Featured Slider

6 Esensial Tips Membuat Rambut Menjadi Lebih Lurus dan Indah


Rambut merupakan mahkota bagi perempuan yang perlu dijaga perawatannya agar lebih sehat. Bagi saya yang berhijab, tentu harus lebih ekstra dalam menjaga agar rambut tidak cepat rusak. Apalagi kalau sedang berada di rumah, tentunya keindahan rambut menjadi salah satu daya tarik agar terlihat lebih cantik di mata suami ❤.

Melakukan perawatan rambut secara teratur baik di rumah melalui penggunaan berbagai bahan alami seperti masker pepaya dan madu, atau menyisir dengan sisir catok yang berfungsi untuk meluruskan dan membuat rambut lebih indah. Kebutuhan nutrisi untuk rambut baik dari dalam maupun dari luar, hingga menjalani gaya hidup sehat adalah cara terbaik. 

Jika teman-teman ingin memiliki rambut yang tumbuh subur, lurus, berkilau dan terlihat indah, melakukan perawatannya tidak hanya ketika masih muda saja lho, melainkan juga saat nanti telah menua.

Tidak harus melulu pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambut, tetapi melakukan perawatan sendiri dirumah menggunakan bahan-bahan alami bisa jadi pilihan tepat jika kita punya banyak waktu luang. 

Perawatan sendiri di rumah hasilnya tidak kalah jika dibandingkan dengan melakukan perawatan di salon. Hanya saja, kita memang harus pandai memilih treatmant dan melakukannya sendiri, sehingga kesannya terasa jauh lebih ribet dan merepotkan. 

Nah, bagi pecinta rambut lurus seperti saya, ada beberapa esensial tips untuk merawat rambut sendiri di rumah agar tumbuh lebih lurus dan indah. Apa saja sih? Yuk simak tips berikut:

Mulailah perawatan rambut dari kamar mandi

Rahasianya pilih shampo yang cocok untuk rambut kita. Cuci, bilas, dan ulangi kembali. Terdengar biasa saja bukan? Tapi metode ini sangat efektif untuk membuat rambut mendapatkan kelembaban yang cukup, sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat dan indah.

Oh iya, jangan lupa memakai conditioner atau masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami, setidaknya seminggu sekali atau jika kamu punya waktu. Lakukan 2-3 kali seminggu. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah agar rambut tidak kering dan rapuh akibat styling atau panas yang berasal dari catok pelurus rambut yang sering  digunakan.

Selain itu, perawatan rambut ini sangat efektif untuk menghindari agar rambut tidak bergelombang atau keriting serta bermanfaat untuk mencegah agar ujungnya tidak bercabang.

Pilihlah pelurus rambut yang aman seperti ​sisir catok

Sisir catok lebih direkomendasikan untuk membuat rambut lurus dan terlihat berkilau jika dibandingkan dengan catok biasa yang hanya mengandalkan panas tanpa bisa dikontrol. Tidak hanya menyebabkan rambut jadi kering, jika tidak pandai menggunakan catok kadang-kadang bisa membuat rambut terbakar dan terpotong. Huhu.

Jadi, sebaiknya beralih ke yang lebih aman dan bisa memberikan hasil positif *ntms*

Perhatikan apa yang  dilakukan setelah mandi

Banyak yang masih terbiasa memeras rambut setelah mandi. Bahkan tidak jarang menggunakan handuk yang digunakan juga untuk badan ketika akan mengeringkan air di rambut. Idealnya, handuk badan dan rambut harus dibedakan. Mengapa kamu perlu menggunakan handuk yang berbeda?
Handuk khusus untuk rambut bisa membantu mengurangi bakteri maupun kotoran yang berasal dari tubuh menempel di handuk dan berpindah ke rambut. 

Dengan begitu, rambut akan terjaga kesehatannya. Selain itu ketika mengeringkan rambut, hindari menggosok rambut dengan keras menggunakan handuk karena dapat menyebabkan masalah rambut seperti:
  1. Dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan susah diatur
  2. Menyebabkan folikel rambut berubah jadi kasar
  3. Menyebabkan kerontokan
Biasakan mengeringkan rambut dengan cara yang benar

Terbiasa buru-buru ke kantor menyebabkan kita menggunakan pemanas yang berlebihan untuk mengeringkan rambut. Hair dryer yang terlalu panas berpotensi menyebabkan kerusakan pada rambut. 

Agar rambut lebih sehat, bangun lebih awal di pagi hari dan mandi lebih dini menjadi pilihan agar tidak terburu-buru, apalagi bagi perempuan berhijab. Lalu keringkan rambut secara alami dan sebisa mungkin hindari penggunaan hair dryer yang berlebihan.

Perbanyak minum air putih

Agar rambut tetap lembab dan bisa tumbuh dengan subur serta kuat, pastikan kita minum setidaknya 8 gelas air per hari. Dan buang jauh-jauh kebiasaan hanya minum 1 gelas air setelah makan saja. Karena kebiasaan tidak sehat tersebut akan membuat kulit kita cepat kusut dan rambut mudah rontok.

Sudah berapa gelas minum air putih hari ini?

Biasakan diri berolahraga

Peran olahraga tidak hanya untuk menyehatkan dan menjaga kebugaran tubuh. Lebih dari itu, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Jika ingin memiliki rambut yang tumbuh lurus dan indah, lakukanlah olahraga secara rutin minimal 5 jam dalam seminggu agar peredaran darah di dalam tubuh lebih lancar sehingga nutrisi bisa disalurkan hingga ke akar rambut secara lancar.

Nah, teman-teman tim rambut lurus apa curly? Jaga dan rawat rambut agar lebih sehat ya 😍

Tidak ada komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Let's drop your comments ya. Insya Allah akan berkunjung balik :)