Agar Ibadah Ramadhan Lebih Optimal, Yuk Lakukan 11 Amalan Ini dengan Konsisten

Rabu, Juni 07, 2017 5 Comments A+ a-

Bagaimana kabar puasanya? Hihi. Nggak terasa 10 hari pertama ramadahan sudah berlalu ya. Kayaknya baru kemarin mulai tarawih dan niat sahur. Begitulah Ramadhan, kehadirannya sangat dinanti-nanti dan sebulan seperti cepat sekali. Sehingga kalau tidak benar-benar mengisinya dengan baik, nanti pas lebaran bakalan nyesel karena nggak dapet apa-apa.



Tahun ini juga merupakan Ramadhan kedua buat Khansa. Masih awalnya puasa bedug, tapi seterusnya sudah puasa sehari penuh, alhamdulillah.

Baca juga: 5 Hal yang Dilakukan Saat Anak Menjalani Puasa Pertamanya

Nah, saya mau share amalan apa saja yang bisa dilakukan saat Ramadhan sekaligus untuk catatan saya sendiri biar makin “greng” mengisi sisa Ramadhan tahun ini. Saya merangkumnya dari grup ODOJ yang sebenarnya sudah di broadcast beberapa waktu sebelum masuk Ramadhan. 

💓 Tahajud dan memperbanyak doa
Bisa bangun jam setengah 3 atau jam 3 sebelum menyiapkan sahur untuk keluarga. Kelihatannya sepele, tapi praktiknya masya Allaaah beratnya. Bangun sahur itu mata lengket banget. Badan juga sering susah diajak untuk ke kamar mandi buat ambil wudhu.

Tipsnya memang Cuma 1, yaitu: allahumma paksakeeeeun! Menyegerakan berwudhu lalu tahajud. Setelah itu bisa membantu nyiapin sahur. Atau justru nonton para pencari Tuhan? *eh

💓 Mengakhirkan sahur
Teman-teman sahur jam berapa? Saya paling demen 20-30 menit sebelum imsyak. Hal ini termasuk sunnah. Dan ternyata mengakhirkan sahur bisa membantu kita untuk tidak tidur lagi karena setelah imsyak biasanya adzan shubuh.

💓 Salat Fajar
Ini juga termasuk salat sunnah. Dengan adanya Ramadhan, bisa membantu untuk konsisten melakukan ini karena pelaksanaannya sebelum salat shubuh. Pengen tahu keutamaannya? “Salat sunah sebelum shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya [HR. Muslim].

💓Jamaah shubuh
Adanya Ramadhan, jamaah shubuh shafnya berderet ke belakang. Meskipun, di sepuluh hari terakhir ini, sahfnya mengalami “kemajuan”.

💓 Dzikir pagi
Biasa dikenal dengan al ma’tsurat pagi. Kalau di Al-qur’an ada di halaman paling akhir atau juga ada booklet kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Kalau saya lebih suka download mp3-nya di HP. Jadi kalau pagi bisa mendengarkan sambil melafadzkannya.

💓Salat Dhuha
Bisa 2, 4, 6 atau 8 rakaat. Kalau di rumah bisa agak lega waktunya, tapi kalau pas ada acara, atau bagi yang bekerja, bisa dhuha dulu 2 rakaat.

💓 ODOJ
Sepertinya Ramadhan identic dengan target khatam Al-Qur’an. Bahkan dalam 1 grup ODOJ ada yang sampai khatam 6x dalam sebulan. Padahal beliau juga bekerja lho. Manajemen waktunya keren!

Baca juga: Suka Duka Admin ODOJ

💓 Dzikir petang
Ini sama kayak poin 5

💓 Menyegerakan buka
Berbeda dengan sahur, kita dianjurkan untuk menyegerakan berpuasa. Teman-teman biasanya ngemil dulu atau langsung makan berat? Saya lebih suka minum air putih dulu dan makan kurma atau gorengan. Kalau makan berat langsung, seringkali perut begah sehingga nggak nyaman pas tarawih. Huks.

💓 Jamaah isya, tarawih dan witir
Nah, tarawih dan witir merupakan salat sunnah yang hanya ada saat ramadhan. Jadi jangan disia-siakan. Dulu pas masih ngantor biasanya terkendala macet, jadi suka request sama Bapaknya Dio buat jamaah tarawih di rumah. Bisa juga karena jadwal buka bersama yang selesainya melebihi waktu isya. Makanya tahun ini, saya mulai mengurangi jadwal buka bersama di luar. Lagian siapa juga yang ngundang? Ahahaha. 

Eh, jangan salah! Buka bersama seperti itu bisa saja otodidak. Pengalaman, pernah ada undangan buka bersama dari SD sampai kuliah. Setelah dipikir-pikir, belum masuk puasa saja jadwal bukber sudah penuh di tiap weekend *tobat*.

💓 Baca sirah dan hadist
Nah, biasanya di tiap tarawih atau sehabis shubuh ada kultum di masjid. Kalau memang nggak sempat membaca hadist, bisa juga menyimak kultum tersebut. Karena biasanya dari kultum tersebut terselip hadist-hadist Rasulullah.

*Untuk salat dhuhur dan isya biasanya saya jama’ah sama Bapak di rumah atau nyari barengan buat jamaah. Bagi yang bekerja, bisa juga minta barengan  sama teman sekantornya untuk jamaah. Karena memang 2 salat ini yang sering bolong jamaahnya, huhu. Kan sayang banget kalau jamaah dapat 27, munfarid cuma 1 doang.

Nah, 11 hal itu yang saya dapatkan dari grup ODOJ dan saya coba aplikasikan di Ramadhan ini. Teman-teman mau menambahkan? Feel free for sharing. Ah iya, semoga setelah Ramadhan pun, kita bisa mengamalkan amalan-amalan ini juga. aamiin

Semoga kita menjadi insan yang menang di Ramadhan kali ini dan bisa dipertemukan kembali dengan ramadhan tahun depan ya. Muah. Semangat berpuasa.


Penyuka anak-anak, kereta dan hujan. Hobby membaca dan mendongeng untuk keponakannya. Blog ini berisi tentang daily life, lifestyle dan dokumentasi penulis. Enjoy reading :)

5 komentar

Write komentar
7 Juni 2017 12.55 delete

Alhamdulilah tinggal konsistennya y mba selain bulan Ramadhan, untuk ODOJ aku blm ikutan masih ngaji sendirian tapi memang aku komit bacanya biar kejar target.

Reply
avatar
dekCrayon
AUTHOR
8 Juni 2017 08.27 delete

kayaknya harus download dzikir pagi-petang ya biar lebih praktis. makasih mbak sharingnya. ah ODOJ sejak gak gabung lagi di grup WA jdi gaknkonsisten ODOJ nya hikz.

Reply
avatar
Evrinasp
AUTHOR
8 Juni 2017 11.05 delete

Terima kasih ya aya atas pengingatnya, masih kurang amalan ku padahal Ramadan sudah berjalan terus

Reply
avatar
Kurnia amelia
AUTHOR
8 Juni 2017 15.36 delete

Makasih kakak,,sudah diingat kan dengan potingan ini,,kadang kita terlalu sibuk sama kerjaan sampai lupa perbanyak ibadah.

Reply
avatar
Rahmi
AUTHOR
8 Juni 2017 21.53 delete

Thanks to reminder, masih kurang maksimal nih ibadahnya di bulan Ramadhan :(

Reply
avatar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)