Featured Slider

Berani Berhijrah Bersama Pasta Gigi Sasha yang Lebih dari Sekedar Halal

Ini sudah halal belum, ya? 

Tanya Mbak Era saat saya memposting salah satu snack impor yang habis dibeli di supermarket. Saya bilang sudah dengan mengirimkan bukti sertifikasi halalnya. Setelah berdiskusi, ternyata memang sertifikasi halalnya baru sja terbit beberapa bulan terakhir.

Halal memang hal yang wajib bagi keluarga kami sebagai muslim. Hal-hal yang sudah diajarkan sejak kecil, misalnya babi itu haram, minum khamr itu juga haram, dst. Dan itu berlaku untuk turunannya. Jadi, kalau ada snack yang mengandung babi, berarti itu juga haram untuk dimakan. Kue yang diolah dengan rum, juga haram untuk dibeli dan dimakan.

pasta gigi sasha halal

Karena sudah di-sounding sejak kecil, saya sudah terbiasa untuk menyortir hal-hal yang sifatnya haram. Salah satunya dengan mengidentifikasi dan hati-hati tentang kehalalaln suatu produk yang saya pakai dan konsumsi sehari-hari.

Kenapa ribet banget sih? Berarti harus ngecek satu-satu, dong?

Alhamdulillah nggak ribet, karena halal bukan sekedar pilihan, tapi merupakan gaya hidup yang wajib dijalani setiap muslim, termasuk saya dan keluarga. Nah, ramadan kali ini, saya mau cerita hijrah saya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Honestly, sebelumnya saya memakai pasta gigi biasa, tapi setelah tahu ada pasta gigi halal, saya memutuskan untuk berani berhijrah menggunakan pasta gigi sasha.

Pentingnya Kebersihan dan Kesehatan Gigi


Hal yang rutin saya dan keluarga lakukan setiap hari adalah sikat gigi. Yang mengenal saya sejak dulu, saya saaaangat concern dengan kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. Sikap ini menurun dari ibu saya.

Lagi-lagi saya flashback tentang masa kecil saya ketika ibu selalu menyuruh saya rajin menyikat gigi 3 kali sehari. Pagi, sore dan sebelum tidur. Selain itu, saya juga rajin diajak ke puskesmas setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan gigi. 
sasha halal

Kebiasaan merawat gigi berlangsung sampai sekarang: sikat gigi dan periksa ke dokter gigi. Saya patuh setiap rekomendasi dokter terkait dengan gigi saya. Membersihkan karangnya, menambalnya saat ada yang berlubang. Bahkan dengan pemeriksaan rutin tersebut, saya baru tahu ada karies yang hampir merusak gigi saya sehingga dokter melakukan treatment agar kerusakannya tidak melebar ke gigi-gigi sampingnya. P

Kerusakan gigi berawal dari adanya karies dan peradangan pada gigi. Hal tersebut terjadi karena sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga lama-kelamaan akan membusuk jika tidak dibersihkan. Lalu pembusukan itu menyebabkan kuman dan bakteri yang menimbulkan penyakit, huhu. Kerusakan gigi karena karies ini pernah dialami Dio. Giginya depannya gigis semua, huhu. Oh iya, kata dokter gigi yang pernah memeriksa gigi Dio, gigi yang rusak pada anak bisa menimbulkan infeksi dan bisa menyebabkan demam. Nah kan!

Baca juga: Pengalaman Dio ke dokter gigi

Saya menyadari bahwa gigi merupakan salah satu komponen tubuh yang vital, namun seringkali disepelekan. Beberapa referensi yang saya baca, kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti ginjal, sendi, sakit kepala yang berkepanjangan. Ibu saya selalu mengalami sakit kepala ketika giginya bengkak, huhu.

