 bulan saja. Ketika usianya masuk 5 bulan, dia sudah antusias buat makan. Tiap saya makan, mulutnya ikut gerak dan tangannya ingin memegang apa yang saya makan.

Saya beli bubur tim organik, titip Mbak Endang sekalian nganter Khansa sekolah. Awalnya lahap banget. Tapi setelah seminggu, Ray GTM, ahaha. Saya nggak maksain Ray harus makan karena niatnya, saya mengenalkannya saja.

Dari perkenalan itu saya tahu kalau Ray suka banget sama buah dan telur. Dia bisa khusuk nyesep-nyesep melon. Dia juga lahap banget sama alpukat, padahal menurut saya agak pahit.

Pas saya makan telur rebus buat booster asi, ternyata dia ngliatin. Saya menyuapi kuning telurnya, eh dianya mau dan lahap. Bahkan habis 3/4 nya. Keesokan harinya saya suapin telur lagi dan antusias. Sampai sekarang dia idola banget sama telur rebus.

Liburan di rumah eyang sebulan full (nggak setengah-setengah)

Thank you buat Papi udah diijinin ke rumah eyaaaaaang. Gak tanggung-tanggung, sebulan lebih, ahaha. Ini rekor banget. Setelah ga LDR dan punya anak, paling banter seminggu di rumah Bapak Ibu.

Kompensasinya, saya jadi rajin ngirim foto ke Papinya, nyritain seharian Ray ngapain aja. Lahap apa gak makannya. Nyenyak ga bobonya. Dan video call juga. Padahal 2 hari sekali ketemu, tapi tetep aja, katanya kangen, ahaha.

Bapak saya tiap pagi ada rutinitas, nungguin Ray bobo. Bener-bener ditungguin sampai tidurnya nyenyak. Biasanya setengah jam tidur aja udah jempol, lha ini sampai 2 jam an. Ternyata Bapak nungguinnya totalitas, ngepuk-puk pantat, ngusap-usap dada, sambil ngipas pelan-pelan biar nggak dihinggapi lalat sama nyamuk. Kalau siang juga sama. Bapak melarang Lintang sama Khansa mendekat, takut Ray bangun. Keduanya patuh, ahaha.

Nyungsep

Ini bikin saya kaget banget, huhu. Jadi ceritanya, saya lagi demam karena ASI saya macet (PD-nya mengkal). Sudah dibawa ke puskesmas dan diresepkan dokter. 2 hari beneran cuma tidur sama bangun buat salat. Alhamdulillah Ray ga rewel meskipun nyusunya kayak ogah-ogahan. Nah, pas saya tidur, dia mainan sendiri di kasur. Saya ada di sampingnya dan di kasih bantal guling di setiap sudut kasurnya.

Entah bagaimana, kepalanya ada di bawah, tangannya ingin merengkuh sesuatu di kolong meja, huhu. Untung kasurnya ga pake dipan, kalau pake dipan entahlah :(. Ray juga diam saja, ga nangis atau apa, padahal kepalanya udah nyungsep ke bawah lho. Pas tahu, saya langsung mengangkat dan menggendongnya. Kepala masih kliyengan tapi hati deg-degan karena kaget.

Mau merangkak

Ray sudah fasih tengkurap bolak balik. Pantatnya kadang terangkat dan kakinya memanjat seakan mau merangkak. Cuma tangannya belum mau mengangkat buat menopang tubuhnya, jadi merangkaknya belum sempurna.

Dia lebih memilih guling-guling buat pimdah tempat, makanya sudah riskan kalau ditinggal sendiri. Takutnya nyungsep lagi :(.

Ikut tes cpns Ibu

Oh iya, Ray ikut saya ke Jogja buat tes cpns. Saya agak was-was dia rewel. Tapi saya percaya kalau dia akan tenang sama eyangnya. Sebelum masuk ujian, saya main dulu sambil menyusuinya. Dia nggak mau pake dot makanya saya menyusuinya dulu sampai kenyang.

Kata Ibu, dia sempat rewel (mungkin tahu kalau ibunya pening ngerjain TIU, ahaha), dan akhirnya tidur. Pas saya keluar ruangan, dia masih pulas. Saya menggendongnya dan menciumnya. Baru kali ini meninggalkan Ray agak lama. 1,5 jam, ahaha. Biasanya kan nempel kayak perangko dikasih lem castol *lebay*

Sehat selalu ya sayangku! :)

Tidak ada komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)