Featured Slider

Chat Feature, Inovasi Baru GOJEK untuk Memudahkan Bayar Patungan

Saat masih kerja di Jakarta, saya sangat terbantu dengan adanya GOJEK. Kalau sendiri, saya lebih memilih fitur go ride karena lebih cepat sampainya. Biasanya driver-nya lewat “jalan tikus” untuk menghindari macetnya Jakarta. Tapi kalau bareng teman-teman, go car bisa menjadi pilihan. Meskipun macet tetap enjoy karena bisa ngobrol di dalam mobil.

Ketika harus pindah Solo untuk melanjutkan kuliah, GOJEK menjadi andalan saya. Selain memenuhi kebutuhan transport, saya juga dimanjakan dengan mudahnya memesan makanan melalui go food.

Di kampus, saya memiliki 3 sahabat—Mbak Fine, Vina dan Wanda yang saya anggap sebagai friendship forever. Mereka adalah keluarga kedua saya di Solo. Nggak hanya membahas tugas-tugas kuliah, tapi kami sering membahas tentang impian, keluarga, pernikahan dan hal yang paling absurd lainnya.

Baca juga: Friendship goals

Kalau sudah asyik mengerjakan tugas, kami berempat malas keluar untuk membeli makanan. Apalagi kalau banyak deadline tugas, kami sering lupa waktu untuk makan. Kalau sudah larut malam, go food menjadi penyelamat untuk memesan makanan. Mbak Fine yang biasanya mentraktir kami. Dia sering banget mentraktir kami, saldo GO-PAY nya selalu full. Wanda biasanya yang rikuh karena sering ditraktir dan pernah berinisiatif menyelipkan uang untuk mengganti makanan yang sudah dipesankan Mbak Fine. Saat tahu, Mbak Fine mengembalikan uang tersebut.

Pernah juga saya mau order go food memakai handphone saya, Mbak Fine langsung mengulurkan handphone¬ miliknya. Dia bilang baru top up GO-PAY dan menyuruh saya memesan menu untuk kami berempat. Coba ada fitur yang membuat kami bisa #PatunganGampang, jadi bisa membayar kolektif tanpa harus rebutan siapa yang bayar. Honestly, saya juga merasa nggak enak kalau terus-terusan ditraktir. Biasanya orang-orang bingung kalau nagih uang buat ganti traktiran makan, kan? Kalau saya kebalikannya. Gimana cara mudah membayarnya, apalagi pembeliannya dilakukan kolektif.

Patungan Gampang melalui Chat Feature

Beberapa waktu yang lalu, saat saya menggunakan aplikasi GOJEK, ternyata ada inovasi tebaru dari GOJEK. Namanya chat feature. GOJEK sebagai penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran digital multi-servise menjawab permasalahan saya dulu yang bingung ketika harus membayar patungan untuk makan.


GOJEK menghadirkan inovasi karya anak bangsa yang semakin memudahkan pengguna setianya (kayak saya, salah satunya). Kali ini, GOJEK merilis chat feature, fitur chatting antar teman yang tersedia di aplikasi GOJEK. Jadi, inovasi terbaru dari GOJEK ini memudahkan para penggunanya untuk ngobrol dengan teman-teman di aplikasi GOJEK-nya. Dengan fitur tersebut, memudahkan penggunanya untuk membayar secara kolektif sehingga patungan membayar menggunakan GO-PAY lebih mudah. Seperti tujuan GOJEK membuat fitur ini, yaitu: #PatunganGampang 

Saya nggak perlu rikuh dan khawatir lagi kalau misalnya nanti mau order go food barengan sama teman. Fitur ini sangat membantu lho! Apalagi masalah uang dalam pertemanan sangat riskan. Untuk pembayaran secara kolektif, para penggunanya bisa chat dan membuat grup langsung di aplikasi GOJEK. Oh iya, fitur ini bisa dipakai untuk membayar arisan juga. Jadi secara langsung berguna untuk menagih yang lelet bayarnya. Nah, yang memiliki problem kayak gitu, fitur chat di GOJEK bisa dipakai, nanti bisa langsung memakai GO-PAY untuk membayar arisannya. 

Split-Bill Feature

Selain chat feature, GOJEK juga meluncurkan split-bill feature. Wah, saya seperti menemukan aplikasi patungan yang memudahkan saya dalam melakukan pembayaran secara kolektif. Inovasi fitur split-bill merupakan fitur tambahan yang ada dalam chat feature. Adanya fitur ini membuat fitur chat lebih unggul dibandingkan dengan fitur chat yang sejenis. Hal tersebut memungkinkan kita untuk langsung mentransfer uang dalam bentuk GO-PAY kepada teman lainnya. Bahkan bisa patungan juga ke sama semua anggota yang berada dalam group chat, lho! Dalam hal ini, pastikan teman kita sudah meng-upgrade akun GO-PAY nya agar bisa mengirimkan GO-PAY.

Setelah mengulik fiturnya, split bill ini terbagi menjadi 2. Pertama, fitur ini bisa membagikan total biaya patungan secara bagi rata. Ini bisa dipakai untuk tagihan arisan yang biasanya sama rata pembayarannya. Atau juga dipakai ketika memesan menu yang sama di go food. Jadi, pembayarannya bisa sama rata. Dengan fitur ini, kita nggak perlu sungkan lagi menagih teman-teman yang susah buat patungan. Atau tidak perlu sungkan membayar ketika tidak mau ditraktir, hehe.

Kedua, fitur split bill bisa membagikan total biaya patungan beda-beda. Ini berlaku seperti case saya ketika Mbak Fine, Wanda, Vina dan saya memesan go food dengan menu berbeda yang menyebabkan patungan per orang berbeda.

Untuk memudahkan perhitungan patungan, GOJEK juga menyediakan kalkulator di dalam fitur split bill ini. Apalagi kalau menu yang dipesan beda-beda, biasanya kita sudah lieur pembagiannya dan malas menghitung secara manual. Tetapi dengan fitur split bill yang dilengkapi dengan kalkulator memudahkan kita menghitung total biaya yang harus dibayar masing-masing. Sehingga kita tidak khawatir untuk salah hitung.

Split bill ini inovasi awal GOJEK. Fitur-fitur lainnya akan diluncurkan GOJEK untuk memudahkan penggunanya biar nggak rikuh lagi nagih uang patungan *eh.

Saya mengapresiasi terobosan GOJEK yang belum pernah dimiliki aplikasi sejenis (super app) di Indonesia. Teman-teman mau nyobain fitur terbaru dari GOJEK juga? Kalian bisa menemukannya di bagian paling bawah aplikasi GOJEK yang berada diantara tombol pesanan dan tombol inbox.

Setelah di-klik, kita bisa langsung mulai chatting sama semua teman-teman yang ada di phone book dan tentunya yang memiliki aplikasi GOJEK.


Setelah bisa memulai chat, kita bisa langsung membuat grup chat lho. Kalau mau mulai bayar patungan, tinggal klik nomor teman tempat bayar patungan, trus transfer jumlah uang patungannya deh.

Kalau mau nagih juga nggak rikuh lagi. Tinggal membuka grup chat yang sudah dibuat tadi. Lalu klik "minta", sistem GOJEK sudah otomatis membagi berapa nominal yang harus dibayar masing-masing sesuai pesanan melalui fitur split bill tadi. Dan voillaaa, otomatis menarik dari Go-Pay deh tagihannya. Gampang banget kan!

Tidak ada komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)