Karena pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, maka saya benar-benar merawatnya. Hal rutin yang saya lakukan adalah dengan gosok gigi dengan benar sebanyak 3 kali sehari. Selain itu,  hijrah dengan memilih produk halal yang mengandung siwak: pasta gigi sasha.
sasha mengandung siwak

Berani Berhijrah Bersama Pasta Gigi Sasha

Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, ramadan ini saya mulai tahu ada pasta gigi yang mengandung siwak asli, yaitu: pasta gigi sasha. Fyi, siwak merupakan dahan atau akar pohon salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Siwak juga mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Makanya, untuk mencegah gigi berlubang dan melindungi gusi dari infeksi, penting banget memilih pasta gigi yang terbuat dari siwak.
sasha halal

Oh iya, bersiwak itu sunnah yang disenangi dan sangat dianjurkan oleh Nabi untuk membersihkan mulut dan gigi. Ternyata pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sudah dianjurkan oleh Nabi sejak dulu. Wow! Saya merasa amazing, karena apa yang saya lakukan selama ini, nyatanya sudah dilakukan oleh Rasulullah bertahun-tahun yang lalu. Sebagaimana kutipan hadist yang saya baca di bawah ini:

Dari Hudzaifah Ibnul Yaman RA: Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak (Hadist Riwayat Bukhari)
Makanya sekarang saya juga aware banget sama kebersihan dan kesehatan gigi anak-anak. Semula memang susah sekali membiasakan mereka untuk sikat gigi. Alhamdulillah, sekarang mereka sudah terbiasa rajin  menggosok gigi setiap hari. 


Pasta Gigi Sasha

sasha mengandung siwak

Sebelumnya saya ditanya Ibu mengapa ganti pasta gigi baru. Beliau pun memegang wadah gold yang berisi pasta gigi sasha herbal natural antibacterial protection. Ada 2 hal yang membuat saya beralih menggunakan pasta gigi sasha. Mungkin hal ini juga bisa menjadi referensi teman-teman:
  1. Bahan bakunya tidak mengandung alkohol dan terbuat dari siwak yang disunnahkan Nabi. Sasha merupakan pasta gigi pertama di Indonesia yang mengandung siwak asli dan ekstrak daun sirih yang berfungsi merawat kesehatan gigi dan membuat nafas segar tahan lama.
  2. Lebih dari sekedar halal. Sasha tidak hanya halal dari segi bahan baku tetapi sasha juga telah memenuhi 11 aspek halal. Sejak tahun 2012 telah mendapatkan sertifikat dengan predikat excellent dari LPPOM MUI, sehingga memenuhi dan mengaplikasikan sistem jaminan halal.
Trus kok baru hijrah sekarang? Honestly, karena saya baru tahu informasi ini. Makanya saya juga pengen sharing biar masyarakat juga tahu kalau sudah ada pasta gigi yang bersertifikat halal dan terbuat dari siwak asli.

Varian dan Kemasan Sasha


Pasta gigi sasha memiliki 2 varian yang bisa teman-teman coba sesuai dengan kebutuhan.

💓 Sasha herbal natural antibacterial protection

Terbuat dari siwak asli dan ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, nafas segar tahan lama. Varian ini pas banget digunakan saat ramadan untuk mengurangi bau mulut. Oh iya, nenek saya dulu struktur giginya bagus dan bersih, padahal usianya sudah sepuh. Ternyata selain beliau rajin gosok gigi, beliau juga rajin mengunyah sirih.

Menurut penelitian, sirih memiliki sifat anti bakteri sehingga bagus untuk mencegah gigi berlubang. Makanya, nggak heran kalau kandungan sirih dalam sasha memang ampuh untuk membunuh bakteri akibat sisa makanan.

💓 Sasha whitening double repair protection

Varian ini terbuat dari siwak asli, lemon dan garam yang berfungsi untuk memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih. Nggak percaya diri pas senyum tapi giginya kuning? Nah, sasha whitening ini bisa dicoba deh!

Pasta gigi sasha memiliki 2 kemasan dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk kemasan 65 gram dibandrol dengan harga Rp. 6500 sedangkan kemasan 150 gram seharga Rp 15.000

Yuk berani berhijrah dengan menggunakan produk halal. Salah satunya bersama sasha yang setiap hari digunakan untuk gosok gigi keluarga. Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa follow akun sosial media Sasha, IG: @sashaindonesia dan FB: Sasha Pancaran Aura Islami


37 komentar

  1. Ini pasta gigi syariah ya hehe.. yang bahannya kayu siwak sebagai anjuran (Sunnah) Rasulullah, jadi pahalanya dobel. Untuk perawatan lanjutan, saya coba scalling gigi minimal 1 tahun sekali (dicover BPJS), jadi harus melengkapi, soalnya kalau ngandelin murni pasta gigi masih kurang untuk perawatan gigi yang sudah ada karang giginya/radang gusi. Nice info

    BalasHapus
  2. Aku suka nih pakai pasta gigi Sasha herbal, beberapa kali pakai yang kemasan warna coklat segar banget di mulut.

