Featured Slider

Yuk Jadi Agen Properti di 99.co Indonesia!

Bagi teman-teman yang sedang memikirkan ide bisnis atau pun sedang mencari usaha yang menguntungkan tanpa modal besar, mungkin menjadi seorang agen properti adalah salah satu jawabannya. Ini juga menjadi salah satu obrolan hangat saya bersama suami tempo hari.

99.co Indonesia

Memperhatikan pertumbuhan properti di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahun, tentu  saya sependapat dengan suami bahwa menjadi makelar properti adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Fyi, suami 2 tahun terakhir menjadi swasta yang kerjaannya fleksibel. 

Beliau melihat jika saat ini, dengan kemajuan teknologi yang pesat, menjadi agen properti bukan lagi hal yang sulit. Nah, kami mulai mempelajarinya dengan memanfaatkan situs properti seperti 99.co Indonesia. Di situs tersebut, kita bisa memasang iklan di sana sebagai agen properti.

Saya mau sharing dan memberikan beberapa informasi mengenai bisnis menjadi agen properti di 99.co Indonesia. Siapa tahu teman-teman memiliki minat yang sama dengan kami.

Apasih Agen Properti?


Untuk yang masih benar-benar awam, mungkin masih kebingungan tentang apa itu agen properti sebenarnya. Jadi, agen properti itu biasa disebut broker, makelar, atau sekedar agen, yang tugasnya memasarkan tanah atau bangunan (rumah, rumah KPR, ruko, apartemen, dll) milik orang lain.

Uniknya, usaha agen properti tidak berdampak pada situasi ekonomi di Indonesia. Saat situasi ekonomi Indonesia yang sedang melaju, tentu tren positifnya makin banyak orang yang ingin membeli properti. Sebaliknya, ketika ekonomi Indonesia sedang krisis malah akan tumbuh pemilik yang ingin menjual propertinya.

Pemilik properti yang ingin menjual asetnya kebanyakan menggunakan agen properti. Banyaknya pemilik yang sibuk akan hal lain atau pun permasalah konektivitas mengakibatkan penggunaan jasa agen properti sangat diminati. 

Menjadi agen properti memang minim permodalan atau malah tak mengeluarkan modal apapun. Mereka hanya bertugas mempertemukan pembeli dan pemilik properti. Namun, pada dasarnya, seorang agen yang antisipatif menggunakan dana untuk jasa iklan sebagai alat pemasarannya. 

Beruntungnya, dengan bergabung bersama 99.co Indonesia di www.99.co/id, kita tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk kebutuhan publikasi iklan tersebut. Makanya, semula saya agak ragu, karena menjadi agen properti membutuhkan modal yang tidak sedikit, tetapi menjadi seorang agen properti di situs tersebut, kita bisa memangkas biaya iklan dan berpeluang menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Jadi Agen Properti di 99.co Indonesia, Untungnya Darimana , Sih?

99.co Indonesia

Setelah tahu bahwa broker atau agen properti itu adalah orang perseorangan atau pihak (perusahaan pialang) yang mengatur transaksi antara pembeli dan penjual, anda penasaran darimana mereka ini mendapat keuntungan?

Mereka mendapatkan keuntungan dari transaksi jual beli tersebut lewat komisi sesuai kesepakatan ketika bisnis dijalankan. 

Secara umum, broker adalah agen independen yang digunakan secara luas di beberapa industri. Tanggung jawab utama broker adalah untuk menjadi fasilitator antara pembeli dan penjual. Selain itu, broker juga dapat memberikan informasi pasar mengenai harga, produk, dan kondisi pasar.

Broker juga dapat mewakili baik penjual (90% dari waktu) atau pembeli (10%) tetapi tidak untuk mewakili keduanya pada waktu yang bersamaan.
Kehadiran agen properti, membuat proses pememilihan rumah yang sesuai dengan budget menjadi lebih mudah. Mengingat komisi yang cukup besar, yakni 2-3% dari harga rumah, seorang agen properti dituntut untuk profesional.

Bisa dibayangkan, bila properti yang berhasil dijual memiliki harga Rp1 miliar, itu berarti agen tersebut dapat meraup komisi hingga Rp30 juta. Itu pun hanya dari satu kali transaksi. 

Bila dalam satu bulan seorang agen berhasil closing setidaknya tiga kali, maka keuntungan yang didapatkannya pun semakin berlimpah.

Tips Memulai Karir Jadi Agen Properti di 99.co Indonesia

99.co Indonesia

Agar bisa menjadi agen properti sukses dan menghasilkan banyak komisi, tentu diperlukan waktu dan juga jam terbang yang tinggi. Learning by doing bisa dilakukan dalam setiap proses menuju kesuksesan.

Agar dapat meraihnya, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikut adalah tips-tips jitu untuk teman-teman yang ingin menjadi seorang agen properti yang handal bersama 99.co Indonesia.

1. Buat Persiapan dan Rencana

Banyak orang memilih profesi agen karena waktunya yang fleksibel. Namun hal ini pula yang menjadi penyebab utama berakhirnya karir banyak agen. Jangan ikuti kemana alur kerja mengalir, namun buat rencana yang jelas mengenai apa yang harus dilakukan setiap harinya.

