Featured Slider

Blog untuk Pemula

Mbak, ajarin bikin blog dong.

Nulis blog enak ya, Mbak. Pengen, tapi gak bisa...

Yakin gak bisa? Gak bisa atau gak mau (usaha)? *dikeplak.


Jadi, pertanyaan serupa diatas banyak sekali yang menghampiriku. Banyak yang pengen bikin blog. Padahal kan tinggal bikin aja, ya? *kalem.

Kalau menurutku pribadi sih, tantangannya bukan membuat blognya, tapi lebih ke KONSISTEN MENULIS. Tapiiiii, kali ini saya mau sharing tentang acara workshop yang diselenggarakan KEB Solo beberapa waktu lalu. Temanya menarik banget! Blog untuk pemula.

Saya terharu karena seminggu sebelum pendaftaran closed, seat-nya udah full. Semoat nambah 2 seat karena saking semangatnya calon peserta. Bahkan ada peserta yang pengen acara lanjutannya :D.

Belajar langsung membuat blog


Setelah acara KEB Intimate dan membuat kreasi menu bento, KEB Solo memang concern menyiapkan acara ini. Karena banyak request tentang membuat blog itu step-stepnya bagaimana. Voilllaaaaa, acaranya seru banget!

Lokasinya di Favehotel Adisutjipto yang ruangannya nyaman banget. Dibuka MC andalan KEB, Ana Ike dan sambutan dari Mbak Ety selaku ketua. Sebagai PIC acara tersebut, saya tidak lupa menghimbau kepada para peserta untuk bertanya kalau memang nggak ngerti secara teknis. Oh iya, platform yang digunakan adalah blogspot.


Mentor utama dalam acara ini adalah Mbak Ety Abdoel dan Mbak Ranny Afandi. Mereka menjelaskan materi dalam 2 sesi terpisah tapi materinya saling berhubungan karena merupakan lanjutan. Untuk memudahkan peserta memahami materi dan lancar praktiknya, mereka dibantu asisten mentor.

Blog itu apa sih?

Blog itu apa sih? Mbak Ety menanyakan ke audiens. Beliau juga menanyakan siapa blogger favorit mereka. Dan beberapa diantara mereka mengidolakan tulisan Mbak Ety. Memang sih, story telling-nya easy reading meskipun tulisannya panjang.

Lalu beliau menjelaskan tentang langkah-langkah membuat blog itu apa saja. Bagi teman-teman yang mau memulai bikin blog bisa dicoba langkah berikut:

1. Topik blog

Teman-teman paling suka nulis tema apa? Kuliner? Kesehatan? Parenting? Atau kegiatan sehari-hari bisa juga dijadikan tulisan buat blog, lho. Nah, topik blog ini nantinya yang akan berpengaruh pada pemilihan nama blog. Kalau mau simple bisa memilih nama sendiri sebagai nama blognya.

Kalau saya pilih cahayatheprinces yang seringkali pada salah nyebut :D. Bukan karena alay, karena saya tahu nama itu sejak SMP kelas 1 saat kenal mirc sama yahoo massanger.

2. Memilih Domain

Setelah memilih topik, beliau menyarankan untuk memilih nama domain yang mudah diingat, atau setidaknya mempresentasikan diri kita. Boleh memakai nama kita juga, kok. Sebaiknya menghindari simbol karena kurang friendly saat nama domain blognya di klik.

Nama domainku kadang masih sering salah disebut. Tapi karena sudah jatuh cinta, yaudah nggak mau ganti. Bagi teman-teman yang mau bikin blog, kira-kira mau dinamain apa?

3. Platform

Di sesi pertama ini, seluruh peserta diajarin langsung membuat blog dengan menggunakan platform blogspot.

Bagaimana cara memilih template dan dimana mengunduhnya, mengenal dashboard, cara membuat halaman, cara memunculkan halaman yang telah dibuat. Semua praktik satu-satu didampingi asisten mentor.



Nah, kalau teman-teman pengen membuat blog, bisa mengikuti apa yang disampaikan Mbak Ety. Tapi, hal paling penting dalam menulis blog sendiri adalah tujuan ngeblog mau ngapain? Kalau memang cuma buat curhat (kayak saya), tinggal bikin blog, nulis, posting, selesai deh.

Yang bikin ribet itu kalau mereka mengamati kalau menulis blog itu enak, dapat produk gratisan, dapat uang, diundang sana sini. Tapi mereka lupa, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan itu semua.

Di Sesi kedua workshop kemarin, dijelaskan juga tentang menulis konten di blog. Mbak Ranny Affandy menjabarkan secara teknis dan memberikan beberapa tips bagaimana membuat konten blog yang baik.

Para peserta diarahkan membuat judul, memasukkan gambar dan foto, insert link dan menuliskan meta deskripsi pada blog. Bagi yang sudah mahir ngeblog, hal-hal ini sudah familiar, tapi bagi pemula, hal mendasar ini lumayan pening juga saat praktik.


Pilih Wordpress atau Blogspot?

Hmm, ini selera sih ya. Honestly, sejak awal ngeblog, saya memakai platform blogspot. Menurut saya, blogspot lebih simple dari wordpress. Tapi, banyak lho, teman saya yang pindah platform dari blogspot ke wordpress. Kembali lagi ke selera dan tujuan ngeblog untuk apa.

Kalau kata teman saya, dia menyukai plugin dan tema yang disediakan wordpress lebih beragam dibandingkan blogspot. Bagi teman-teman yang baru membuat blog, sebagai bahan referensi, untuk membeli domain pada blogspot, saya tidak perlu repot membeli hosting. Sedangkan, untuk wordpress, selain membayar domain setiap tahun, teman saya juga harus membayar hosting agar lebih.

Jadi, yang mau pakai wordpress dan lebih leluasa menggunakan fiturnya, selain membayar domain, harus membayar hosting juga. Sekarang banyak juga kok yang menyediakan hosting murah bulanan.

Blogspot dan wordpress mungkin sudah familiar ya, ternyata ada lho platform atau Content Management System (CMS) lainnya buat ngeblog. Ada juga joomla, drupal dan prestashop. Trus, beda blogspot, wordpress, joomla, dan drupal apa?

Blogspot dan wordpress cocok digunakan untuk pemula karena tidak membutuhkan banyak perubahan di websitenya. Nah, buat teman-teman yang mau memulai menulis blog, bisa memanfaatkan kedua platformnya. Kalau joomla cocok untuk web developers karena lebih fleksibel. Platform ini memiliki banyak fungsi yang out of the box dan kostumisasi yang efektif.

Drupal bisa dipakai untuk menulis konten dan juga mengelola framework. Fitur pluginnya lengkap. Manajemen sistem cache-nya sangat baik. Bagi yang sudah expert, platform ini bisa jadi rekomendasi.

So,  bagi yang baru mau memulai membuat blog, simple aja rumusnya. Bikin, tulis dan posting. Let's write 💓. 

Ps: beberapa foto diambil oleh Ranny Afandi :*

1 komentar

  1. Oke mb aya, rumusnya: bikin - tulis - posting. Konsistensi. Lanjuuuuuuut

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)