    BalasHapus
  3. Sampe skrng bubda blm nemuin tuh padta gigi Sasha. Betul sekali perawatan gigi gigi penting sekali tp bunda sendiri kadang rada males kontrol gigi, hiks...gsk tahan ngabtrintaaa...maklum di rsud dan bpjs pulak. In

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ya musim bulan Ramadhan kali ini banyak yang berhijrah ke arah lebih baik. Kompak...
    Barengan beralih menggunakan pasta gigi Sasha

    BalasHapus
  5. Aku setuju banget kalo pasta gigi sasha ini tidak sekedar halal, tapi juga mengajarkan kebaikan dengan melaksanakan sunah rasulullah ya mbak, yaitu membersihkan gigi dengan menggunakan siwak.. InshaAllah jika melaksanakan sesuai sunnah rasul hidup akan lebih damai dan bahagia

    BalasHapus
  6. Kalo udah memenuhi 11 aspek halal udah pasti bikin nyaman untuk menggunakan Sasha pasta gigi yang ada kandungannya siwak ya. Dapat paket lengkapnya nih, mengikuti sunnah Rasul serta ada kepraktisan dengan pasta gigi yang siap pakai ini

    BalasHapus
  7. aku baru tau mba, ada pasta gigi halal yang mengandung siwak gini :D kesehatan mulut dan gigi menurutku juga penting, karena makanan yang masuk ke tubuh melalui mulut, hihi.. aku juga sedang membiasakan anakku untuk mengontrol kesehatan gigi 6 bulan sekali dan melatih untuk sikat gigi pagi dan malam sebelum tidur ^^

    BalasHapus
  8. Wah makin banyak alternatif pasta gigi halal ya...aku jd pengen nyoba jg nih yg ini..

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah,
    Sasha hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang penduduk muslimnya mayoritas.

    BalasHapus
  10. Siwak is really a good ingredients for your teeth and gum. I have been using this as well

    BalasHapus
  11. Saya udah sebulan loh pke shasha, alhamdulillah saya betah pake Pasta gigi ini, nggak terlalu bxk busa di mulut juga

    BalasHapus
  12. Saya bersyukur kenal Sasha ini Mba
    Saya jadi ga was was lagi untuk sikat gigi dengan bahan bahan syubhat

    BalasHapus
  13. Sama mbak, aku kalau ada yang jualan roti atau makanan blm ada label halal msh suka ragu beli.
    Apalagi utk urusan pasta gigi yaa. Harus bener2 milih yang udah jelas halalnya.
    Sama sih saya juga pakai Sasha skrng ini.

    BalasHapus
  14. Pakai pasta gigi Sasha gak hanya menyehatkan tapi juga bisa mengikuti sunah Rosul ya, Mbak

    BalasHapus
  15. Suja deh sama kandungan dari pasta gigi Sasha, yaitu siwak yang biasanya digunakan rosul untuk membersihkan gigi yaaaa

    BalasHapus
  16. Wihh, kalo semangat hanya memakai yg halal kita terapkan dalam hidup, niscaya makin berkah ya mbaa.. Keren banget nih ada pasta gigi halal dari Sasha
    https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    BalasHapus
  17. Kadi semakin yakin deh mau ganti pasta gigi ke sasha. Tadinya aku pikir rasa mint yang biasanya menghilangkan bau mulut, gak ada dalam kandungan sasha. Tapi termyata sasha juga bisa menyegarkan nafas ya...