Sebagai contoh, kita  bisa mengiklankan dua listing online setiap harinya di 99.co Indonesia. Dengan membuat target pemasaran harian, maka anda bisa menjual proyek properti dengan lebih cepat.

2. Bangun Figur yang Meyakinkan

Kebanyakan agen baru memilih bergabung dengan broker ternama untuk memulai karirnya karena diyakini akan mempermudah untuk mendapatkan koneksi atau klien baru. Meski demikian, anda tetap harus membangun profil yang meyakinkan guna menarik konsumen.

Kita dapat bergabung baik sebagai agen perseorangan atau bukan di 99.co Indonesia. Didorong dengan strategi pemasaran yang jitu, membangun brand yang professional tentunya akan mempermudah bisnis kita.

3. Manfaatkan Media Online

Dikutip dari Kompas, pembeli properti lewat internet melonjak 95 persen. Jadi sudah jelas bahwa salah satu langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan memasang iklan melalui portal website seperti 99.co Indonesia. 

Sebagai agen baru, portal properti seperti 99.co Indonesia dapat membantu kitamenjangkau calon pembeli prospektif dalam 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

4. Bersosialisasi dan Perluas Koneksi

Agen properti akan bersentuhan dengan banyak pihak, mulai dari customer, notaris, dan developer. Untuk itu, koneksi yang luas sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda. Nah, untuk membangun koneksi sosial secara cepat, anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat berkomunikasi dengan klien.

Sisihkan waktu setiap harinya untuk menyapa komunitas sosial, serta mengirimkan konten yang bermanfaat untuk meningkatkan leads secara signifikan. Bergabung dengan komunitas-komunitas broker bisa jadi sangat bermanfaat, apalagi untuk kita yang memilih untuk jadi agen perseorangan.

5. Kelompokkan Klien

Sebagai orang baru, kita mungkin akan dihadapkan pada banyak kondisi dan keadaan yang tidak terduga. Beberapa klien mungkin dengan mudah melupakan kita, namun jangan fokus pada satu dua orang saja.

Layani setiap klien dengan baik, dan kelompokkan sesuai demografi dan kebutuhannya masing-masing. Dengan demikian, kita akan lebih mudah memberi informasi akan properti yang mereka butuhkan.

6. Persempit Area Spesialis

Sama seperti profesi lainnya, seorang agen yang profesional harus memiliki spesialisasi. Pilih salah satu bidang yang menarik untuk  dipelajari lebih mendalam. 

Misalnya mengambil pelatihan atau seminar mengenai green building agar bisa menjadi konsultan bagi klien yang hendak mencari properti yang berstandar hijau.

Dengan spesialisasi yang dimiliki, Anda bisa membuat branding ahli pada bidang tertentu sehingga dapat mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

Spesialisasi ini bisa juga anda tunjukan dalam iklan-iklan yang anda buat di situs 99.co Indonesia. Pencari properti akan melihat anda sebagai seorang profesional dan tidak ragu lagi untuk membeli properti yang anda jual.

7. Perkaya Pengetahuan

Belakangan ini klien tidak hanya membutuhkan agen sebagai perantara transaksi jual beli properti saja, namun juga sebagai konsultan. Untuk itulah agen yang baik seharusnya memiliki pengetahuan yang luas seputar dunia properti.

Untuk itu, ikuti beberapa pelatihan atau seminar seputar properti dan dunia pemasaran untuk memudahkan anda dalam memandu klien untuk menentukan pilihan propertinya. Agen yang terpercaya juga wajib memiliki sertifikat dan SIU-P4.

8. Bersikap Profesional

Untuk menjaga kredibilitas dan integritas, anda sebagai agen pemula harus selalu terapkan sikap yang profesional terhadap agen dan koneksi anda. Jadilah agen yang jujur dan baik dalam bertindak.

Selalu membalas email atau menelpon kembali panggilan tak terjawab. Hubungi klien di jam kerja. Dan minta maaf jika melakukan kesalahan. Perlakukan setiap orang secara adil. 

Sikap yang profesional akan membuat klien anda merasa dihargai dan memperbesar kemungkinan anda untuk mendapatkan referensi dari mereka.
Itu dia tips-tips yang bisa anda lakukan untuk mengawali karir sebagai agen properti bersama 99.co Indonesia. Jadi, sudah siap untung besar dengan modal yang hampir nol rupiah?


5 komentar

  1. Wah bener banget tuh Mbak, membuat perencaan itu memang sangat penting dilakukan

    BalasHapus
  2. Wah mudah juga ya kalau jadi agen properti di 99 ini

    BalasHapus
  3. Wah sangat bermnafaat nih Mbak artikelnya. Terima kasih ya atas informasinya

    BalasHapus
  4. Memang kalau mau menjadi agen properti itu butuh persiapan yang banyak ya

    BalasHapus
  5. Tampil profesional dan mempunyai wawasan yang luas itu penting juga ya

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)