    BalasHapus
  18. Udah halal, harganya bersahabat sekalii. Cuma 15K ya kemasan besarnya. Jadi penasaran kan sama produk pasta gigi halal dari Sasha ini. Thanks infonya, twwiiiin

    BalasHapus
  19. Kemarin nyoba beli yang whitening di supermarket kok belum ada ya. Kudu nyari di tempat lain nih, yang herbal juga nyaris abis

    BalasHapus
  20. Produknya ini bisa dibeli di mana saja ya mbak? di supermarket dekat rumah kok saya cari-cari belum ada. Saya posisi di kota Malang

    BalasHapus
  21. Bener banget mba. Dalam islam kita wajib banget memperhatikan kehalalan ini ya. Soalnya halal itu udah jadi harga mati ya buat kita sebagai muslim. Wah aku jadi penasaran ama sikat gigi ini. Soalnya belum pernah nyoba nih. Semoga nanti bisa beli ya

    BalasHapus
  22. Aku langsung cek pasta gigiku ada label halalnya ngga. Alhamdulillah udah adaa, tapi jadi penasaran juga nih sama kandungan siwaknya rasanya apa beda dgn pasta gigi pada umumnya.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah ya Mbak. Nyari pasta gigi yang jelas halalnya udah gak sulit lagi. Jadi semakin tenang beribadah.

    BalasHapus
  24. Sebenarnya gigi dan gusi saya tuh sensitif banget jadi gak bisa gonta ganti pasta gigi. Kalau gak cocok langsung deh sariawan. tapi baca review pasta gigi sasa ini saya kok penasaran ya?

    BalasHapus
  25. Setuju Mak. Gigi itu organ tubuh yang penting tapi kita masih cuek. Ku nyesel waktu kecil dulu kurang rajin gosok gigi, jadi udah ada gigi yang tanggal :D Nah sekarang ada ga ada keluhan, aku rutin kontrol ke dokter gigi. Kapok sakit gigi tuh

    BalasHapus
  26. Tanpa gigi senyum gak bakal maksimal dan manis. Yang ada malah wajah ninik2 yg tersipu, hehe...

    BalasHapus
  27. Bahan baku dan tidak sekedar halal itu yang membuat saya mantap dan berkeinginan untuk menggunakan pasta gifi sasha.

    BalasHapus
  28. Suka banget sama Sasha, segarnya tahan lama berasa banget pas pakai bulan puasa kemarin. Kalau aku paling suka yang whitening nih mba hehe

    BalasHapus
  29. Kemarin sasha ini diskon di super market. Kebeli dezh. Eh, tapi gak nyesal beli. Emang bagus banget.

    BalasHapus
  30. Sebagai seorang muslim, halal itu sudab menjadi bagian dari gaya hidup. Makanya kadang aku mikir untuk mengganti beberapa produk yang kupakai sehari-hari. Terutama adalah pasta gigi, karena lebib abik.

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah saya udah hijrah pake Pasta gigi Shasha, dan suka banget soalnya gak banyak busanya

    BalasHapus
  32. Aku suka pakai Sasha. karena bener terbukti bikin nafas segar tahan lama. Terutama yang varian herbal

    BalasHapus
  33. Aku baru kemarin mba AYa beli di minimarket cobain Shasa Whitening harganya murah eh ada promo juga makin hepilah aku ditengah keuangan mencekik pasca lebaran :D

    BalasHapus
  34. Aku suka yang herbal, menurutku rasa segarnya lebih tahan lama dan bikin gigi jadi keset gitu.

    BalasHapus
  35. Woahh. Tenyata harganya mudah dijangkau yah Mbak. Selain itu manfaatnya pula yg bikin harus segera berhijrah ke odol Sasha ini, mau dong yang warna gold itu Mbak hhehee.
    TFS ya Mbak Ayaa

    BalasHapus
  36. Ramadan kemarin mulai pakai Sasha Herbal. Pengin berhijrah juga pelan2 Mbak. Alhamdulillah nafas terasa lebih segar dan berasa lebih bersihan setelah gosok gigi.

    BalasHapus
  37. Sasha ini masyaAllah banget ya mba
    secara nggak langsung mengajarkan kita untuk mengikuti sunah dari nabi
    Semanga menggunakan Sasha, maap lahir batin ya mba

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)